Pengidap Diabetes Batasi Konsumsi 8 Buah Tinggi Gula Ini

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Juli 2021
Pengidap Diabetes Batasi Konsumsi 8 Buah Tinggi Gula IniPengidap Diabetes Batasi Konsumsi 8 Buah Tinggi Gula Ini

“Mengonsumsi buah-buahan disarankan sebagai bagian dari pola makan sehat. Namun, ada beberapa buah yang tinggi gula, sehingga perlu dibatasi konsumsinya oleh pengidap diabetes. Mulai dari pisang, mangga, nanas, pir, semangka, dan masih banyak lagi. Pengidap diabetes juga perlu menghindari konsumsi buah kering dan jus buah.”

Halodoc, Jakarta – Pengidap diabetes perlu menjalani perubahan pola makan, terutama menghindari makanan tinggi gula. Selain nasi putih atau kue-kue manis, pengidap juga tidak disarankan mengonsumsi buah-buahan tertentu yang memiliki kandungan gula tinggi, dalam jumlah yang berlebihan.

Lantas, apa saja buah tinggi gula yang perlu dibatasi konsumsinya oleh pengidap diabetes? Simak dalam pembahasan berikut ini.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah yang Perlu Dibatasi Pengidap Diabetes

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya, penting untuk mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Namun, ada beberapa jenis buah yang mengandung gula yang lebih banyak dibanding jenis lainnya. 

Beberapa buah tinggi gula tersebut sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh pengidap diabetes. Berikut ini buah-buahan yang dimaksud:

  1. Pisang

Di antara buah-buahan lain, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Pada pengidap diabetes, asupan karbohidrat berlebihan dapat membuat kadar gula darah meningkat. 

  1. Mangga

Rasa manis legit buah mangga berasal dari kandungan gulanya yang tinggi. Dalam satu buah mangga, terdapat kandungan gula sekitar 26 gram dan karbohidrat sekitar 30 gram. 

  1. Nanas

Rasa asam dan manis buah nanas memang sangat menyegarkan, terutama saat disantap di siang hari. Namun, kandungan gula dalam buah ini cukup tinggi, sehingga perlu dibatasi konsumsinya oleh pengidap diabetes. 

Baca juga: Tips Hidup Sehat Pengidap Diabetes Selama Pandemi

  1. Anggur

Karena ukurannya kecil, anggur sering dikonsumsi dalam jumlah banyak. Padahal, dalam satu buah anggur yang ukurannya kecil saja sudah terkandung 1 gram karbohidrat. Bila tanpa sadar kamu menghabiskan 20 buah anggur sembari menonton televisi misalnya, karbohidrat yang kamu konsumsi sudah mencapai 20 gram. 

  1. Ceri

Sama halnya seperti anggur, satu buah ceri juga mengandung 1 gram karbohidrat. Jika buah ini dikonsumsi berlebihan, bukan tidak mungkin jika kadar gula di dalam darah dapat meningkat. Oleh karena itu, pengidap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

  1. Pir

Dalam satu buah pir berukuran sedang, terkandung sekitar 17 gram gula. Hal ini membuat pengidap perlu membatasi konsumsi buah ini, bila tidak ingin kadar gula darah meningkat. 

  1. Semangka

Rasanya segar dan nikmat, buah semangka juga termasuk salah satu buah yang perlu dibatasi konsumsinya oleh pengidap. Dalam satu potong buah semangka, terkandung sekitar 17 gram gula. 

Baca juga: Hal yang Perlu Dipahami Seputar Diabetes Tipe 2

  1. Buah Fig

Dalam dua buah fig berukuran sedang, terkandung sekitar 16 gram gula. Itulah sebabnya, buah ini perlu dibatasi oleh pengidap diabetes yang perlu membatasi asupan gula harian.

Itulah beberapa buah tinggi gula yang perlu dibatasi konsumsinya oleh pengidap diabetes. Selain buah segar, pengidap juga perlu membatasi atau bahkan sebaiknya menghindari konsumsi buah kering dan jus buah. Proses pengeringan buah membuat kandungan nutrisi dan gula terkonsentrasi, sehingga jumlahnya semakin tinggi.

Sementara itu, jus buah yang bahkan tidak ditambah gula, dapat dimetabolisme dengan cepat di dalam tubuh dan memicu kenaikan gula darah hanya dalam beberapa menit saja. Selain itu, jus juga dapat menambah kalori ekstra tanpa memberi rasa kenyang, sehingga dapat memicu peningkatan berat badan.

Meski begitu, bukan berarti pengidap diabetes tidak boleh mengonsumsi buah-buahan. Hal terpenting yang perlu diingat adalah porsi, pastikan tidak berlebihan. Bila kamu butuh bicara dengan dokter atau beli obat, gunakan saja aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Can Eating Too Much Fruit Cause Type 2 Diabetes?
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Foods and Drinks to Avoid with Diabetes.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Eating Fruit When You Have Diabetes.
WebMD. Diakses pada 2021. Which Fruits Have the Most Sugar?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan