Penuh Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2022

“Jambu jamaika atau jambu air mengandung protein, serat, kasium, fosfor dan vitamin A, B serta C. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga mengusir sel kanker.”

Penuh Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika bagi KesehatanPenuh Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jambu Jamaika bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Jambu jamaika atau yang lebih dikenal dengan jambu air memiliki nama latin yakni Syzygium malaccense. Jambu ini tumbuh subur di negara tropis, salah satunya Indonesia.

Kalau dilihat dari fisiknya, jambu jamaika memiliki warna merah tua dan memiliki banyak kandungan air. Bicara soal rasa, buah ini memiliki perpaduan antara manis dan asam.

Jambu jamaika mengandung, protein, serat, kasium, fosfor dan vitamin A, B serta C. Adapun manfaatnya, yakni mencegah penuaan dini, membunuh sel kanker dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Manfaat Jambu Jamaika Bagi Tubuh

Adapun nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jambu jamaika, yakni:

  • Protein sebanyak 0.5 hingga 0.7 gram.
  • Lemak sebanyak 0.1 hingga 0.2 gram.
  • Serat sebanyak 0.6 hingga 0.8 gram.
  • Kalsium sebanyak 5.6 hingga 5.9 miligram.
  • Fosfor sebanyak 11.6 hingga 17.9 miligram.
  • Zat besi sebanyak 0.2 hingga 0.82 miligram.
  • Karoten sebanyak 0.003 hingga 0.008 miligram.
  • Vitamin A sebanyak 3 hingga 10 IU.
  • Vitamin B1 sebanyak 15 hinga 39 mikrogram.
  • Vitamin B2 sebanyak 20 hingga 39 mikrogram.
  • Vitamin B3 sebanyak 0.21 hingga 0.40 mikrogram.
  • Vitamin C sebanyak 22 miligram.
  • Asam askorbat sebanyak 6.5 hingga 17.0 mikrogram.

Jambu jamaika juga mengandung kadar gula yang rendah, tapi jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Buah ini tergolong aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes dan efektif dalam mengontrol kadar gula darah.

Salah satu vitaminnya yakni vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati luka dan meningkatkan regenerasi sel. Jenis asupan ini juga mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi membahayakan tubuh.

Adapun manfaat jambu jamaika lainnya, yakni:

1. Mencegah Penuaan Dini

Jambu jamaika mengandung tinggi antioksidan yang mampu mencegah tanda penuaan dini. Di antaranya flek hitam, garis halus dan wajah kering serta kusam. Kandungan tersebut juga dapat menjaga elastisitas kulit.

Untuk memaksimalkan fungsinya, kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan sayuran dan menerapkan pola hidup sehat lainnya. Di antaranya berhenti merokok dan membatasi mengonsumsi minuman beralkohol.

2. Memerangi Sel Kanker

Manfaat ini terjadi berkat antioksidan di dalam jambu jamaika. Kandungan tersebut efektif mengurangi sel kanker prostat dan kanker payudara. Cara kerjanya adalah dengan menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegahnya bermetastasis.

Kandungan lain yang mendukung kinerja antioksidan dalam jambu jamaika adalah likopen. Asupan ini bekerja dengan merusak DNA pada sel kanker yang berpotensi menyebar dan menyebabkan kerusakan di sel dan jaringan tubuh.

3. Meningkatkan Kolesterol Baik

Kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) berfungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak. Kandungan ini berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular yang berujung pada stroke atau sakit jantung.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat ini terjadi berkat kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan kekebalan tubuh yang tinggi, sel dan jaringan di dalamnya bisa dengan sendirinya mengusir paparan virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Mencegah Serangan Jantung

Jambu jamaika mengandung rendah lemak dan garam yang dapat mencegah penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Rendahnya kadar kedua asupan tersebut berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat yang berdampak pada serangan jantung.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam jambu jamaika efektif meningkatkan kesehatan mata. Cara kerjanya dengan memperbaiki penglihatan, memperlambat degenerasi makula akibat penuaan dan mencegah katarak.

Manfaatnya bisa bekerja lebih baik jika diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lain dengan kandungan tinggi vitamin A, seperti wortel. Selain itu, terapkan juga pola hidup sehat dengan membatasi penggunaan gadget.

Jika mengalami gangguan kesehatan tertentu, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2022. 15 Amazing Guava Benefits: Heart Healthy, Weight Loss Friendly and More.
STYLECRAZE. Diakses pada 2022. 15 Important Benefits Of Guava Fruit + Guava Nutrition Facts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan