Muncul Rasa Gatal, Ini 3 Gejala Infeksi Jamur Jock Itch

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 April 2024

“Jock itch terjadi karena infeksi jamur dermatofita yang secara alami berkembang di kulit, rambut, dan kuku."

Muncul Rasa Gatal, Ini 3 Gejala Infeksi Jamur Jock ItchMuncul Rasa Gatal, Ini 3 Gejala Infeksi Jamur Jock Itch

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Gatal di Apotik


Halodoc, Jakarta – Gatal menjadi salah satu tanda umum adanya infeksi jamur. Nah, apabila kamu merasa gatal di sekitar selangkangan, bisa jadi kamu mengalami infeksi jamur jock itch. Apa sih jock itch itu?

Jock itch adalah infeksi jamur yang muncul di area yang hangat dan lembap, seperti di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong. Meski tidak berbahaya, tetapi rasa gatalnya bisa sangat tidak nyaman dan mudah menyebar. Karena itu, yuk cari tahu gejala dan cara penanganannya di sini.

Berbagai Gejala Infeksi Jamur Jock Itch

Jock itch atau tinea cruris terjadi karena jamur yang hidup di kulit, rambut, dan kuku. Jenis jamur ini disebut dengan dermatofita. Ketika area selangkangan mengeluarkan keringat terlalu banyak, maka area tersebut akan menjadi hangat dan lembap. 

Dari sinilah, jamur dapat tumbuh secara berlebihan dan mulai menimbulkan beberapa gejala, meliputi:

1. Ruam

Ruam yang muncul biasanya berwarna kemerahan dan berbentuk lingkaran dengan dikelilingi garis lepuh kecil. Jika disentuh, ruam akan terasa kasar atau bersisik. 

Gejala ini bisa bertambah parah jika kamu berolahraga atau beraktivitas. Selain itu, ruam juga menimbulkan rasa gatal dan dapat menyebar.

2. Gatal

Gatal yang terjadi karena infeksi jamur dermatofita bisa mengganggu hingga menyebabkan rasa panas. Rasa gatal terjadi di area kulit yang memerah di sekitar lipatan selangkangan. Bila terus menggaruknya, maka ruam dapat menyebar ke sekitar paha, bokong, atau area dekat alat kelamin. 

Namun, tenang saja, ruam tidak akan berkembang di skrotum. Nah, untuk mengatasi gatal kamu bisa coba beberapa tips yang ada di artikel ini, “6 Cara Jitu Mengatasi Gatal pada Kulit.”

3. Perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit terjadi karena ruam yang melebar. Pada orang dengan kulit yang lebih terang, ruam biasanya berwarna merah jambu atau merah. Sedangkan pada orang yang warna kulitnya kuning langsat, ruam akan berwarna merah tua atau keunguan.

Terakhir, pada orang yang berwarna kulit coklat atau gelap, ruam mungkin nampak keabu-abuan atau keunguan. Selain itu, tekstur kulit juga terasa pecah-pecah dan bahkan mengelupas.

Cara Mengobati Jock Itch

Jika kamu tidak segera mengobatinya, jock itch dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Namun, dengan pengobatan yang tepat, infeksi jamur di selangkangan dapat hilang sekitar satu hingga delapan minggu. 

Jock itch umumnya dapat diobati sendiri di rumah, berikut ini cara mengobatinya:

  • Kamu bisa gunakan obat topikal yang dijual bebas di apotek. Obat ini dapat berbentuk krim, salep, gel, atau bedak. Obat untuk menangani jock itch mengandung klotrimazol, mikonazol, tolnaftat, atau terbinafine.
  • Sebelum mengaplikasikan obat, cuci area yang terinfeksi dengan sabun dan air hangat.
  • Keringkan badan secara menyeluruh setiap habis mandi dan olahraga.
  • Ganti baju dan pakaian dalam setiap hari.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik.

Namun, apabila cara tersebut tidak cukup efektif untuk menyembuhkan infeksi jamur, maka kamu perlu bantuan dari dokter spesialis kulit. Dokter akan meresepkan obat topikal dengan kandungan yang lebih kuat, dan juga obat minum apabila dibutuhkan. 

Obat topikal meliputi ekonazol atau oksikonazol. Sedangkan obat oral meliputi itrakonazol atau flukonazol.

Terinfeksi Tinea Cruris? Segera Hubungi Dokter Ini untuk konsultasi dan perawatan lebih lanjut.

Rekomendasi Obat Gatal di Apotik

Berikut beberapa rekomendasi obat gatal di apotik yang dapat mengatasi jock itch:

1. Triamcort-A Krim 10 g

Obat gatal pertama yang dapat kamu gunakan adalah Triamcort-A Krim 10 g.

Dengan kandungan Triamcinolone Acetonide, obat ini bermanfaat untuk merupakan untuk mengatasi peradangan, gatal-gatal, dan kemerahan pada kulit. Kamu dapat menggunakan obat ini dengan cara dioleskan langsung pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

Obat ini termasuk ke dalam kategori obat  keras sehingga pembeliannya perlu menyertakan resep dokter.

Rentang harga: Rp81.700 – Rp113.500 per tube.

Dapatkan Triamcort-A Krim 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2.Ceradan Ceramide-Dominant Skin Barrier Cream 30 g

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba Ceradan Ceramide-Dominant Skin Barrier Cream 30 g untuk meredakan rasa gatal.

Obat ini merupakan pelembab dengan kandungan ceramide yang diformulasikan untuk membantu mengatasi masalah kulit. Secara klinis, obat ini terbukti membangun kembali skin barrier dan mengurangi rasa gatal serta ruam pada kulit.

Obat ini cocok untuk kulit yang rentan eksim, kulit kering, dan sensitif. Kamu dapat mengoleskannya dua kali sehari untuk semua daerah kulit termasuk wajah. Gunakan secara teratur untuk membangun kembali fungsi penghalang kulit

Rentang harga: Rp137.900 – Rp230.000 per tube.

Dapatkan Ceradan Ceramide-Dominant Skin Barrier Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Herocyn Bedak Kulit 85 g

Opsi obat gatal lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Herocyn Bedak Kulit 85 g.

Herocyn Bedak Kulit 85 g merupakan bedak yang digunakan untuk membantu meredakan biang keringat dan gatal-gatal pada kulit.

Kamu dapat menaburkan dan menggosokkan bedak langsung pada bagian tubuh yang terdapat gangguan kulit beberapa kali sehari sesudah mandi.

Perlu dicatat, obat ini dapat menimbulkan gejala hipersensitivitas seperti dermatitis.

Rentang harga: Rp16.500 per botol.

Dapatkan Herocyn Bedak Kulit 85 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Salicyl Menthol Ika 80 g

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan Salicyl Menthol Ika 80 g untuk mengatasi gatal pada kulit.

Dengan kandungan asam salisilat dan talk, obat ini merupakan bedak anti gatal yang dapat menghilangkan gatal akibat biang keringat dan gangguan kulit lainnya. Selain itu, obat ini juga mengandung mentol yang berfungsi memberikan rasa dingin pada kulit.

Kamu dapat langsung menaburkan bedak pada kulit sesuai kebutuhan setiap habis mandi.

Rentang harga: Rp17.800 per botol

Dapatkan Salicyl Menthol Ika 80 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Kalpanax Krim 10 g

Obat gatal terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Kalpanax Krim 10 g.

Dengan kandungan miconazole, Kalpanax Krim digunakan untuk mengobati penyakit kulit akibat infeksi jamur. Obat ini bekerja dengan sangat cepat dan memberikan sensasi dingin pada kulit. Selain itu, obat ini aman digunakan pada area sensitif dan aman digunakan untuk anak-anak.

Kamu dapat mengoleskan obat ini ke bagian yang terinfeksi saat kering 2 kali sehari (pagi dan malam hari) atau saat terasa gatal. Walaupun gejala gatal sudah hilang, oleskan sampai 2 minggu pemakaian.

Rentang harga: Rp27.800 per tube.

Dapatkan Kalpanax Krim 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itu dia sejumlah obat gatal yang bisa kamu dapatkan di apotek. Kamu juga bisa mendapatkan obat-obatan tersebut secara online dari Toko Kesehatan Halodoc.

Ingat, penting menyelesaikan pengobatan secara lengkap dan sesuai resep. Sebab, jika kamu berhenti terlalu cepat, maka infeksi jamur dapat muncul kembali. 

Selain itu, obat infeksi jamur juga mungkin menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti sakit perut, dan sakit kepala.

Karena itu, jika kamu mengalami salah satu efek sampingnya, kamu harus segera konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi ini, kamu dapat berkonsultasi dengan mudah hanya melalui via chat, video/voice call. Yuk, download Halodoc di ponselmu sekarang!

Referensi:
Everydayhealth. Diakses pada 2023. What Is Jock Itch? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Jock Itch. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about jock itch. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan