Pentingnya Double Cleansing untuk Kesehatan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2022

“Double cleansing dilakukan karena dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Alhasil, kamu bisa terhindar dari masalah kulit seperti jerawat atau tanda-tanda penuaan dini.”

Pentingnya Double Cleansing untuk Kesehatan WajahPentingnya Double Cleansing untuk Kesehatan Wajah

Halodoc, Jakarta – Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dalam dua tahap dengan produk yang berbeda. Pertama, wajah dibersihkan dengan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu. Tujuannya untuk membantu memecah minyak alami kulit dan hasil residu dari produk makeup, tabir surya, dan perawatan kulit.

Tahap kedua, wajah dibersihkan dengan produk pembersih berbasis air untuk membersihkan kotoran dan keringat dan mengangkat sisa-sisa kotoran dari tahap sebelumnya. 

Manfaat Double Cleansing untuk Kesehatan Wajah

Berikut manfaat double cleansing untuk menjaga kesehatan kulit wajah:

1. Mengangkat penumpukan sebum

Sebum adalah zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit (sebacea). Zat yang menumpuk bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan jerawat. Nah, salah satu fungsi utama double cleansing adalah membersihkan kotoran, residu dan kosmetik yang dapat berubah menjadi sebum.

2. Membersihkan sisa make up

Bagi seseorang yang sering menggunakan make up tebal, double cleansing amat disarankan. Sebab, jika riasan tidak benar-benar bersih, sisa-sisa make up yang tertinggal di pori-pori kulit bisa menimbulkan jerawat. Lakukan double cleansing sebelum tidur, supaya tidak ada sisa kotoran yang menempel di wajah.

3. Memaksimalkan perawatan kulit

Double cleansing dapat meningkatkan manfaat dari produk perawatan kulit yang kamu pakai. Caranya, lakukan double cleansing sebelum melakukan perawatan kulit. Dengan begitu, pelembap, toner, dan serum yang kamu pakai bisa bekerja maksimal. 

4. Mencegah efek polutan

Polutan yang menempel di kulit bisa memberikan efek negatif, seperti kulit kusam, jerawat sampai memicu tanda-tanda penuaan. Nah, jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan yang rentan terkena polutan, sebaiknya rutin lakukan double cleansing untuk mencegah efek tersebut. 

5. Melindungi kulit

Produk berbasis minyak yang dipakai dalam double cleansing dapat meningkatkan fungsi pelindung pada kulit yang disebut mantel asam. Pelindung ini terdiri dari fosfolipid, agar dapat menghindari perasaan “kesat” pada wajah, serta meningkatkan minyak kulit yang merupakan pelindung alami.

6. Melembapkan kulit

Pembersih wajah yang berbasis minyak juga memberikan kelembapan alami untuk kulit. Pilih produk yang kandungan airnya tinggi agar tidak membuat kulit jadi kering. Tujuannya agar kulit tidak kehilangan minyak alami sehingga tetap terjaga kelembapannya.

Langkah-Langkah Melakukan Double Cleansing

Perawatan ini paling baik dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Tujuannya agar proses regenerasi kulit yang terjadi saat tidur semakin maksimal. Kamu juga tidak perlu menjalankan serangkaian perawatan wajah di pagi hari karena sudah dilakukan pada malam sebelumnya.

Nah, berikut langkah-langkah melakukan double cleansing:

  • Tuangkan sedikit produk pembersih berbasis minyak, seperti  make up remover, oil cleanser, milk cleanser, cleansing balm dan micellar water, ke telapak tangan atau kapas. 
  • Kemudian, tempel atau usapkan ke wajah. Pijat dengan gerakan memutar dari pipi hingga area sekitar mata sekitar 30 hingga 45 detik.
  • Bila kamu menggunakan make up, gunakan kain halus atau kapas untuk mengusap riasan sampai luntur. 
  • Bilas atau gunakan handuk halus yang lembap untuk membersihkan wajah.
  • Setelah bersih, tuangkan sedikit pembersih wajah yang sering kamu gunakan dan terapkan wajah yang masih basah tersebut. Pijat kembali dengan gerakan memutar.
  • Bilas dengan handuk kering.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. A Beginner’s Guide to Double Cleansing.
Beauty Crew. Diakses pada 2022. Why you need to start double cleansing.
Byrdie. Diakses pada 2022. Perfect Skin 101: Everything You Need to Know About Double Cleansing.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan