Perlu Dihindari Konsumsinya saat Diet, Berapa Kalori Durian?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 November 2022

“Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan kalori, bahkan jumlahnya bisa lebih dari angka batas harian yang perlu dipenuhi. Maka dari itu, buah ini tidak direkomendasikan untuk seseorang yang sedang diet.”

Perlu Dihindari Konsumsinya saat Diet, Berapa Kalori Durian?Perlu Dihindari Konsumsinya saat Diet, Berapa Kalori Durian?

Halodoc, Jakarta – Durian merupakan buah eksotis dengan bau dan rasa yang khas. Tidak banyak orang yang menyukai buah berduri ini, bahkan dari mencium baunya saja sudah menjauh.

Di samping itu, makanan ini juga tidak cocok untuk dikonsumsi seseorang yang sedang dalam program diet, sebab kalori yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Coba bayangkan jika kamu makan satu buah durian sendirian, berapa banyak pertambahan berat yang didapatkan.

Jumlah Kalori Durian yang Tinggi, Tidak Cocok untuk yang Sedang Diet

Satu buah durian utuh mengandung sekitar 900 hingga 1500 kalori, bergantung dari sebesar besar ukurannya. Rata-rata durian dengan berat 1 kg, kandungan kalorinya bisa mencapai 1.350. FYI, angka tersebut merupakan batas kalori seseorang yang dipenuhi selama sehari.

Untuk daging buah yang berukuran kecil dengan berat sekitar 40 hingga 50 gram, mengandung rataan 56 kalori dan disertai 1,4 gram lemak. Pada biji yang besar dengan berat 80 gram mengandung sekitar dua kali lipat dari sebelumnya, sebesar 113 kalori dengan 2,8 gram lemak.

Seseorang yang memang sangat menyukai buah ini, makan satu buah saja masih terasa kurang. Coba bayangkan jika makan 3 buah durian dalam sekali makan, kalori yang didapatkan bisa sampai 4000, lho.

Maka dari itu, setiap orang perlu membatasi banyaknya konsumsi durian agar kalori yang diterima tubuh tidak terlalu banyak. Hal ini perlu diperhatikan, baik untuk seseorang yang sedang diet atau tidak.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Durian?

Namun, Durian Termasuk Buah yang Kaya Gizi

Jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah durian. Sebab, buah berduri ini termasuk salah satu yang paling bergizi dibandingkan kebanyakan buah lainnya.

Pada satu cangkir durian atau setara 243 gram, nutrisi yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Kalori: 357
  • Karbohidrat: 66 gram
  • Lemak: 13 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 9 gram

Lalu, nutrisi lainnya juga dapat memenuhi kebutuhan harian pada tubuh, seperti:

  • Vitamin C yang memenuhi 80% dari kebutuhan harian.
  • Tiamin yang memenuhi 61% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6 yang memenuhi 38% dari kebutuhan harian.
  • Mangan yang memenuhi 39% dari kebutuhan harian.
  • Tembaga yang memenuhi 25% dari kebutuhan harian.
  • Kalium yang memenuhi 30% dari kebutuhan harian.
  • Riboflavin yang memenuhi 29% dari kebutuhan harian.
  • Magnesium yang memenuhi 18% dari kebutuhan harian.
  • Folat yang memenuhi 22% dari kebutuhan harian.
  • Niacin yang memenuhi 13% dari kebutuhan harian.

Bahkan, ada berbagai nutrisi yang jarang didapatkan pada buah-buahan lainnya, seperti antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Berbagai nutrisi tersebut dapat berguna sebagai antioksidan.

Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi buah durian, ada baiknya untuk memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Cara paling mudahnya adalah dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sehingga, berbagai nutrisi yang menyehatkan bisa didapatkan tanpa menambah berat badan.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait besaran kalori dari durian, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa membuat kamu berinteraksi dengan ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca Juga: Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mount Alvernia Hospital. Diakses pada 2022. DURIANS – Are They Good for Me?
Healthline. Diakses pada 2022. Durian Fruit: Potent smell but Incredibly Nutritious.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan