• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbedaan Ampoule dan Serum dalam Produk Skincare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbedaan Ampoule dan Serum dalam Produk Skincare

Perbedaan Ampoule dan Serum dalam Produk Skincare

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Oktober 2022

“Serum bisa digunakan sebagai rutinitas harian, sedangkan ampoule biasanya ditujukan untuk mengatasi masalah tertentu pada wajah. Formulasi konsistensi keduanya pun berbeda.”

Perbedaan Ampoule dan Serum dalam Produk SkincarePerbedaan Ampoule dan Serum dalam Produk Skincare

Halodoc, Jakarta –  Perbedaan paling umum antara ampoule dan serum adalah formulasi konsistensinya. Ampoule biasanya lebih tebal ketimbang serum. Namun, dari segi pengaplikasian, baik ampoule dan serum semestinya harus diterapkan setelah toner atau essence

Jika kamu ingin mengaplikasikan serum dan ampoule dalam rutinitas skincare, yang pertama kamu aplikasikan semestinya adalah serum. Tempatkan konsistensi produk yang lebih ringan terlebih dahulu, baru diikuti dengan konsistensi yang lebih tebal. Informasi selengkapnya mengenai perbedaan ampoule dan serum dalam produk skincare bisa dibaca di sini!

Ampoule Digunakan Di Waktu-Waktu Tertentu

Baik ampoule dan serum adalah formula terkonsentrasi untuk jenis kulit tertentu. Perbedaan antara keduanya adalah, ampoule memiliki konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi tanpa bahan pengisi atau pengawet. Karena penggunaannya yang spesifik, ampoule cenderung dijual dalam dosis kecil. 

Lantas, apa lagi perbedaan ampoule dan serum yang lain? Ini ulasannya:

1. Ampoule Tidak Setiap Hari, Serum Setiap Hari

Dari segi manfaat dan kegunaan, serum bisa digunakan sebagai rutinitas harian, sedangkan ampoule lebih kepada kondisi yang spesifik. Misalnya di area kulit tertentu dengan kondisi yang membutuhkan penanganan khusus. 

Ampoule kerap digunakan ketika kulit mengalami masalah “serius”, misalnya terlihat kusam ketimbang biasanya.  Menggunakan ampoule setiap hari justru menempatkan kulit pada risiko iritasi. Bila kamu ingin memasukkannya ke dalam perawatan skincare rutin, ada baiknya memberikan jeda, misalnya seminggu sekali. 

2. Ampoule Lebih Terkonsentrasi Ketimbang Serum

Serum cenderung lebih terkonsentrasi pada bahan aktifnya, zat seperti gel emolien ini sering menampilkan bahan-bahan berat. Mereka dimaksudkan untuk benar-benar menargetkan dan mengobati masalah kulit seperti bintik hitam, kerutan, dan kulit kusam. Biasanya, serum dianggap memiliki tekstur yang lebih kental daripada essence.

Ampoule dianggap sebagai versi serum yang lebih terkonsentrasi. Ini membuat ampoule mengandung jumlah bahan aktif yang lebih tinggi dan digunakan untuk waktu yang terbatas. Misalnya, kamu mungkin ingin menggunakan paket ampul mingguan sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal atau setelah mengalami masalah kulit yang serius. 

Manfaat Mengetahui Detail Skincare

Dengan mengetahui perbedaan ampoule dan serum, kamu jadi tahu manfaat dan fungsinya masing-masing. Kapan sebaiknya harus digunakan, dan pada saat kondisi kulit seperti apa kamu memerlukan skincare tertentu.

Menggunakan produk skincare sesuai dengan fungsi dan urutan akan membantu kamu merawat kulit secara maksimal. Perawatan kulit yang baik dan tepat sasaran akan memberikan manfaat berikut:

1. Membantu Kulit Tetap dalam Kondisi Baik

Setiap hari kamu melepaskan sel-sel kulit, sehingga sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersinar dan dalam kondisi baik. Skincare dapat membantu mencegah jerawat, mengobati kerutan, dan membantu menjaga kulit sehat alami. 

2. Membuat Awet Muda 

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit akan berputar lebih lambat, membuatnya terlihat lebih kusam dan kurang bercahaya. Skincare akan membantu menjaga sel-sel kulit lebih muda. Rangkaian skincare yang berkualitas dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga tubuh akan menggantinya dengan sel yang lebih baru dan lebih muda.

3. Tindakan Pencegahan dan Penjagaan Kulit

Pencegahan lebih mudah daripada perbaikan, tentunya kamu pasti sering mendengar kalimat ini. Perawatan skincare akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat gaya hidup dan pertambahan usia.

Untuk mencapai manfaat demikian, kamu memerlukan rangkaian perawatan seperti pembersih, toner, pelembap, toner, tabir surya, eksfoliator, dan serum. 

Itulah informasi mengenai perbedaan ampoule dan serum. Jika kamu punya masalah kesehatan kulit, segera buat janji pemeriksaan medis ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Skin Library.co.uk. Diakses pada 2022. Ampoules and Serums.
Pibuu.co. Diakses pada 2022. What’s Difference Between A Toner, Essence, Serum and Ampoule.
Mind Body Green. Diakses pada 2022. Serums vs. Ampoules: How To Use These Concentrated Treatments For Glowing Skin.