• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Pencegahan Demam Berdarah yang Bisa Dilakukan di Rumah

4 Pencegahan Demam Berdarah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Penting untuk menjaga kebersihan rumah untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Seperti yang banyak orang ketahui, nyamuk dapat menyebarkan beberapa penyakit dari yang ringan hingga berbahaya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi disebabkan oleh gigitan nyamuk dan berbahaya adalah demam berdarah dengue (DBD).

Infeksi yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah mampu menyebabkan pengidapnya mengalami demam tinggi dan beberapa gejala lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara pencegahan dari penyebaran penyakit tersebut agar tidak terserang. Berikut adalah bahasan lengkap terkait pencegahan demam berdarah di rumah!

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengobati Gejala Demam Berdarah

Cara Pencegahan Demam Berdarah di Rumah

Demam berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan penyebarannya melalui gigitan dari nyamuk Aedes yang telah terinfeksi. Nyamuk jenis ini tersebar luas di Indonesia dan juga negara-negara tropis lainnya. Penting untuk menghindari penyakit ini karena mampu menyebabkan gangguan yang parah hingga kematian.

Gejala dari demam berdarah yang dapat timbul adalah demam tinggi, sakit kepala yang parah, tubuh dan sendi yang terasa nyeri, nafsu makan yang menurun, mual dan muntah, hingga ruam pada kulit. Sejauh ini belum ada vaksin atau pengobatan khusus yang mampu mengatasi penyakit ini. Hal yang dapat dilakukan hanya beristirahat dan menjaga asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi.

Dikarenakan belum ada obat yang efektif untuk mengatasi gangguan ini, penting untuk menghindari segala risiko yang dapat menyebabkannya. Kamu harus mengetahui beberapa cara untuk mencegah terkena gigitan dari nyamuk penyebab demam berdarah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Menguras Bak Air

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran dari penyakit demam berdarah adalah dengan menguras bak air. Cara ini disebut-sebut efektif untuk mengatasi perkembangbiakan dari jentik nyamuk. Kamu juga harus selalu memastikan tidak ada air yang tergenang terlalu lama karena dapat menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak.

  1. Menutup dan Mengubur Beberapa Barang

Kamu juga dapat menutup rapat beberapa barang yang dapat menjadi tempat penampungan air, seperti kendi, toren air, dan lainnya. Dengan begitu, kamu tidak membiarkan ada genangan air di sekitar rumah yang dapat menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak. Selain itu, kamu juga dapat mengubur atau membuang beberapa barang yang berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Baca juga: Jaga Kebersihan Rumah untuk Mencegah Demam Berdarah

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang efektif sebagai pencegahan dari demam berdarah. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Gunakan Obat Antinyamuk

Cara lainnya yang dapat dilakukan sebagai cara pencegahan demam berdarah adalah menggunakan obat anti nyamuk. Dengan menggunakan alat tersebut, diharapkan semua orang di rumah kamu terlindungi dari gigitan nyamuk terutama saat tidur. Selain itu, kamu juga boleh menggunakan obat oles dan kelambu.

  1. Penerangan Rumah yang Cukup

Pastikan seluruh bagian rumah mendapatkan penerangan yang cukup untuk pencegahan dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Hal tersebut karena nyamuk lebih menyukai tempat yang gelap dan lembap. Selain itu, kamu juga disarankan menutup lubang-lubang ventilasi dengan jaring penangkal nyamuk agar tidak mudah untuk masuk ke rumah dan menimbulkan gangguan.

Baca juga: KLB Demam Berdarah, Mulai Langkah Pencegahan Sekarang

Itulah beberapa cara pencegahan yang efektif untuk menghindari penyakit demam berdarah di rumah. Dengan menerapkan beberapa hal tersebut, diharapkan kesehatan kamu tetap terjaga sehingga gangguan yang berbahaya mampu dihindari. Memang, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Avoid Dengue by Preventing Mosquito Bites.
Health Xchange. Diakses pada 2020. How to Protect Yourself From Dengue Fever.