Begini Cara Merawat Kandang Landak Mini agar Tetap Higienis

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Maret 2021
Begini Cara Merawat Kandang Landak Mini agar Tetap HigienisBegini Cara Merawat Kandang Landak Mini agar Tetap Higienis

Halodoc, Jakarta - Di masa pandemi ini, banyak orang yang mencari kesibukan di rumah agar tidak mudah stres. Salah satu kegiatan yang banyak dipilih adalah memelihara hewan seperti landak mini. Seseorang yang baru memelihara hewan ini kebanyakan bingung untuk memilih kandang yang baik dan menjaganya agar tetap higienis. Kamu dapat mengetahui cara merawat kandang landak mini dengan baik di sini!

Cara Efektif Merawat Kandang Landak Mini Tetap Bersih

Landak mini merupakan hewan peliharaan yang cocok bagi seseorang yang sabar dan berdedikasi. Hewan ini dikenal cerdas, ramah, dan mudah akrab dengan pemiliknya yang memang benar-benar menaruh perhatian lebih. Seperti hewan lainnya, mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan cara merawat landak mini dapat menghindari segala masalah yang mungkin terjadi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memelihara Landak

Kamu benar-benar harus memperhatikan makanan yang diberikan, cairan yang diminum, serta kandangnya. Pada bahasan ini akan dibahas berbagai cara yang paling efektif untuk menjaga agar kandang tetap bersih dan higienis, sehingga landak mini peliharaanmu terhindar dari penyakit. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar semua hal tersebut terwujud? Berikut ini beberapa caranya:

1. Ukuran Kandang

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kandang dari landak mini dimulai dari pemilihan ukuran kandang. Pilihan yang paling minim untuk kandang hewan kecil ini dengan ukuran panjang 120 sentimeter dengan lebar 60 sentimeter. Idealnya, semakin besar kandangnya akan semakin baik untuk kelangsungan hidupnya. Kandang yang lebih luas dapat memberikan ruang yang lebih besar agar dapat berlarian.

2. Alas Kandang

Seperti hewan kecil lainnya, seprai dapat menjadi salah satu cara untuk merawat kandang dari landak mini. Bagian bawah kandang landak harus ditutup dengan alas tidur. Ada berbagai macam alas kandang yang dapat dipilih, tetapi bahan dengan bahan yang terbuat dari kertas daur ulang atau serutan kayu, sangat populer digunakan di kalangan pemilik hewan kecil layaknya landak mini. Kamu juga wajib menggantinya minimal seminggu sekali, terutama jika alas sudah kotor atau lembap. Hal ini untuk mencegah risiko dari masalah kesehatan.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Anjing?

3. Litter Box

Layaknya kucing, landak mini dapat diajarkan untuk membuang kotorannya di kotak khusus. Kotak ini harus ditempatkan di area yang biasanya ia gunakan untuk buang air kecil dan besar. Pelet kotoran yang lembut dapat digunakan untuk menahan semua hasil akhir dari makanannya agar tetap bersih dan menghindari bau yang berlebih. Cara ini juga dapat menghindari bakteri yang dikeluarkan dari kotorannya untuk menyebar.

4. Siapkan Mangkuk Air dan Makanan

Umumnya, landak dapat minum melalui air bersih yang berasal dari botol air dengan ujung yang meruncing. Namun, beberapa lainnya tidak suka minum dari alat ini. Alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan penampung air yang agak berat. Untuk makanannya, kamu membutuhkan dua mangkuk, satu untuk makanan yang lembap dan lainnya untuk makanan kering. Pastikan alat untuk menampung makanan dan air tidak mudah tumpah.

Itulah beberapa cara untuk merawat kandang landak mini agar tetap bersih dan higienis. Dengan begitu, kesehatan hewan kesayanganmu ini tetap terjaga dan dijauhi dari segala penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Diharapkan, hewan kecil ini dapat mencapai usia maksimalnya yang disebut-sebut hingga 10 tahun.

Baca juga: Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara yang paling efektif untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan dari kandang landak mini, dokter hewan dari Halodoc dapat menjawabnya untukmu. Caranya mudah saja, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas!

Referensi:
Hedgehogged. Diakses pada 2021. Taking Care of a Pygmy Hedgehog – Hedgehog Care and Lifestyle.
wikiHow. Diakses pada 2021. How to Take Care of a Hedgehog.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan