Perhatikan Hal Ini saat Membuat Kandang Iguana

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 Juni 2021
Perhatikan Hal Ini saat Membuat Kandang IguanaPerhatikan Hal Ini saat Membuat Kandang Iguana

“Ukuran luas dan tinggi kandang iguana adalah hal utama yang diperhatikan saat membuat kandang iguana. Pastikan juga iguana bisa berjemur dan memanjat di dalamnya. Kreativitas juga diperlukan dalam membuat kandang iguana, yang penting iguana peliharaanmu merasa puas. Kebersihan kandang juga jangan diabaikan.”

Halodoc, Jakarta – Iguana adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer. Reptil ini bisa tumbuh hingga hampir 2 meter panjangnya, tentu saja dengan perawatan yang tepat. Itulah sebabnya, diperlukan kandang iguana yang berukuran besar untuk menampungnya. 

Umumnya, reptil tidak membutuhkan ruang sebanyak mamalia dibandingkan dengan ukurannya. Meski kamu memelihara bayi iguana, lama-kelamaan ia akan tumbuh besar dan panjang. Sayangnya, jarang yang menjual kandang berukuran sesuai kebanyakan iguana dewasa. Itulah mengapa kamu harus membuatnya. Lantas, apa yang harus diperhatikan saat membuat kandang iguana?

Baca juga: Begini Cara Merawat Kandang Landak Mini agar Tetap Higienis

Kriteria Kandang Iguana yang Ideal

Jika iguana peliharaan semakin tumbuh dewasa, sebaiknya mulailah untuk melihat lingkungan rumah, apakah kandang iguana bisa dibangun di suatu area di rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Ukuran. Ada banyak dimensi yang direkomendasikan sebagai ukuran minimum untuk iguana. Sebagian besar menyarankan panjang dan lebar sekitar 2 meter, dengan tinggi  1,5 meter. Berapa pun ukuran yang kamu pilih, ketika iguana mencapai panjang akhirnya, harus memiliki cukup ruang untuk memiliki tempat berbeda untuk  berjemur dan cukup ruang untuk bergerak tanpa menggeser ekornya ke samping. 
  • Tinggi. Pastikan iguana peliharaanmu bisa memanjat di ketinggian yang wajar, karena mereka adalah hewan arboreal. Perlu diketahui, bayi iguana bisa mengalami stres ketika mereka tidak bisa cukup tinggi memanjat dari tanah.
  • Berapa banyak iguana dalam kandang. Disarankan untuk memelihara satu iguana dalam satu kandang. Meskipun kamu mampu membangun kandang yang lebih luas, hal tersebut tidak cukup untuk menampung lebih dari satu iguana. Bahkan kandang berukuran 2,5 x 2,5 meter tidak cukup besar bagi iguana untuk menghindari “papasan” agresif dengan iguana lain.
  • Tepian berjemur yang panjang. Ini memungkinkan pengaturan suhu tubuh yang lebih banyak pada iguana. Jadi pastikan juga iguana mendapatkan cukup sorotan cahaya matahari. Atau jejerkan lampu berjemur dengan berbagai intensitas di sepanjang kandang. 

Baca juga: 4 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Kamu juga bisa membuat fitur yang mungkin disukai iguana dan dimensi yang cocok untuk panjangnya. Kamu bisa membuat kandang iguana yang optimal dan menambahkan fitur seperti kolam renang, kotak pasir, dan tambahan lainnya yang membuat iguana lebih terawat, mudah, dan lebih memuaskan iguana. 

Tapi, jangan takut juga untuk membuatnya kandang iguana yang sederhana. Hal yang harus diutamakan adalah memanfaatkan ruang sebaik mungkin, menambahkan beberapa jalur landai dan mendaki serta mengakomodasi kebutuhan biologis iguana akan panas, kelembapan, dan ventilasi. Cobalah untuk kreatif dan pastikan juga kandang iguana mudah dibersihkan.

Mungkinkah Mengubah Kamar di Rumah Menjadi Kandang Iguana?

Punya kelebihan ruangan atau kamar di rumah dan ingin dijadikan rumah iguana? Pilihan ini mungkin tampak murah dan mudah, tapi untuk bisa jadi kandang iguana yang ideal dan sempurna, ruangan atau kamar harus berada pada paparan sinar matahari atau sinar UV dan kelembapan yang tepat.

Perlu diketahui, iguana harus memiliki kelembapan sebesar 65-100 persen. Ruangan juga harus aman untuk iguana, tidak ada benda yang bisa tertelan dan kabel harus di luar jangkauan. 

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Ruangan juga harus memiliki lantai yang mudah dibersihkan. Kotoran iguana juga harus jadi perhatian khusus karena bisa membawa Salmonella. Jika mengikuti pedoman ini, iguana bisa ditempatkan di ruangan atau kamar yang disediakan. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kandang iguana. Jika iguana peliharaanmu mengalami masalah kesehatan, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Pet Helpful. Diakses pada 2021. The Best Iguana Cages and Where to Buy Them

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan