Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Markisa bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Agustus 2022

“Markisa adalah salah satu buah yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menetralisir radikal bebas dan melancarkan pencernaan.”

Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Markisa bagi Kesehatan TubuhPenuh Gizi, Ini 6 Manfaat Markisa bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Markisa adalah buah eksotis yang tumbuh di daerah tropis. Buah ini mengandung daging yang lembut dengan rasa yang khas sehingga kerap dibuat sebagai jus atau campuran dari minuman.

Markisa mengandung nutrisi yang menyehatkan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh saat dikonsumsi. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Berbagai Manfaat Markisa untuk Tubuh

1. Menetralisir Radikal Bebas

Buah markisa kaya antioksidan yang sangat baik dalam membantu tubuh menetralisir radikal bebas. Antioksidan dapat menjaga sistem tubuh tetap sehat, serta meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk ke otak dan sistem saraf.

Kandungan ini juga dapat mengurangi stres seluler hingga peradangan di dalam tubuh. Diketahui jika kedua masalah tersebut memiliki hubungan terkait beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan penyakit alzheimer.

2. Melancarkan Pencernaan

Daging buah markisa kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Serat adalah komponen penting pada diet untuk menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit, hingga masalah lainnya pada sistem pencernaan.

Bahkan, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, termasuk juga buah markisa.

3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Manfaat lainnya dari markisa untuk kesehatan adalah mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

Markisa mengandung zat yang disebut piceatannol, yang mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Saat kesehatan metabolisme meningkat, sensitivitas insulin juga sama.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah markisa kaya akan kandungan potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Zat tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, sehingga jantung dapat bekerja lebih baik.

Selain itu, kandungan seratnya dapat membantu untuk menghilangkan kelebihan kolesterol pada tubuh. Diet tinggi serat dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

5. Mengurangi Kecemasan

Dipercaya juga jika markisa mampu mengurangi perasaan cemas dan stres. Manfaat ini disebabkan kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya mampu menurunkan masalah tersebut.

Dari penelitian yang dilakukan Nutrients, disebutkan jika magnesium dapat membantu seseorang dalam mengelola tingkat kecemasan. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

6. Meningkatkan Sistem Imunitas

Buah markisa kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mampu membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Serta, meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari buah markisa untuk kesehatan tubuh. Makanya, jangan ragu lagi untuk makan buah ini secara rutin, jika perlu setiap hari. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat secara fisik dan mental.

Jika masih memiliki kebingungan terkait manfaat dari buah markisa atau bahkan buah lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan, lho. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan melalui smartphone di tangan!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the health benefits of passion fruit?
Web MD. Diakses pada 2022. Passion Fruit.
Healthline. Diakses pada 2022. Passion Fruit 101 — Everything You Need to Know.
Nutrients. Diakses pada 2022. The Effects of Magnesium Supplementation on Subjective Anxiety and Stress—A Systematic Review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan