Ini 5 Rekomendasi Obat Jantung yang Efektif di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2024

“Masalah pada jantung bisa menghambat kinerja normal seluruh organ dan jaringan di dalam tubuh. Beberapa rekomendasi obat untuk mengatasinya, yaitu Norvask, Lasix, Tensinop, Cardio Aspirin, dan Concor.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Jantung yang Efektif di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Jantung yang Efektif di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Jantung di Apotek


Halodoc, Jakarta – Jantung adalah organ otot berongga yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Gangguan pada organ vital ini memengaruhi kesehatan jaringan dan organ di seluruh tubuh.

Ketika jantung tidak bekerja dengan baik, organ ini akan kesulitan mengirimkan cukup darah, oksigen, dan nutrisi ke tubuh. Nah, di bawah ini rekomendasi obat jantung di apotek!

Pilihan Obat Jantung di Apotek

Pengobatan penyakit jantung akan tergantung pada penyebab dan jenis kerusakan jantung. Beberapa rekomendasi obat jantung yang bisa kamu konsumsi sesuai dengan penyebabnya, antara lain:

1. Norvask 10 mg 10 Tablet

Norvask 10 mg adalah obat jantung yang berisi 10 tablet dan mengandung 10 mg amlodipine besylate setiap tabletnya. Obat ini termasuk ke dalam golongan antihipertensi calcium channel blockers (CCB). 

Norvask digunakan sebagai pengobatan awal hipertensi dan sebagai agen tunggal untuk mengontrol tekanan darah. Penggunaan obat ini juga bisa dikombinasikan dengan obat-obatan lain. Obat ini dapat digunakan berdasarkan resep dari dokter. 

Rentang harga: Rp185.700 – Rp191.700 per strip.

Dapatkan Norvask 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Lasix 40 mg 10 Tablet

Lasix 40 mg 10 Tablet adalah obat jantung yang berisi 40 mg furosemide. Obat golongan loop diuretik atau diuretik kuat ini bekerja dengan meningkatkan jumlah urine yang keluar dari ginjal. 

Lasix bekerja pada glomerulus ginjal dengan menghambat penyerapan zat natrium oleh sel tubulus ginjal, sehingga terjadi peningkatan pengeluaran air, natrium, klorida, dan kalium tanpa mempengaruhi tekanan darah normal. 

Penggunaan obat harus sesuai dengan petunjuk dan rekomendasi dari dokter. Umumnya dipakai sebelum atau sesudah makan dan dapat diberikan bersama makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Rentang harga: Rp88.600 per strip.

Dapatkan Lasix 40 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tensinop 5 mg 10 Tablet

Tensinop 5 mg 10 Tablet Komposisi mengandung 5 mg lisinopril yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah pada organ ginjal. 

Tensinop juga digunakan untuk membantu mengobati gagal jantung dan meningkatkan kelangsungan hidup pasien setelah serangan jantung. Obat golongan ACE inhibitor ini bekerja dengan menghalangi unsur kimia bernama enzim pengubah angiotensin. 

Dengan terhalangnya unsur kimia tersebut, pembuluh darah menjadi sehingga tekanan darah akan berkurang. Proses tersebut juga dapat meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke dalam jantung. 

Rentang harga: Rp32.100 – Rp41.300 per strip.

Dapatkan Tensinop 5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Ketahui di sini: Pentingnya Konsumsi Obat Jantung secara Rutin, Ini Penjelasannya

4. Cardio Aspirin 100 mg 10 Tablet

Cardio Aspirin 100 mg 10 Tablet mengandung 100 mg acetylsalicylic acid yang merupakan senyawa analgesik non steroid. Obat ini umum digunakan sebagai analgesik, antipiretik, antiinflamasi dan antiplatelet. 

Cardio Aspirin bekerja dengan menghambat agregasi trombosit, sehingga dapat menghambat pembentukan trombus. Trombus merupakan penggumpalan darah yang terbentuk pada dinding pembuluh darah.

Rentang harga: Rp18.000 – Rp31.200 per strip.

Dapatkan Cardio Aspirin 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Concor 5 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat jantung yang terakhir adalah Concor 5 mg 10 Tablet yang mengandung 5 mg bisoprolol fumarate. Obat antihipertensi ini termasuk ke dalam golongan beta-blocker kardioselektif. 

Concor bekerja dengan cara menghambat kerja sistem saraf simpatis pada jantung dengan menghambat reseptor beta-adrenergik jantung. Hal ini yang pada akhirnya menurunkan kecepatan denyut jantung dan bermanfaat dalam terapi irama jantung tidak normal.

Rentang harga: Rp124.500 – Rp126.000 per strip.

Dapatkan Concor 5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat jantung yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi gejala sakit jantung. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Heart Disease.
Mayo Clinic. Diaskes pada 2024. Heart disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan