Pentingnya Skrining Alergi Dilakukan sejak Usia Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Februari 2023

“Skrining alergi sangat penting dilakukan sejak dini untuk mengetahui jenis alergi dan cara pencegahannya. Untuk prosedurnya ada dua jenis tes, yaitu tes kulit dan darah.”

Pentingnya Skrining Alergi Dilakukan sejak Usia DiniPentingnya Skrining Alergi Dilakukan sejak Usia Dini

Halodoc, Jakarta –  Skrining alergi adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis alergi dan imunolog, untuk menentukan apakah tubuh memiliki reaksi alergi terhadap zat tertentu atau tidak. 

Reaksi alergi bisa sangat beragam dengan tingkat keparahan menengah sampai parah–bahkan menyebabkan kematian. Skrining alergi sangat membantu dilakukan untuk mencegah gejala alergi. Itulah sebabnya mengapa skrining alergi dilakukan sejak dini. Informasi selengkapnya mengenai skrining alergi bisa dibaca selengkapnya di sini!

Skrining Alergi Sejak Dini untuk Pencegahan

Skrining alergi sangat penting dilakukan sejak dini untuk dapat membantu menemukan alergi terhadap hal-hal yang dimakan, disentuh, atau dihirup. Dengan mengetahui jenis alergi yang dimiliki, kamu dapat menghindar dari pemicunya.

Ketika melakukan skrining alergi, dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan, untuk memastikan kamu mendapatkan tes yang tepat. Jika riwayat medis menunjukkan bahwa kamu memiliki alergi, dokter akan merujuk ke ahli alergi atau imunologi untuk pengujian.

Ada dua jenis skrining alergi, tes kulit dan tes darah. Tes darah (tes antibodi imunoglobulin E in vitro) dapat bermanfaat bagi mereka yang tidak boleh atau tidak dapat menjalani tes kulit. 

Tes kulit umumnya aman untuk orang dewasa dan anak-anak dari segala usia, termasuk bayi. Namun, dalam keadaan tertentu, tes kulit tidak disarankan. Dokter mungkin menyarankan untuk tidak melakukan tes kulit jika kamu:

  • Pernah mengalami reaksi alergi yang parah atau sangat sensitif terhadap zat tertentu.
  • Minum obat yang dapat mengganggu hasil tes, termasuk antihistamin, antidepresan dan beberapa obat sakit maag. 
  • Memiliki kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis parah memengaruhi area kulit yang luas di lengan dan punggung.

Perlu diketahui kalau skrining alergi dapat menyebabkan gatal ringan, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Terkadang, benjolan kecil yang disebut bintil muncul di kulit.

Gejala-gejala ini sering hilang dalam beberapa jam tetapi dapat berlangsung selama beberapa hari. Krim steroid topikal ringan dapat meringankan gejala ini. Pada situasi yang jarang terjadi, skrining alergi dapat menghasilkan reaksi alergi parah yang segera memerlukan perhatian medis. 

Pengobatan untuk Alergi

Skrining alergi dapat membantu menentukan perubahan gaya hidup seperti apa yang perlu dilakukan. Jika tes mengatakan kamu alergi terhadap beberapa makanan, seperti gandum, kedelai, telur, atau susu, itu artinya kamu perlu menghindari makanan tersebut. Jika tes menunjukkan kamu alergi terhadap kucing atau anjing, itu artinya kamu harus menjauh dari jenis hewan peliharaan tersebut.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat seperti antihistamin atau kortikosteroid. Pilihan pengobatan lainnya adalah imunoterapi, yang juga dikenal sebagai suntikan alergi. Selama imunoterapi, kamu akan diberikan suntikan yang mengandung sedikit alergen, sehingga tubuh dapat membangun kekebalan secara perlahan.

Untuk kasus reaksi alergi yang mengancam jiwa (syok anafilaktik), dokter mungkin meresepkan epinefrin darurat. Obat ini dapat membantu mengatasi syok anafilaktik sebagai akibat dari alergi berat. 

Sebenarnya ada juga sejumlah pengobatan rumahan yang dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala alergi. Ini termasuk filter udara dan bilasan hidung atau sinus saline.

Itulah informasi mengenai skrining alergi dan kenapa penting dilakukan sejak dini. Kalau kamu ingin melakukan tes alergi, kamu bisa melakukannya dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya) atau buat janji di rumah sakit pilihanmu di Halodoc.

homelab - tes alergi
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Allergy Testing for Children.
Choosing Wisely.org. Diakses pada 2023. Allergy Tests.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Allergy Testing.
Healthline. Diakses pada 2023. Allergy Testing: Types, Risks, and Next Steps.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Allergy Skin Tests.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan