• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu atau Tidak bagi Anak untuk Memiliki Sahabat Dekat?

Perlu atau Tidak bagi Anak untuk Memiliki Sahabat Dekat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki sahabat dapat membantu anak mengembangkan keterampilan hidup yang akan meningkatkan kebijaksanaan, kepercayaan diri, dan harga diri anak. Lewat persahabatan, anak-anak akan belajar untuk tidak egois dan menerima perbedaan.

Memiliki sahabat dekat adalah suatu anugerah karena tidak semua orang bisa menjadi sahabat dekat. Namun, hal yang lebih penting dari pertanyaan perlu atau tidak anak memiliki sahabat dekat adalah apakah sahabat tersebut memberikan pengaruh baik atau buruk kepada anak.

Manfaat Memiliki Sahabat pada Tumbuh Kembang Anak

Sahabat dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bertahan hidup. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari memiliki sahabat untuk tumbuh kembang anak, yaitu: 

Baca juga: Punya Sahabat Benarkah Cegah Depresi?

1. Belajar Arti Persahabatan Sejati

Mereka akan belajar bahwa seorang teman yang baik akan mengutamakan kepentingan mereka dan mendukung mereka. 

2. Belajar Menghadapi Konflik

Konflik memang muncul di dalam pertemanan. Melalui pertemanan, anak akan mendapatkan wawasan dan kesempatan cara mengatasi konflik.

3. Tidak Merasa Sendirian

Memiliki teman sebaya membuat anak bisa mengomunikasikan kekhawatiran, impian, dan ketakutan yang umum dihadapi dalam masa tumbuh kembangnya. 

4. Menciptakan Kenangan Indah

Ketika kelak dewasa, anak akan memiliki kenangan masa kecil untuk diingat dan mengingat betapa menyenangkan rasanya berkumpul dengan teman-teman.

5. Menciptakan Komunikasi Langsung

Berteman dapat membuat anak membatasi penggunaan video game, SMS, dan alat elektronik lainnya dan alih-alih bertemu tatap muka langsung dengan teman-temannya. 

Baca juga: Benarkah Perempuan Sukses Cenderung Merasa Kesepian?

6. Menemukan Komunitasnya

Anak-anak akan mendapatkan rasa membangun komunitasnya sendiri ketika menjalin persahabatan.

7. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan 

Kemampuan membuat keputusan meningkat ketika anak-anak bermain dengan teman sebaya tanpa ada campur tangan langsung dari orangtua 

8. Mengembangkan Imajinasi

Pertemanan membantu anak mengembangkan imajinasi yang penting untuk tumbuh kembangnya.

9. Mengenal dan Memahami Perbedaan

Bermain dengan beberapa anak akan membuat mereka mengetahui bagaimana pola komunikasi dan interaksi keluarga lain. Ini sedikit banyak akan mempersiapkan anak untuk menerima dan memahami perbedaan.

Beri Tahu Anak Kriteria Teman Baik

Orangtua tidak bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan anak mengalami kesedihan saat ternyata teman yang diangggapnya sahabat dekat bukanlah sosok yang baik. Pada akhirnya, perjalanan hidup akan membuat anak menemukan sahabat dekat yang menerima dirinya apa adanya.

Baca juga: Ini 4 Tipe Narsistik, Salah Satunya Mungkin Ada di Sekitar

Hal yang bisa dilakukan orangtua adalah memberikan pemahaman kalau teman yang baik adalah:

1. Mereka yang menunjukkan ketertarikan yang tulus pada apa yang terjadi pada anak baik apa yang anak katakan, pikirkan, dan rasakan.

2. Menerima anak apa adanya.

3. Mendengarkan anak penuh perhatian. 

4. Merasa nyaman berbagi hal-hal tentang dirinya. 

Jangan juga lupa, menemukan teman yang baik bukan hanya soal orang lain, tetapi juga diri sendiri. Ingatkan kepada anak untuk ramah, tidak egois, berbagi dan memberikan perhatian kepada rekan-rekan sebayanya. Waktu akan menunjukkan mana teman yang baik dan mana yang hanya memanfaatkan. Menemukan sahabat dekat penting, tapi jangan sampai karena pertemanan membuat anak kehilangan nilai-nilai baik dalam dirinya.

Itulah sekadar informasi mengenai makna sahabat. Hal yang bisa dilakukan orangtua adalah mengarahkan dan mempersiapkan anak untuk menjadi mandiri. Kalau anak sakit, tanyakan saja langsung ke Halodoc. Orangtua bisa menanyakan masalah kesehatan apapun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Mental Health.net. Diakses pada 2020. Why It is Important for Our Children to Have Friends.
Help Guide.org. Diakses pada 2020. Making Good Friends.