• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Pembelajaran Moral Rendah Hati pada Anak

Pentingnya Pembelajaran Moral Rendah Hati pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pentingnya Pembelajaran Moral Rendah Hati pada Anak

Halodoc, Jakarta – Anak-anak adalah agen perubahan, maka dari itu penting untuk menanamkan nilai moral yang baik sejak dini. Salah satu pembelajaran moral yang penting diberikan pada anak adalah sikap rendah hati. Tidak hanya penting, nyatanya hal ini akan sangat penting dan bisa membantu Si Kecil dalam menjalani kehidupan sosialnya kelak. 

Kabar buruknya, sikap rendah hati kini menjadi hal yang jarang ditemui sehingga disebut sebagai satu hal yang saat ini dibutuhkan dunia. Menjadi sosok yang rendah hati bisa membantu anak berkembang dengan sifat-sifat baik lainnya. Selain itu, hal ini juga akan membuat Si Kecil menjadi lebih pengertian serta memiliki kesadaran untuk saling tolong-menolong dalam hidup. 

Baca juga: Pentingnya Ajarkan Nilai Moral Suka Menolong pada Anak

Tips Mengajarkan Moral Rendah Hati pada Anak 

Sikap rendah hati bukan berarti memiliki pandangan buruk terhadap diri sendiri atau merasa rendah diri. Sebaliknya, rendah hati sebenarnya adalah representasi dari kebaikan dan kelembutan hati yang total. Anak-anak yang sejak dini sudah diajarkan mengenai konsep rendah hati, diyakini akan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dalam kehidupan sosialnya kelak. 

Sebenarnya, mengajarkan dan menanamkan konsep ini pada anak adalah hal yang tidak terlalu sulit. Ada berbagai tips yang bisa orang tua lakukan agar Si Kecil lebih dekat dengan konsep kerendahan hati, di antaranya: 

  • Memberi Contoh 

Anak-anak adalah peniru yang baik. Hal itu yang menjadikan anak seringkali mengikuti apa yang dilihat di lingkungan sekitarnya, entah itu hal yang baik atau buruk. Maka dari itu, memberi contoh dengan sikap rendah diri bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan hal ini pada anak-anak. Ayah dan ibu tidak perlu ragu untuk menunjukkan cara dan perilaku yang mencerminkan sikap ini di depan anak. 

  • Sampaikan Nilai Baik 

Jangan mengajarkan sesuatu pada anak, tanpa memberikan alasan yang masuk akal. Sebab, membuat anak mengerti tentang satu hal yang harus dilakukan adalah cara agar Si Kecil dapat lebih mudah menerima dan menerapkannya. Dalam mengajarkan kerendahan hati, pastikan ayah dan ibu menyelipkan nilai baik yang ada di balik sikap tersebut. Katakan pada anak, tidak ada salahnya untuk selalu rendah hati dan menghormati orang lain. 

Baca juga: Cara Mengajarkan Nilai Moral Bersikap Jujur pada Anak

  • Hindari Contoh Negatif 

Hindari mengajarkan anak sikap rendah hati dengan memberi contoh negatif, misalnya perilaku anak lain. Jangan membuat Si Kecil terbiasa berpikir untuk memandang remeh dan salah seseorang. Sebaliknya, ibu bisa mencoba memberi pengertian apa saja hal yang benar serta sampaikan bagaimana sebaiknya Si Kecil bersikap agar bisa diterima oleh lingkungan sosial. 

  • Perkenalkan Tokoh 

Salah satu cara terbaik untuk mengajari sebuah konsep pada anak adalah dengan membuatnya menjadi konkret. Selain memberi contoh, ayah juga bisa mencoba mengenalkan tokoh-tokoh sejarah yang dikenal memiliki kerendahan hati. Sampaikan pada anak kisah orang-orang tersebut, hal ini bisa membangun kepercayaan anak bahwa bersikap rendah hati adalah hal yang baik dan kelak ia akan berpegang teguh pada hal itu. 

Baca juga: 7 Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Kalau anak sakit dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Ayah dan ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Moms. Diakses pada 2020. 10 Tips On How To Teach A Child To Be Humble.
Sahabat Keluarga Kemendikbud. Diakses pada 2020. Nilai Moral Yang Penting Untuk Diajarkan Pada Anak-anak Sejak Usia Dini.