Pentingnya Bicara dengan Dokter saat Tidak Enak Badan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 November 2020
Pentingnya Bicara dengan Dokter saat Tidak Enak BadanPentingnya Bicara dengan Dokter saat Tidak Enak Badan

Halodoc, Jakarta - Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa tidak enak badan yang kamu alami. Dengan memperbanyak istirahat, mengonsumsi makanan sehat, hingga melakukan olahraga ringan bisa menjadi beberapa cara sederhana yang kamu lakukan untuk atasi kondisi tidak enak badan. Namun, jangan sepelekan kondisi tidak enak badan yang kamu rasakan dan tidak menghilang dalam waktu yang cukup lama. Bisa jadi ini merupakan adanya suatu tanda penyakit dalam tubuh.

Baca juga: Sudah Tahu Sakit, Kok Tetap Kerja?

Sangat penting untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri. Jangan ragu untuk periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat atau berbicara langsung dengan dokter agar keluhan kesehatan yang kamu alami tidak semakin memburuk. Tentunya, pemeriksaan sejak dini akan membuat penyebab kamu tidak enak badan lebih mudah ditemukan. Dengan begitu, dokter lebih mudah melakukan pengobatan terhadap penyebab tidak enak badan.

Inilah Pentingnya Menghubungi Dokter saat Tidak Enak Badan

Saat merasakan kondisi tidak enak badan, banyak orang yang memilih untuk memperbanyak istirahat di rumah, hingga menjalani pola makan yang sehat dan teratur. Cara ini memang bisa dilakukan jika kamu mengalami kondisi kelelahan. Namun, jika tidak enak badan yang kamu alami akibat tanda suatu gejala penyakit serius, tentunya kondisi ini dapat berkembang menjadi gejala yang cukup parah.

Tidak ada salahnya segera untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami. Umumnya, berbagai keluhan yang dirasakan saat tidak enak badan adalah pusing, mual, demam ringan, hingga kelelahan. Gunakan aplikasi Halodoc dan cari tahu mengenai penyebab tidak enak badan yang kamu rasakan.

Saat ini chat langsung dengan dokter umum dan dokter spesialis melalui aplikasi Halodoc hanya Rp7.500,00 dengan periode promo tanggal 12–14 November 2020. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Perlukah Cek Kesehatan Meski Sedang Fit?

Selain dapat mengatasi gejala tidak enak badan yang dirasakan, berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu berbicara dengan dokter mengenai kondisi kesehatan:

1.Memastikan Kondisi Kesehatan

Manfaat bertanya langsung dengan dokter mengenai keluhan kesehatan kesehatan yang kamu alami adalah memastikan kondisi kesehatan. Kamu dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab keluhan kesehatan, sehingga kamu mengalami kondisi tidak enak badan. Mengetahui penyebab tidak enak badan lebih dini akan membuat pengobatan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan kesehatan yang cukup serius.

2.Meningkatkan Produktivitas

Jangan terus-terusan berdiam diri saat tidak enak badan. Kamu bisa chat langsung atau video call, dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mencari tahu pertolongan pertama atau pengobatan yang bisa dilakukan. Kondisi tidak enak badan yang segera diatasi dengan tepat dapat membuat kamu kembali beraktivitas dengan normal, sehingga produktivitas akan kembali meningkat.

3.Pencegahan Penyakit Kronis

Berbicara dengan dokter juga bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk mencegah penyakit kronis, apalagi jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan satu penyakit tertentu. Kamu bisa bertanya langsung mengenai pencegahan maupun penurunan risiko penyakit yang ada dalam riwayat keluarga, ketika kamu merasa tidak enak badan.

4.Menurunkan Tingkat Stres

Terkadang, saat tidak enak badan, banyak orang yang mencari tahu penyebab melalui internet atau media sosial. Membaca mengenai keluhan kesehatan yang dialami terkadang dapat meningkatkan stres karena khawatir dan cemas terhadap kondisi kesehatan yang dialami. Untuk menghindari ini, sebaiknya berbicara langsung dengan dokter guna memastikan penyebab tidak enak badan yang kamu alami.

Baca juga: Pentingnya Medical Check Up untuk Cegah Kanker

Itulah beberapa manfaat pentingnya berbicara dengan dokter saat tidak enak badan. Jadi, mulai sekarang, sebaiknya hindari mendiagnosis keluhan kesehatan yang kamu alami sendiri. Kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan agar keluhan kesehatan dapat diatasi dengan tepat.

Referensi:
The Muse. Diakses pada 2020. 10 Reasons You Should Go to The Doctor.
Pomona Valley Health Center. Diakses pada 2020. The Importance of Regular Check Ups.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan