• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Membiasakan Perilaku Baik pada Anak Usia 5-10 Tahun

6 Cara Membiasakan Perilaku Baik pada Anak Usia 5-10 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Memasuki usia lima tahun, biasanya anak sudah mulai asyik bermain dengan teman-teman mereka. Pada usia ini juga, anak gemar menirukan apa yang dilakukan orang di sekitar mereka. Jadi, jangan heran jika orangtua membiarkan anak bermain dengan anak nakal, atau orangtua mencontohkan perilaku buruk dan anak-anak akan mengikutinya.

Menanamkan perilaku yang baik pada anak memang bukan urusan mudah. Namun, pendekatan positif dan konstruktif sering kali merupakan cara terbaik untuk membimbing perilaku anak. Ini berarti memberi perhatian anak ketika dia berperilaku baik, dan tidak hanya menerapkan konsekuensi atau memberikan hukuman saat ia melakukan sesuatu yang kamu tidak sukai.

Baca juga: 5 Cara Didik Anak Agar Cepat Mandiri 

Bagi para orangtua yang menjadi pengasuh anak, berikut ini kiat praktis untuk menanamkan perilaku baik pada anak, yaitu:

  • Jadilah Contoh. Yang paling utama adalah memastikan bahwa orangtua atau pengasuhnya bisa menjadi contoh anak dalam bertindak. Ingat, anak memperhatikan orangtua dan orang dewasa lainnya di rumah untuk mendapatkan petunjuk tentang cara berperilaku . Dan kenyataannya, apa yang kamu perbuat seringkali jauh lebih penting daripada apa yang kamu katakan. Misalnya, jika kamu ingin anak mengatakan 'tolong', katakan sendiri. Jika kamu tidak ingin anak meninggikan suaranya, bicaralah dengan pelan dan lembut sendiri.

  • Tunjukkan kepada Anak Perasaanmu. Memberitahu anak secara jujur ​​bagaimana perilakunya memengaruhi orangtua membantunya melihat perasaannya sendiri di hatimu. Jika kamu memulai kalimat dengan 'aku, saya, mama, atau ayah', itu memberi anak kesempatan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang kamu. Misalnya, 'Ibu marah karena kamu terlalu berisik sehingga Ibu tidak bisa dengar dan berbicara di telepon'. 

  • Dengarkan Anak. Untuk mendengarkan secara aktif, orangtua dapat mengangguk ketika anak berbicara, dan ulangi apa yang menurut kamu tengah dirasakan oleh anak. Misalnya, 'Sepertinya kamu sedang sedih karena mainan rusak'. Ketika kamu melakukan ini, maka ini dapat membantu anak-anak kecil mengatasi ketegangan dan emosi besar seperti frustasi, yang kadang-kadang menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan. Itu juga membuat mereka merasa dihargai dan dihibur, bahkan dapat meredakan kemarahan. 

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

  • Tepati Janji. Ketika kamu menepati janji, baik atau buruk, anak belajar untuk percaya dan menghormati. Dia mengetahui bahwa kamu tidak akan mengecewakannya ketika kamu menjanjikan sesuatu yang baik, dan dia juga belajar untuk tidak mencoba mengubah pikiran kamu ketika kamu menjelaskan konsekuensinya. Jadi, ketika kamu berjanji untuk berjalan-jalan setelah anak membereskan mainnanya, pastikan kamu menepatinya. 

  • Ciptakan Lingkungan untuk Perilaku yang Baik. Lingkungan di sekitar anak juga memengaruhi perilakunya, sehingga orangtua perlu membentuk lingkungan untuk membantu anak berperilaku baik.  Tak hanya meminta kakak, atau orang lain menjadi contoh, lingkungan di sini juga berarti memastikan rumah memiliki banyak hal yang aman dan merangsang baginya untuk bermain. Pastikan anak tidak dapat mencapai hal-hal yang dapat ia hancurkan atau yang mungkin menyakitinya. 

  • Puji Saat Anak Bersikap Baik. Ketika anak berperilaku dengan cara yang kamu sukai, berikan dia umpan balik positif. Misalnya, ‘Wow, kamu jago ya melempar bola.' atau semacamnya. Dengan memberikan pujian, maka anak merasa dihargai dan ingin tetap mempertahankan perilaku tersebut.

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Pola Pikir Ibu Terhadap Anak?

Itulah beberapa tips untuk membantu menanamkan perilaku baik pada anak. Jika kamu membutuhkan saran mengenai pola asuh anak yang baik, kamu juga bisa bertanya pada psikolog di Halodoc. Psikolog memberikan semua saran yang dibutuhkan untuk membantu kamu mendidik anak. Tunggu apa lagi, yuk segera download aplikasi Halodoc, sekarang!

Referensi:
American Family Physician. Diakses pada 2020. How to Teach Good Behavior: Tips for Parents.
Raising Children Network (Australia). Diakses pada 2020. Encouraging Good Behaviour.