Orang Tua Perlu Tahu, Ini Gejala dan Penyebab Growth Spurt pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Februari 2023

“Growth spurt merupakan periode pertumbuhan bayi yang mengalami lonjakan secara intens. Untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, ketahui gejala dan penyebabnya.”

Orang Tua Perlu Tahu, Ini Gejala dan Penyebab Growth Spurt pada BayiOrang Tua Perlu Tahu, Ini Gejala dan Penyebab Growth Spurt pada Bayi

Halodoc – Jakarta, Growth spurt adalah fase waktu yang singkat ketika bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan otak yang cepat. Percepatan pertumbuhan menjadi hal yang normal untuk mencapai kematangan fisik. 

Growth spurt biasanya terjadi pada bayi selama beberapa hari hingga seminggu dan menjadi golden periode bagi bayi untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk mengetahuinya.

Gejala Growth Spurt pada Bayi

Growth spurt yang terjadi pada bayi memungkinkan terjadinya perubahan perilaku, sehingga penting untuk mengetahui tanda-tanda saat growth spurt sedang terjadi.

Berikut ini tanda-tandanya:

  1. Peningkatan nafsu makan yang ditandai dengan secara tiba-tiba bayi tertarik pada cluster feeding. Meningkatnya nafsu makan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan tubuhnya.
  2. Perubahan waktu tidur biasanya beriringan dengan kebutuhan konsumsi makan yang ekstra. Nah, perubahan yang terjadi dapat berupa bangun lebih awal dari tidur siang, lebih sering bangun tengah malam maupun tidur siang lebih lama atau lebih sering.
  3. Perubahan emosional berupa bayi mudah lebih rewel dan manja. Bahkan bayi yang biasanya ceria pun bisa sedikit kesal selama growth spurt. Penyebabnya dapat berasal dari rasa lapar yang meningkat, pola tidur yang terganggu, bahkan rasa nyeri yang semakin bertambah.

Kapan Bayi Mengalami Growth Spurt?

Umumnya, bayi mengalami growth spurt selama tiga tahun pertama. Selanjutnya, pertumbuhan dari umur dua tahun sampai lima tahun menjadi lebih lambat dibandingkan pada masih bayi meskipun pertumbuhan terus berlanjut, mempengaruhi keterampilan motorik dan perkembangan sosial, emosional, dan kognitif.

Perlu tahu, growth spurt pada bayi terjadi pada usia tertentu berikut:

  • Umur 1 sampai 3 minggu
  • 6 bulan
  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 9 bulan

Baca juga: Ini Perkembangan Bayi Usia 12–24 Bulan

Penyebab Growth Spurt pada Bayi

Growth spurt adalah bagian alami dari perkembangan bayi. Beberapa faktor yang memengaruhi growth spurt, seperti:

  • Genetik
  • Kebutuhan dan asupan nutrisi
  • Paparan zat kimia yang berasal dari air dan atmosfer (timbal atau polusi)
  • Kesehatan janin abnormal atau komplikasi kehamilan

Cara Menangani Growth Spurt pada Bayi

Growth spurt adalah periode pertumbuhan yang tidak bisa dicegah, tetapi ada beberapa hal untuk membuatnya sedikit lebih tenang dalam mengatasinya. Pertama, ketahui bahwa jika bayi sedang berada di fase growth spurt akan sedikit lebih menguras tenaga.

Kedua, hilangkan semua hal-hal kecil yang menimbulkan perasaan khawatir secara berlebih. Jika dibutuhkan dapat meminta bantuan kerabat keluarga atau teman terdekat untuk menemani selama periode growth spurt.

Jika selama beberapa hari bayi masih mengalami growth spurt, jangan khawatir. Tetap pantau pertumbuhan dan perkembangannya. Periode growth spurt pada setiap bayi berbeda-beda, kondisi tersebut akan kembali seperti sediakala sebagaimana mestinya.

Baca juga: Kenali Tanda Growth Spurt pada Bayi Agar Tidak Panik

Perlukah Konsultasi ke Dokter?

Umumnya, kondisi growth spurt pada bayi lebih cepat tidak sampai lebih dari seminggu dan merupakan hal yang normal. Namun jika bayi menunjukkan rasa ketidaknyamanan serta terdapat gejala yang menunjukkan adanya penyakit, segera konsultasikan kepada dokter anak.

Itulah gejala dan penyebab growth spurt pada bayi yang perlu orang tua ketahui. Follow @Mommy.101 di Instagram untuk informasi lainnya seputar kesehatan bayi dan edukasi yang membantu para ibu dalam menjalani perannya sebagai orang tua.

Apabila terdapat keluhan terkait perkembangan anak, segera untuk menghubungi dokter di Halodoc dan download aplikasinya melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Growth Spurts & Baby Growth Spurts
Healthline. Diakses pada 2023. Understanding Baby Growth Spurts
MOM365, INC. Diakses pada 2023. Baby Growth Spurts: When and How to Deal With Them

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan