• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peranan Ayah agar Menjaga Keluarga Tetap Harmonis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Peranan Ayah agar Menjaga Keluarga Tetap Harmonis

Peranan Ayah agar Menjaga Keluarga Tetap Harmonis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2022

“Peranan ayah tidak kalah penting dalam menjaga keluarga agar tetap harmonis. Namun tidak sedikit ayah yang tidak tahu apa yang perlu dilakukan, sehingga ikatannya dengan anak tidak erat.”

Peranan Ayah agar Menjaga Keluarga Tetap HarmonisPeranan Ayah agar Menjaga Keluarga Tetap Harmonis

Halodoc, Jakarta – Setiap pasangan pasti ingin memiliki keluarga yang harmonis. Cara ini tentu saja dapat mendukung tumbuh-kembang anak dengan baik.

Pola asuh dari ayah penting dalam menjaga keharmonisan tersebut. Meski kerap berada di luar rumah untuk bekerja, beberapa anak cenderung meneladani sikap ayahnya dibandingkan ibunya.

Peran yang Perlu Dilakukan agar Menjadi Ayah yang Baik

1. Perlakukan Anak dengan Kasih Sayang

Saat orangtua memperlakukan anak dengan kasar, anak sulit untuk belajar tentang kedisiplinan. Ketika diperlakukan dengan kasih sayang disertai batasan yang tegas, Si Kecil dapat menetapkan hal tersebut di masa depan untuk dirinya sendiri. 

2. Habiskan Waktu Bersama Anak

Saat seorang ayah terlalu sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk dihabiskan bersama anak, ikatan yang diciptakan tentu tidak erat. Anak-anak dapat tumbuh dengan cepat dan bisa menimbulkan penyesalan tersendiri jika tidak memiliki hubungan yang dekat bersama anak.

Cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk dihabiskan, seperti akhir pekan, dengan berjalan-jalan atau sekadar menonton televisi bersama di rumah. Tidak selamanya mendapatkan waktu berkualitas bersama anak harus menghabiskan banyak uang.

3. Menjadi Panutan Anak

Ayah tentu saja menjadi salah satu panutan bagi anak-anaknya. Contohnya, anak perempuan yang menghabiskan banyak waktu bersama ayahnya yang penuh kasih sayang, mereka paham jika perlu diperlakukan dengan hormat oleh anak laki-laki serta tahu sesuatu yang dicari dalam diri pasangannya kelak.

Seorang ayah juga mengajari sesuatu yang penting dalam hidup dengan cara menunjukkannya. Beberapa sikap yang perlu diajari dan diberikan contoh adalah kejujuran, kerendahan hati, serta bertanggung jawab.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Para ayah perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan anaknya saat menceritakan harinya. Dengan cara ini, anak menjadi lebih terbuka dengan ayahnya, bahkan menceritakan berbagai keluh-kesah yang dirasakannya.

Terkadang, Si Kecil juga mengajukan beberapa pertanyaan yang topiknya bisa bertambah sulit seiring bertambahnya usia. Meski begitu, cobalah untuk memberikan penjelasan secara perlahan, jika tidak tahu jawabannya, minta waktu untuk mencari tahu dan memberikan penjelasannya di esok hari.

5. Menghormati Pasangan

Sebagai kepala keluarga, ayah tentu juga harus menghormati pasangannya dan menunjukkannya pada anak-anaknya. Hal ini dapat memberikan lingkungan yang aman bagi anak-anak. Saat pemandangan ini dilihat anak, dirinya juga merasa diterima dan dihormati sebagai anak.

6. Melakukan Kegiatan Bersama

Cobalah untuk meluangkan waktu bersama dengan anak, termasuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Cara ini dapat meningkatkan ikatan dengan Si Kecil serta menjaga kebugaran seluruh keluarga. Bahkan, olahraga dapat menurunkan tingkat stres, bukan hanya pada orangtua tetapi juga anak-anak.

Itulah beberapa peran yang perlu dilakukan oleh para ayah agar memiliki keluarga yang harmonis. Saat suasana yang nyaman tercipta, pertumbuhan dan perkembangan anak dapat mendukung kecerdasannya, bahkan membuatnya mencapai berbagai prestasi. Tentu semua ini dilakukan tanpa mengecilkan peran dari sang ibu.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait berbagai peran ayah terhadap keluarga, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Bright Horizons. Diakses pada 2022. How to Be a Good Father: Tips & Advice for Dads.
Vivian Morgan Counseling. Diakses pada 2022. 10 Ways to Create Family Harmony.
Child & Family Therapy Center. Diakses pada 2022. Positive Parenting: 7 Tips To Creating A Harmonious Parent-Child Connection.