Pentingnya Konsumsi Obat Jantung secara Rutin, Ini Penjelasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2024

“Obat jantung perlu dikonsumsi bagi seseorang yang pernah mengalami masalah pada organ tersebut. Hal ini sangat penting untuk mencegah masalah pada jantung yang lebih parah.”

Pentingnya Konsumsi Obat Jantung secara Rutin, Ini PenjelasannyaPentingnya Konsumsi Obat Jantung secara Rutin, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang mengidap penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi obat jantung secara rutin. Sebab, jantung adalah organ yang memiliki peranan penting. Oleh karena itu, organ ini perlu dijaga, terlebih jika sudah pernah mengalami masalah.

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa dirasakan dari konsumsi obat ini secara rutin? Berikut jawabannya!

Berbagai Manfaat Konsumsi Obat Jantung secara Rutin

Pengobatan adalah salah satu tindakan yang perlu dilakukan bagi seseorang dengan penyakit jantung. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan pemulihan dari serangan jantung dan mengurangi risiko dari gangguan jantung lainnya di masa depan.

Beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi obat ini, antara lain:

  • Menghentikan kondisi jantung dari perburukan gejala.
  • Memperlambat perkembangan penyakit yang terjadi pada jantung.
  • Mengurangi gejala yang disebabkan oleh kondisi pada jantung.
  • Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
  • Membantu agar dapat hidup lebih lama.

Beberapa orang mendapatkan resep obat ini bahkan tidak mengidap penyakit jantung. Hal ini berdasarkan risiko yang tinggi untuk mengembangkannya, atau memiliki tekanan darah atau kolesterol yang tinggi.

Agar kesehatan bisa lebih baik, memang sebaiknya melakukan perubahan pada gaya hidup, seperti olahraga teratur dan diet sehat.

Namun, tentu saja ini juga perlu dibantu dengan mengonsumsi obat jantung demi mengurangi risiko terjadinya serangan jantung atau stroke.

Kamu juga perlu memastikan untuk tidak lupa mengonsumsi obat ini secara rutin. Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan terkait hal ini, yaitu:

  • Jadikan minum obat sebagai rutinitas harian. Contohnya, minum obat sebelum mandi di pagi hari dan sebelum menyikat gigi di malam hari.
  • Atur alarm harian pada ponsel sebagai pengingat setiap harinya.
  • Gunakan aplikasi pelacak obat yang bisa diunduh pada smartphone yang dimiliki.
  • Gunakan kotak pil mingguan untuk mengatur obat yang dikonsumsi selama satu minggu.

Lalu, bolehkan mengemudi setelah minum obat jantung? Sebagian besar obat untuk menjaga kesehatan jantung yang dikonsumsi dalam jangka panjang tidak mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Namun, alangkah lebih baik untuk memastikannya pada dokter saat diberikan resep. Di sisi lain, obat yang dikonsumsi selama operasi jantung membuat seseorang tidak diperkenankan mengendarai.

Mau tahu daftar obat-obatan untuk penyakit jantung? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Jantung yang Efektif di Apotek

Apakah Pengidap Penyakit Jantung Perlu Konsumsi Obat Seumur Hidup?

Serangan jantung bukanlah peristiwa yang terjadi hanya satu kali, serta bisa jadi gejala dari penyakit jantung yang mendasarinya.

Penyakit jantung sendiri merupakan kondisi seumur hidup, sehingga pengidapnya perlu mengonsumsi obat seumur hidup.

Beberapa orang merasa bisa berhenti minum obat setelah merasa lebih baik. Pada faktanya, setiap orang perlu mengonsumsi obat secara rutin agar tetap sehat.

Jika tidak mengonsumsi obat dapat meningkatkan risiko dari serangan jantung yang lebih parah, bahkan menyebabkan kematian dini sebagai akibatnya.

Sekarang kamu tahu pentingnya mengonsumsi obat jantung secara rutin. Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa mencegah berbagai masalah yang lebih parah pada jantung, serta memiliki umur yang lebih panjang.

Jangan pernah melewatkan jadwal minum obat satu kali pun karena bisa jadi memengaruhi kesehatan jantung.

Kamu bisa hubungi dokter spesialis jantung di Halodoc✔️ untuk mengetahui lebih jelas mengenai masalah penyakit jantung atau aturan konsumsi obat rutin.

Halodoc juga menyediakan fitur Cek Risiko Penyakit Jantung untuk mengetahui level risiko terserang penyakit ini sejak dini. Klik gambar di bawah ini untuk pelajari lebih lanjut.

cek risiko penyakit jantung
Referensi:
Heart Foundation. Diakses pada 2023. Managing heart medication.
Heart Foundation. Diakses pada 2023. Heart attack medication.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan