Obat Alami saat Asam Lambung Naik, Ini Penjelasannya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Februari 2024

“Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung, contohnya seperti jahe, sereh, dan madu. Selain bahan alami, kamu juga bisa konsumsi obat-obatan seperti Sanmag Suspensi, Xepazym, dan Plantacid Forte Suspensi.”

Obat Alami saat Asam Lambung Naik, Ini PenjelasannyaObat Alami saat Asam Lambung Naik, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi yang perlu segera kamu atas ketika kambuh. Ketika asam lambung naik, rasanya tidak nyaman dan muncul gejala lainnya yang dapat menghambat aktivitas pengidapnya.

Beberapa contoh gejala GERD yaitu mulut terasa asam, kembung, dada seperti terbakar atau heartburn, mula, hingga rasa nyeri di ulu hati. Umumnya, pengidap  kondisi ini akan mengonsumsi obat kimiawi ketika gejalanya kambuh. 

Namun, ada beberapa obat alami yang dapat kamu gunakan untuk meredakannya. 

Rekomendasi Obat Alami untuk Atasi GERD

Berikut adalah beberapa bahan yang dapat kamu gunakan untuk meredakan GERD:

1. Sereh

Sereh merupakan bumbu dapur yang juga kerap orang jadikan sebagai bahan jamu tradisional. Nah, rempah yang satu ini bisa membantu meredakan GERD. 

Hal tersebut berkat kandungan antioksidan pada sereh. Menariknya lagi, sereh juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, A, zat besi, magnesium, selenium, dan seng. 

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang para ahli klaim dapat meredakan asam lambung dan mual. Jika kamu telah berkonsultasi dengan dokter dan ia mengatakan aman, pertimbahkan untuk menambahkan jahe parut atau potong dadu ke resep makananmu.

Selain itu, kamu juga dapat membuat teh jahe untuk meredakan asam lambung yang naik. Untuk membuat teh jahe, rendam akar jahe mentah, akar jahe kering, atau kantong teh jahe dalam air mendidih. 

Namun, pastikan untuk mengonsumsi jahe dalam jumlah yang sesuai. Sebab, penggunaan jahe dalam dosis besar sebenarnya dapat menyebabkan mulas atau masalah lain. 

3. Madu 

Rekomendasi obat alami selanjutnya untuk atasi GERD adalah madu. Nah, studi berjudul Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis menunjukkan hasil menarik. 

Pada studi tersebut, madu diketahui dapat meningkatkan lendir dan mempercepat penyembuhan, yang dapat membantu mengobati refluks dan kerusakan esofagus.

Selain beberapa bahan tersebut, ada cara alami lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mencegah GERD, salah satunya adalah berhenti merokok. 

Sebab, kebiasaan merokok bisa merangsang perut memproduksi cairan asam lambung lebih banyak dibandingkan biasanya.

Kamu bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi obat nyeri ulu hati untuk membantu mengatasi gejalanya: “Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Ulu Hati yang Ampuh di Apotek”.

Obat Asam Lambung yang Bisa Dicari di Apotik 

Selain memakai bahan alami, tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi obat-obatan di apotik. Berikut ulasan rekomendasi obat yang ampuh atasi asam lambung dan mudah dicari: 

1. Sanmag Suspensi 120 ml

Sanmag Suspensi juga berguna untuk meredakan gejala gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari. Obat ini direkomendasikan ketika merasa mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh di lambung.

Kombinasi Aluminium hidroksida dan Magnesium hidroksida di dalamnya berguna untuk menetralkan asam lambung. Sementara kandungan Simethicon berguna untuk mengatasi perut kembung, atau rasa tidak nyaman karena kelebihan gas di saluran pencernaan. 

Sanmag Suspensi sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong, 1-2 jam setelah makan dan sebelum tidur. Dosis pemakaiannya adalah sebanyak 1-2 sendok takar untuk 3-4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp36.500-Rp37.300 per botol. 

Dapatkan Sanmag Suspensi 120 ml  di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Xepazym 6 Kaplet

Dengan kandungan Pancreatin dan Simetikon-nya, Xepazym bisa diandalkan untuk membantu terapi pada gangguan di lambung karena kenaikan asam lambung. 

Tak hanya itu, masalah pencernaan lainnya seperti perut kembung, gangguan proses produksi enzim pankreas, gangguan hari, kelenjar empedu, usus, dan masih banyak lagi.

Xepazym baik dikonsumsi saat makan. Berikut dosis pemakaiannya:

  • Dosis umum: 1-2 kaplet per hari.
  • Persiapan pemeriksaan rontgen: 3-4 kali sehari sebanyak 2 kaplet selama 2 hari sebelum pemeriksaan dan 2 kaplet saat perut kosong di pagi hari pada hari pemeriksaan. 

Rentang harga: Rp24.500 – Rp25.600 per strip. 

Dapatkan Xepazym 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Plantacid Forte Suspensi 100 ml

Obat yang satu ini bisa jadi opsi untuk melawan gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung. Tapi, tak hanya urusan asam lambung Plantacid Forte Suspensi, juga bisa mengatasi tukak usus 12 jari yang menimbulkan mual dan kembung. 

Obat ini bisa dikonsumsi 1 jam sesudah makan dan menjelang tidur malam. Berikut dosis pemakaiannya: 

  • Dewasa: 3-4 kali (5-10 ml).
  • Anak-anak usia 6-12 tahun: 3-4 kali sehari (2.5-5 ml).

Plantacid Forte Suspensi merupakan obat bebas yang untuk membelinya tidak diperlukan resep dokter. 

Kisaran harga: Rp38.400 per botol.

Dapatkan Plantacid Forte Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Ada beberapa obat GERD yang sering dokter resepkan yang bisa kamu baca di sini: : “Ini Obat GERD Paling Ampuh yang Kerap Diresepkan Dokter”.

Itulah penjelasan mengenai obat alami untuk atasi asam lambung naik. Jika gejala masih sering kambuh, kamu bisa cari obat lain yang sesuai dengan rekomendasi dokter di  Toko Kesehatan Halodoc. Dapatkan obat-obatan di atas dengan praktis, cepat, dan tanpa perlu mengantre!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Heartburn Relief: Home Remedies & Methods to Try. 
WebMD. Diakses pada 2022. Natural Home Remedies for Heartburn. 
Verywell Health. Diakses pada 2022. Acid Reflux Home Remedies That Provide Relief. 
NIH. Diakses pada 2022. Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis. 
Kontan (Kesehatan). Diakses pada 2022. Asam lambung naik lagi? Ini 8 obat asam lambung alami yang mudah didapatkan. 
Medicine net. Diakses pada 2024. Aluminum hydroxide/magnesium hydroxide/simethicone.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan