Perlu Ketahui Gejala Radang Tenggorokan Akut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Januari 2022

Radang tenggorokan merupakan kondisi yang umum dialami, dan tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Pasalnya, kondisi ini dapat membaik dalam waktu beberapa hari dengan langkah penanganan yang tepat.”

Perlu Ketahui Gejala Radang Tenggorokan AkutPerlu Ketahui Gejala Radang Tenggorokan Akut

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan atau yang bisa juga disebut dengan faringitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Di kondisi ini pengobatan menggunakan antibiotik diperlukan untuk mencegah komplikasi. 

Jika penyebabnya lebih parah, radang tenggorokan kemungkinan besar memerlukan perawatan yang lebih kompleks. Gejala radang tenggorokan sendiri ditandai dengan beberapa kondisi berikut:

1. Sakit Tenggorokan

2. Kemerahan di Bagian Belakang Mulut

3. Bau Mulut Tidak Sedap

4. Batuk Ringan

5. Pembengkakan Kelenjar pada Leher

Kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan berlebihan, karena dengan penanganan yang tepat penyakit dapat sembuh dalam beberapa hari. Tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gejalanya, ya!

Setelah proses pengobatan berlangsung, kamu dapat melakukan sejumlah langkah berikut ini untuk menunjang pengobatan yang dilakukan:

  • Banyak istirahat dengan mencukupi waktu tidur.
  • Konsumsi banyak cairan untuk menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Jangan konsumsi kafein dan alkohol.
  • Berkumur dengan larutan air hangat dan garam. Ulangi beberapa kali sehari. Hal ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab penyakit.
  • Gunakan humidifier untuk melembabkan udara di ruangan. Pastikan untuk membersihkannya secara teratur agar tidak menjadi sarang jamur atau bakteri.
  • Konsumsi permen pelega tenggorokan.
  • Hindari bahan iritan dengan menjauhkan rumah dari asap rokok dan produk pembersih yang dapat mengiritasi tenggorokan.

Itulah gejala radang tenggorokan beserta langkah perawatan rumahan yang dapat dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui info menarik lain seputar kesehatan, jangan lupa untuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2022. Sore throat.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Sore throat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan