• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan! Terlalu Panik Karena Corona Membuat Sistem Imunitas Melemah

Perhatikan! Terlalu Panik Karena Corona Membuat Sistem Imunitas Melemah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Setiap hari, seseorang yang terserang virus corona semakin bertambah. Sampai saat ini, pengidapnya sudah lebih dari 1.000 orang. Tentunya hal tersebut menimbulkan kepanikan tersendiri bagi kebanyakan orang karena mudahnya penyakit tersebut menjangkiti orang lain. Selain itu, hingga saat ini juga belum ditemukan vaksin atau obat yang ampuh untuk mengatasinya.

Meski begitu, sebaiknya kamu tidak panik dalam menghadapi pandemi yang disebabkan oleh virus corona ini. Sebab, seseorang yang merasakan panik berlebih hingga terjadinya stres dapat menyebabkan sistem imun menjadi melemah. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan saat Isolasi di Rumah Terkait Virus Corona

Panik Berlebihan Sebabkan Sistem Imun Melemah

Berita yang kamu terima setiap hari terkait virus corona dapat menimbulkan rasa takut dan panik tersendiri. Rasa panik tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan untuk terserang berbagai macam penyakit, seperti COVID-19. Maka dari itu, menjaga kesehatan mental juga penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Kesehatan mental sangat berhubungan dengan sistem kekebalan pada tubuh. Sistem kekebalan pada tubuh adalah kumpulan dari milyaran sel dan beberapa organ yang bertugas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan melawan penyakit. Sel-sel tersebut bergerak ke seluruh tubuh untuk menghadang virus atau bakteri. Hormon stres kortisol yang terus timbul dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga menekan jumlah sel yang melawan virus.

Diperkirakan setiap orang memiliki 60.000-80.000 pikiran dalam sehari dan dapat berulang serta negatif. Ketika ditambahkan ke konsep otak, bagian tersebut tidak tahu perbedaan antara apa yang dibayangkan dan yang nyata. Maka dari itu, gangguan pada bagian tersebut dapat terjadi karena rasa panik akibat risiko terserang virus corona yang terus terjadi.

Saat perasaan stres, gelisah, khawatir, depresi, hingga isolasi dibiarkan saja tidak mendapat penanganan, hal tersebut dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh. Akhirnya, tubuh kamu akan lebih rentan untuk mengalami sakit. Dengan sistem imun yang melemah, kamu lebih mudah untuk tertular dan dapat juga menularkannya kepada orang di sekitarmu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan yang disebabkan virus corona atau gejala yang ditimbulkan, dokter dari Halodoc siap menjawab semuanya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk memastikan dirimu dan keluarga tetap sehat.

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Cara Melawan Rasa Cemas untuk Atasi Sistem Imun yang Melemah

Sangat penting untuk mengatasi perasaan panik dan cemas yang berujung pada stres saat wabah virus corona sedang berkecamuk belakangan ini. Memang hal ini bisa dibilang sulit dilakukan, tetapi harus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap mampu melawan virus dan bakteri. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  • Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan sistem imun tubuh yang melemah karena stres adalah dengan berolahraga secara rutin. Hal tersebut cara paling ampuh untuk dilakukan. Meski tidak diperbolehkan untuk olahraga di luar rumah, kamu dapat melakukan beberapa gerakan tanpa meninggalkan tempat tinggal. Kamu dapat melakukan freeletics agar menjaga suasana hati dan membakar energi untuk mengatasi rasa cemas.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Memang dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi tidak dapat mengatasi perasaan cemas. Namun, cara tersebut disebutkan dapat menekan gejala kecemasan agar tidak menjadi lebih buruk. Maka dari itu, pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup dalam sehari agar sistem imun tubuh tetap dalam keadaan prima.

  • Pijat

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menekan rasa cemas adalah dengan memijat. Disebutkan pijatan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga rasa cemas yang timbul dapat menurun. Hal ini juga disebut-sebut bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan otot tegang. Dengan begitu sistem kekebalan otot dapat terus menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Cegah Virus Corona dengan Jaga Daya Tahan Tubuh

Itulah pembahasan yang lengkap tentang bagaimana rasa panik dapat menyebabkan sistem imun melemah sehingga risiko terserang virus corona dapat meningkat. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan mental agar kamu senantiasa sehat dalam menghadapi pandemi yang belum ada obatnya ini.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Your Panic Is Increasing Your Risk.
Calm Clinic. Diakses pada 2020. Anxiety and the Immune System.