Pencemaran Udara Bikin Imun Turun? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Maret 2024

“Bernapas dengan udara yang telah tercemar dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh. Hubungi dokter melalui Halodoc untuk konsultasi dan solusi terpercaya.”

Pencemaran Udara Bikin Imun Turun? Segera Hubungi Dokter IniPencemaran Udara Bikin Imun Turun? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Pencemaran udara yang semakin buruk seiring waktu dapat menurunkan sistem imun tubuh. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menimbulkan masalah seperti penyakit pernapasan. 

Ketika kita menghirup polusi dari udara yang tercemar, partikel-partikel seperti asap atau debu halus akan masuk ke dalam tubuh dan tertangkap oleh sel-sel bernama makrofag di kelenjar getah bening yang terhubung dengan paru-paru. 

Sel makrofag adalah sel bawaan imun sistem yang bertugas untuk memproses patogen seperti sel kanker dan benda asing seperti partikel-partikel polutan. Partikel-partikel ini bisa bertahan di sana selama bertahun-tahun. 

Partikel yang mengendap di makrofag bertahun-tahun bisa menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh dengan langsung memengaruhi cara kerja sel-sel kekebalan tubuh dan struktur tempat di mana mereka berada, yang disebut limfoid.

Jika kamu merasa khawatir terpapar polutan lingkungan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan waspada Dampak Berbahaya Pencemaran Udara bagi Kesehatan Tubuh.

Dokter di Halodoc yang Bisa Beri Solusi

Untuk informasi lebih lanjut dan penanganan yang lebih baik untuk segera menghubungi dokter terpercaya di Halodoc

Berikut daftar dokter berpengalaman dan juga telah mendapatkan rating baik dari pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Kamu bisa berkonsultasi dan mencari informasi dengan menghubungi dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD.

Ia merupakan lulusan Universitas Hang Tuah Surabaya pada tahun 2012 dan meraih gelar spesialis penyakit dalam dari Universitas Sam Ratulangi Manado pada tahun 2020.

Saat ini, dokter Puguh Krisnadi Sandjojo tengah aktif melaksanakan prakteknya di daerah Cikarang, Jawa Barat dan telah berpengalaman 12 tahun sebagai Spesialis Penyakit Dalam.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dr. Puguh di Halodoc. Ia siap memberikan solusi untuk mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan pernapasan akibat pencemaran udara.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Agnita Irawaty Sp.PD. Ia adalah lulusan dari Universitas Tarumanagara pada tahun 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2022. 

Saat ini, dr. Agnita berpraktik di Yogyakarta dan aktif sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan bekal pengalaman selama 14 tahun dalam praktik klinis, kamu dapat berkonsultasi dengan dr. Agnita melalui Halodoc untuk mendapatkan bantuan terkait masalah penyakit dalam.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan lulus mendapatkan gelar spesialis penyakit dalam dari Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang masalah penyakit dalam pada imun tubuh dan pernapasan.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD

Dokter M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD, merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada tahun 2015 dan memperoleh gelar Magister Kedokteran pada tahun 2023. 

Saat ini, beliau aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan berpraktik di Binjai, Sumatera Utara. 

Dengan pengalaman profesional selama 7 tahun, Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD, menawarkan layanan konsultasi di Halodoc mengenai berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan. 

Chat dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO-K

Dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO, merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada tahun 2015 dan memperoleh gelar AIFO pada tahun 2023. 

Saat ini, beliau aktif berpraktik medis di Lampung Tengah dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman sebagai dokter spesialis penyakit dalam selama 9 tahun, dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO, menawarkan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan gangguan pernapasan dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Chat dr. Maya Puspita Sari Sp.PD, AIFO-K dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah rekomendasi dokter di Halodoc yang dapat kamu hubungi untuk mendapatkan saran terkait perlindungan sistem imun tubuh dan menghadapi pencemaran udara. 

Jangan khawatir jika dokter tidak tersedia atau sedang tidak aktif saat ini, karena kamu tetap bisa membuat jadwal konsultasi di waktu lain melalui aplikasi Halodoc.

Tidak perlu menunggu lebih lama, segera manfaatkan layanan Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi kesehatan yang lebih mudah dan cepat. 

Referensi:

Nature. Diakses pada 2024. Effect of air pollution on the human immune system.
Columbia University Irving Medical Center. Diakses pada 2024. Decades of Air Pollution Undermine the Immune System.
National Institutes of Health. Diakses pada 2024. The Phagocytic Function of Macrophage-Enforcing Innate Immunity and Tissue Homeostasis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan