Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Januari 2022
Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester PertamaOlahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

"Trimester pertama kehamilan bisa menjadi momen yang melelahkan untuk ibu hamil, salah satunya karena morning sickness. Namun, bukan berarti ibu tidak bisa melakukan apa pun.  Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ibu bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik."

Halodoc, Jakarta - Berbagai gejala dirasakan oleh ibu hamil, khususnya pada trimester pertama, yang terkadang membuat tidak nyaman. Mulai dari morning sickness, hingga perubahan fisik yang dirasakan oleh seorang ibu di trimester pertama kehamilannya. Meskipun terasa tidak nyaman, bukan berarti ibu tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ibu bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.

Selain menghilangkan rasa tidak nyaman di awal kehamilan, melakukan olahraga ringan saat masa kehamilan trimester pertama bermanfaat untuk mempersiapkan perkembangan janin, mengatur peningkatan berat badan, mengatur suasana hati, dan memudahkan ibu hamil untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

Dikutip dari Healthline, berikut ini olahraga yang bisa ibu lakukan selama kehamilan trimester pertama, yaitu:

1. Senam Kegel

Senam ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain dapat mempertahankan berat badan ideal, senam kegel juga bisa meredakan rasa nyeri akibat perubahan yang terjadi pada tubuh ibu.

2. Berjalan Kaki

Berjalan adalah olahraga yang paling ringan, serta bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan gratis. Dengan berjalan santai, kalori ibu akibat pertambahan berat badan akan dibakar tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat.

Jika ibu merasa lelah ketika melakukan jalan santai, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu dan jangan terlalu dipaksakan. Pilihlah rute yang tidak terlalu jauh dan jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman saat akan melakukan olahraga ini.

3. Yoga

Yoga sepertinya menjadi olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Olahraga ini meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh, mengurangi tekanan darah, menjaga otot-otot tubuh agar tidak tegang, dan mengajarkan ibu cara melatih teknik pernapasan yang bermanfaat untuk ibu seiring dengan pertumbuhan janin dalam perut. Tidak perlu terlalu memaksakan diri saat melakukan yoga. Ibu hamil cukup melakukan yoga selama 30 menit setiap minggunya.

4. Berenang

Berenang bisa menjadi olahraga pilihan saat ibu memasuki kehamilan trimester pertama. Namun, ibu harus memperhatikan gerakan saat melakukan olahraga ini, agar ibu tidak kelelahan. Melakukan olahraga ini bisa menenangkan pikiran ibu hamil yang stres selama masa kehamilan.

Berenang juga dapat membantu meningkatkan energi, stamina, serta kekuatan tubuh yang ibu butuhkan selama menjalani proses kehamilan.

5. Aerobik Ringan

Aerobik memang cukup bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat menyehatkan jantung, mencegah ambeien, dan meningkatkan kadar oksigen. Sebaiknya untuk melakukan aerobik ringan, ibu hamil perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar kandungan dan ibu tetap sehat.

Tidak hanya olahraga saja yang cocok, sebaiknya ibu juga harus mengetahui kondisi janin dalam kandungan agar selalu sehat. Ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Ibu bisa mendapatkan jawaban atas keluhan atau tips yang ingin ibu ketahui. Jangan khawatir, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Exercises Are Safe in the First Trimester?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Which exercises are safe during early pregnancy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan