• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengalaman Orangtua Bisa Jadi Pelajaran Moral untuk Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengalaman Orangtua Bisa Jadi Pelajaran Moral untuk Anak

Pengalaman Orangtua Bisa Jadi Pelajaran Moral untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Juli 2020
Pengalaman Orangtua Bisa Jadi Pelajaran Moral untuk AnakPengalaman Orangtua Bisa Jadi Pelajaran Moral untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Menjadi orangtua tentunya tidak terlepas dari kewajiban untuk membangun karakter anak. Berbagai cara bisa dilakukan, mulai dari mengajarkan disiplin hingga berbuat baik kepada sesama. Hal ini bertujuan agar anak memiliki karakter positif yang nantinya berguna di masa mendatang. 

Baca juga: Kiat Mengajarkan Anak Meminta Maaf

Selain itu, pengalaman yang dilalui orangtua sepanjang hidup juga dapat menambah pelajaran penting bagi anak baik secara moral maupun karakter anak. Lantas, apa saja hal yang bisa dijadikan pelajaran moral bagi anak? Ini ulasannya.

Pelajaran Hidup yang Penting untuk Membangun Moral Anak

Karakter anak perlu diajarkan mulai dari keluarga. Dilansir dari Early Childhood Research Journal, keluarga adalah unit sosial terkecil yang berperan penting dalam pengembangan karakter anak. Hal ini berdasarkan model pendidikan karakter yang diberikan orangtua pada anak-anak mereka.

Tentu saja, anak akan mendapatkan pendidikan karakter juga ketika ia sudah duduk di bangku sekolah. Namun, sejak dini anak mendapatkan pelajaran moral dari orangtua. Membangun moral dan karakter anak menjadi salah satu kewajiban yang perlu dilakukan oleh orangtua. 

Tentunya karakter berkaitan langsung dengan sikap moral anak. Sebenarnya, tidak rumit untuk memberikan pelajaran moral untuk anak. Sederhananya, ibu bisa mengajarkan anak melalui pengalaman dan kebiasaan yang biasa dilakukan oleh orangtua.

Berikut ini pengalaman orangtua yang bisa menjadi pelajaran moral dan karakter bagi anak, dilansir dari Parenting Firstcry, yaitu:

1.Kejujuran

Tentunya, kejujuran yang ibu ajarkan pada anak perlu dilakukan dengan contoh perilaku. Umumnya, orangtua yang selalu bersikap jujur membuat anak juga melakukan hal yang serupa. Dengan begitu, anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan memiliki rasa jujur.

2.Tanggung Jawab

Bertanggung jawab menjadi salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Tidak ada salahnya mengajarkan anak bertanggung jawab sejak dini. Ibu dapat mencoba berikan tanggung jawab sesuai dengan usia anak. Berikanlah respon positif saat anak berhasil melakukan tanggung jawabnya. Jangan lupa untuk menjadi contoh perilaku pada setiap hal yang akan ibu ajarkan pada anak, termasuk rasa tanggung jawab.

Baca juga: Tips Ajari Anak Disiplin Belajar saat Corona

3.Ajarkan Anak Sikap Ikhlas

Tentunya dalam hidup banyak situasi yang kerap mengecewakan. Tidak ada salahnya mengajarkan anak bersikap ikhlas saat menjalani situasi yang kurang sesuai atau mengecewakan dalam hidupnya. Pelajaran ini dapat ibu ajarkan dengan mengajak anak bermain game yang sesuai dengan usianya. Saat anak kalah dalam permainan, jelaskan tentang sikap ikhlas dan berlapang dada pada anak.

4.Perilaku Sopan

Setiap orangtua menginginkan anaknya untuk bersikap sopan di depan banyak orang. Hal ini bisa ibu ajarkan sejak dini dengan mengajarkan anak dari hal yang cukup sederhana, misalnya mengucapkan kata “tolong” dan “terimakasih”. Perilaku ini akan membantu anak dalam kehidupan sosial. Berilah contoh sikap sopan dalam kehidupan sehari-hari agar anak dapat meniru sehingga perilaku tersebut menjadi bagian dari hidupnya.

5.Menghormati Orang Lain

Sikap menghormati orang lain menjadi pelajaran moral yang paling mendasar dan penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini. Ajarkan anak untuk menghormati orang lain, tidak terbatas pada usia, pekerjaan, atau jenis kelamin.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mengajarkan Anak Tanggung Jawab?

Itulah pelajaran hidup yang bisa ibu ajarkan pada anak untuk membangun karakter dan moral pada anak. Selain pelajaran hidup, kesehatan fisik anak juga perlu selalu dijaga. Jangan lupa untuk memberikan anak asupan makanan yang bergizi serta bernutrisi. Jika anak mengalami gangguan kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai keluhan yang dialami anak. 

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. 10 Essential Life Lessons to Teach Your Child
Parents. Diakses pada 2020. 5 Key Ways to Help Your Child Build Character
Early Childhood Research Journal. Diakses pada 2020. Character Education in Early Childhood Based on Family