• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar istilah support system sebelumnya? Istilah ini merujuk pada sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kamu percayai sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Support system biasanya adalah keluarga dan teman-teman terdekat. 

Melansir Very Well Mind, support system menjadi komponen kunci dari hubungan yang solid dan kesehatan psikologis yang kuat. Mereka adalah orang pertama yang kamu temui saat menghadapi krisis pribadi dan membutuhkan bantuan segera. Mereka adalah orang-orang yang ingin kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Hubungan ini memainkan peran penting dalam cara kamu bertindak dalam kehidupan sehari-hari, dan pastinya untuk pengembangan diri sendiri. 

Baca juga: Ini Manfaat Tersembunyi Bergosip Bersama Sahabat 

Pentingnya Memiliki Support System yang Kuat

Psikolog dan profesional kesehatan mental lainnya sering mengatakan, support system yang kuat adalah hal yang penting untuk dimiliki. Ketika mencoba mencapai tujuan atau menghadapi krisis, para ahli sering kali memohon agar kamu bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan. Penelitian yang dipublikasikan American Psychological Association menunjukkan, ada hubungan kuat antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan.

Dukungan sosial yang buruk telah dikaitkan dengan depresi dan kesepian. Hal ini terbukti meningkatkan risiko depresi, bunuh diri, penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang, penyakit kardiovaskular, dan perubahan fungsi otak. 

Begitu pentingnya support system yang kuat untuk kesehatan, oleh karena itu kamu harus membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kamu. Atau jika hal ini dirasa masih kurang, kamu juga bisa minta bantuan psikolog di Halodoc. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone kamu untuk chat psikolog di Halodoc

Baca juga: Punya Sahabat, Benarkah Cegah Depresi?

Cara Support System Mendukung Pengembangan Diri

Kini kamu sudah paham pentingnya support system bagi kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Lantas, bagaimana sih mereka bisa memberikan dampak positif untuk kamu, bahkan mendukung pengembangan diri. Begini penjelasannya:

  • Mendorong Pilihan dan Perilaku yang Positif. Partisipasi dalam kelompok sosial memiliki pengaruh normatif pada perilaku. Mereka memengaruhi seseorang untuk menjalani gaya hidup sehat. Di luar itu, mereka dapat mendorong kamu untuk lebih disiplin, lebih sabar, lebih teliti, sebagainya demi pengembangan diri. Jika support system kamu tidak mendukung kamu melakukan hal-hal tersebut, itu bisa membuat kesuksesan jadi lebih sulit diraih. Sementara jika teman dan keluarga menawarkan dukungan dan dorongan, kamu jauh lebih mungkin untuk menemukan atau mencapai tujuan hidupmu. 

  • Mereka Membantu Hadapi Stres. Tidak hanya mendorong menjadi lebih baik, dukungan sosial juga akan membantu seseorang mengatasi stres. Stres terbukti memiliki konsekuensi kesehatan yang serius, mulai dari penurunan kekebalan imun hingga peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan berada di sekeliling orang-orang yang peduli dan suportif, mereka membantu untuk menghadapi situasi sulit yang kamu hadapi. Support system yang baik juga membantu mengurangi konsekuensi gangguan mental akibat trauma termasuk PTSD.

  • Support System Dapat Meningkatkan Motivasi. Hubungan sosial dapat membantu orang untuk tetap termotivasi ketika mencoba mencapai tujuan mereka. Orang yang berusaha menurunkan berat badan atau berhenti merokok sering menemukan bahwa menjalin hubungan dengan orang yang juga aktif menjalankan hidup sehat juga akan membantumu mencapai tujuan yang sama. Berbicara dengan orang-orang yang mengalami pengalaman yang sama juga dapat menjadi sumber dukungan, empati, dan motivasi untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Itulah pentingnya support system sebagai pengembangan diri sendiri. Jadi, luangkan waktu berharga bersama mereka yang sudah setia bersama kamu, ya.

Referensi:
Herzing University. DIakses pada 2020. Why Your Support System Is Important for Your Success.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. How Social Support Contributes to Psychological Health.