Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Maret 2022

“Apakah kamu masih bingung harus olahraga pagi atau olahraga malam untuk mendapatkan kebugaran yang maksimal? Ada baiknya kamu menyesuaikan dahulu dengan jadwal atau kesibukan yang kamu miliki. Sebab olahraga pagi memiliki manfaat tersendiri, begitu juga olahraga malam. “

Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Halodoc, Jakarta – Dengan jadwal yang sangat padat, kamu akan sulit untuk menemukan waktu untuk berolahraga. Namun, akan sangat membantu jika kamu tahu waktu olahraga terbaik, pilihannya adalah olahraga pagi atau olahraga malam. 

Tujuannya menemukan waktu olahraga terbaik tidak lain adalah membantu memaksimalkan tujuan kebugaran. Jadi, mari cari tahu kapan waktu terbaik untuk berolahraga melalui ulasan berikut ini!

Manfaat Olahraga Pagi

Secara umum, ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat berolahraga di pagi hari. Pertama-tama, kamu bisa menyelesaikan latihan bahkan sebelum kamu memulai aktivitas harian. Hal itu berarti kamu bisa memulai hari dengan lonjakan endorfin atau hormon yang akan menciptakan perasaan yang baik. 

Selain itu, saat memutuskan untuk olahraga pagi, maka saat malam tiba kamu bisa lebih bersantai. Kamu bisa menyisihkan waktu untuk memasak makan malam, bersosialisasi dengan teman,  dan sekadar bersantai sambil membaca buku atau menonton film. 

Studi juga sangat mendukung gagasan berolahraga di pagi hari. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Medicine and Science in Sports and Exercise. Olahraga pagi bisa meningkatkan aktivitas fisik mereka sepanjang hari lebih banyak. Selain itu, olahraga pagi juga akan meningkatkan metabolisme, yang berarti kamu akan terus membakar kalori sepanjang hari.  

Olahraga pagi juga lebih baik karena olahraga malam bisa mengganggu jadwal tidur. Pasalnya, olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh. Satu lagi manfaat olahraga pagi adalah ternyata olahraga dengan perut kosong mampu membakar lebih banyak lemak, bahkan hingga 20 persen lebih banyak. 

Manfaat Olahraga Malam

Meskipun sepertinya pagi hari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga, tetapi berolahraga di sore hari atau setelah jam kerja juga terbukti bermanfaat. Satu studi menemukan bahwa kemampuan tubuh berada pada tingkat maksimal di sore hari. Suhu tubuh meningkat sepanjang hari, mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan untuk kinerja.

Antara jam 2 siang dan jam 6 sore, suhu tubuh berada pada titik tertinggi. Ini berarti kamu akan berolahraga selama jendela waktu tubuh  paling siap, sehingga berpotensi menjadikannya waktu paling efektif untuk berolahraga.

Selain itu, kinetika penyerapan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti kamu menggunakan sumber daya lebih lambat dan efektif daripada di pagi hari. Berolahraga di pagi hari juga membutuhkan tambahan pemanasan untuk rutinitas, yang dapat menghilangkan fokus latihan.

Di sore dan malam hari, waktu reaksi tubuh paling cepat terjadi, sehingga ini penting untuk latihan seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT), atau latihan kecepatan di treadmill. Sore hari juga merupakan waktu ketika detak jantung dan tekanan darah paling rendah, yang mengurangi kemungkinan cedera. Selain itu olahraga angkat beban di malam hari ternyata tetap bisa memberikan kualitas tidur yang lebih baik dan tidur lebih lama daripada mereka yang melakukan latihan yang sama di pagi hari.

Jadi, Mana yang Paling Baik?

Keduanya tampak sama-sama bermanfaat dan kesimpulannya adalah, tidak peduli jam berapa kamu melakukannya, olahraga rutin akan memberikan banyak manfaat. Yang benar-benar penting adalah menemukan waktu yang cocok dan sesuai dengan jadwal yang kamu miliki. 

Dengan menjaga latihan yang konsisten pada waktu yang sama setiap hari, kamu juga bisa  memperoleh hasil latihan yang lebih maksimal dan ini adalah hal yang paling penting. 

Namun, jika kamu pernah mengalami cedera saat berolahraga atau masih dalam masa pemulihan, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan berkala di rumah sakit. Kamu pun kini bisa buat janji temu dengan dokter di rumah sakit lewat Halodoc supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Best Time of Day to Exercise?
Men’s Health Magazine. Diakses pada 2022. Should I Work out in the Morning or the Evening? We Looked at the Science.
The Washington Post. Diakses pada 2022. What’s the Best Time of Day to Exercise, Morning or Evening?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan