Parental Alienation Syndrome, 4 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2023

“Perceraian dan perpisahan dapat menimbulkan relasi yang buruk antara orang tua dan anak ketika salah satu pasangan menggunakan anak untuk mengintimidasi pasangan lainnya. Kondisi ini populer dengan istilah Parental Alienation Syndrome (PAS).”

Parental Alienation Syndrome, 4 Fakta Penting yang Perlu DiketahuiParental Alienation Syndrome, 4 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Parental Alienation Syndrome (PAS) adalah gangguan emosional ketika seorang anak melihat satu orang tua sebagai pihak yang baik dan lainnya sebagai pihak yang buruk. Kondisi psikologis ini terjadi pada anak-anak dengan orang tua yang sedang mengalami perceraian atau perebutan hak asuh.

Anak akan mulai menunjukkan permusuhan yang ekstrim terhadap orang tua yang “jahat”, secara verbal memfitnahnya dan menolak melakukan apapun dengan orang tua tersebut. Selain itu, anak dengan sindrom ini juga suka menipu, dan menemukan bukti bukan menjadi hal yang mudah.

Bahkan, anak dengan Parental Alienation Syndrome bisa mengulangi kebohongan dan kesalahan informasi pada anggota keluarga dan teman lainnya. Misalnya, ibu yang memiliki hak asuh utama berulang kali mengatakan kepada anaknya bahwa ayahnya tidak peduli padanya.

Fakta Penting Parental Alienation Syndrome

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait PAS, terutama apabila kamu sudah menjadi orang tua atau ada pada posisi anak dengan orang tua yang hendak bercerai atau bertengkar setiap hari.

1. Cara menghindari Parental Alienation Syndrome setelah perceraian

Anak cenderung berbuat lebih baik ketika orang tua yang bercerai sama-sama mengasuh mereka secara damai. Orang tua tidak boleh meremehkan orang tua lain saat melakukan ini. 

Oleh karena hal ini akan berdampak signifikan terhadap stabilitas dan kebahagiaan anak, orang tua harus mencari dukungan dari luar daripada berfokus ke anak, dan mencoba menerima pasangan baru mantan.

2. Dampak PAS pada Anak

Parental Alienation Syndrome pada orang tua menghancurkan hubungan anak dengan orang tua lainnya, terutama ketika salah satunya dengan sengaja merusak hubungan anak dengan mantan pasangan. 

Keterasingan orang tua adalah salah satu bentuk kekerasan terhadap anak karena menciptakan emosi yang membingungkan, merusak, membuat anak kehilangan keluarga, dan gejala penarikan diri.

3. Komplikasi yang mungkin terjadi akibat PAS

Studi menyebutkan, anak yang patuh pada kondisi pengasingan orang tua bisa tumbuh dengan membawa perilaku serupa seperti halnya pihak orang tua yang mengasingkan. 

Tanpa adanya bantuan konseling dan terapi psikologis, anak dengan orang tua PAS dapat mengalami kondisi berikut:

  • Lebih sering marah.
  • Sering mengalami pengabaian, terutama ketika orang tua sedang bertengkar.
  • Mengamati alur destruktif yang mereka berikan pada orang lainnya.
  • Melihat berbagai hal sebagai hitam dan putih.
  • Kurangnya rasa empati pada kehidupan sosial.
  • Menunjukkan sifat agresif yang berlebihan pada orang lain. 

4. Menjadi kondisi yang tidak ada obatnya

Parental Alienation Syndrome menjadi kondisi yang tidak dapat terobati secara medis. Sebab, kondisi ini bukan kelainan kesehatan medis. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan. 

Pertama, mencoba melakukan sesi terapi atau konseling untuk menyatukan lagi orang tua yang terasing dengan anak. Namun, memaksa anak untuk menjalani terapi justru bisa memicu trauma pada diri anak. 

Ini artinya, memulai dari berdialog dengan psikolog anak atau konseling keluarga menjadi langkah yang cukup efektif. Perhatikan pula usia anak ketika kondisi ini terjadi, sehingga perawatan dan konseling untuk mengatasi Parental Alienation Syndrome menjadi lebih efektif. 

Tanyakan pada dokter anak di Halodoc bagaimana cara tepat menghadapi kondisi ini, terkhusus pada anak. Cek dan download Halodoc melalui App Store atau Play Store pada ponselmu. 

Referensi:
Divorcesource.com. Diakses pada 2023. Parental Alienation Facts and Tips.
The Edvocate. Diakses pada 2023. PARENTAL ALIENATION: EVERYTHING YOU SHOULD KNOW.
Social Work Today. Diakses pada 2023. Parental Alienation Syndrome — The Parent/Child Disconnect.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan