Penuh Nutrisi, Ini 4 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Oktober 2021

“Mulai dari es buah hingga manisan, olahan kolang kaling selalu enak dan menyegarkan. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat kolang kaling bagi kesehatan juga cukup banyak? Ya, buah ini dapat melancarkan pencernaan hingga mencegah penuaan dini."

Penuh Nutrisi, Ini 4 Manfaat Kolang Kaling untuk KesehatanPenuh Nutrisi, Ini 4 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Punya tekstur lembut dan kenyal dengan rasa manis, membuat kolang kaling banyak disukai. Buah yang berasal dari biji tanaman aren ini memiliki nama Latin Arenga pinnata. Selain enak, manfaat kolang kaling bagi kesehatan juga banyak. Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Jus Buah dan Sayuran untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berbagai Manfaat Kolang Kaling yang Perlu Diketahui

Ada beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Menghidrasi Tubuh
menghidrasi tubuh

Kadar air dalam kolang kaling cukup tinggi, sehingga bisa membantu menghidrasi tubuh. Bila kamu sedang dalam pemulihan sakit, selain minum air putih yang banyak, kamu bisa coba konsumsi buah tinggi kadar air, seperti kolang kaling.

  1. Menyehatkan Pencernaan
menyehatkan pencernaan

Dalam 100 gram kolang kaling, terkandung sekitar 1,6 gram serat tak larut. Serat jenis ini dapat mendukung pergerakan sistem pencernaan, sehingga baik dikonsumsi saat kamu sedang mengalami sembelit.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Makan Buah Kesemek?

  1. Baik untuk Kulit
baik untuk kulit

Kolang kaling juga bermanfaat untuk kulit. Buah ini dapat meredakan peradangan pada kulit, mencegah dan mengurangi gatal karena biang keringat, juga mencegah penuaan dini

Menurut laman Medical News Bulletin, galactomannan dalam kolang kaling dapat menghambat mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu, zat ini juga diketahui mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

  1. Menurunkan Risiko Pengeroposan Tulang
risiko pengeroposan tulang

Manfaat kolang kaling yang terakhir adalah menurunkan risiko pengeroposan tulang, terutama pada wanita menopause. Hal ini karena kolang kaling mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. 

Menurut studi pada 2018 di IIOAB Journal, wanita menopause yang mengonsumsi kolang kaling dan rutin melakukan tai chi, mengalami peningkatan kepadatan tulang. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai hal ini.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks Dengan Buah Bit

Itulah beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang perlu diketahui. Meski bermanfaat, pastikan untuk mengolah kolang kaling dengan cara yang sehat, ya. Misal dengan tidak menambahkan terlalu banyak gula dan tidak mengonsumsinya berlebihan. 

Penting juga untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang setiap harinya. Bila butuh saran ahli, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter gizi di rumah sakit pilihanmu.

Referensi:
IIOAB Journal. Diakses pada 2021. Impact Of Arenga Pinnata Administration Combined With Tai-Chi Gymnastics On Bone Density In Menopausal Women.
MedIndia. Diakses pada 2021. Health Benefits of Palmyra Fruit.
Health Benefits Times. Diakses pada 2021. Health benefits of Palmyra Fruit.
Medical News Bulletin. Diakses pada 2021. Anti-Aging Effects of an Exotic Fruit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan