• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 8 Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Baru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 8 Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Baru

Perlu Tahu, Ini 8 Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Baru

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juni 2022

“Merasa stres saat menjadi ibu baru merupakan hal yang sangat normal, dan siapa pun mungkin akan mengalaminya. Namun, ibu bisa mengatasi stres dengan memprioritaskan tidur, mengonsumsi makanan sehat, hingga menjaga kebersihan diri.”

Perlu Tahu, Ini 8 Cara Mengatasi Stres untuk Ibu BaruPerlu Tahu, Ini 8 Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Baru

Halodoc, Jakarta – Menjadi ibu muda atau ibu baru tentu menjadi hal yang cukup menantang. Bahkan meski ibu sudah mengikuti kelas-kelas menjadi ibu baru, hal tersebut belum bisa benar-benar dapat dipahami sampai ibu mengalaminya sendiri. Wajar jika merasa kewalahan hingga stres sebagai ibu baru. 

Itulah pentingnya untuk bisa menjaga diri sendiri ditengah pengasuhan agar bisa mengatasi stres. Mengelola stres justru diperlukan agar pengasuhan anak bisa berjalan lebih positif. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan keluarga, teman, dan dokter anak saat stress sedang melanda.

Nah, pertanyaannya bagaimana sih cara mengatasi stres untuk ibu baru?

Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Baru

Merasa stres saat menjadi ibu baru merupakan hal yang sangat normal.  Namun, bila kondisi ini dibiarkan tanpa terkontrol, maka tentunya stres tersebut bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik ibu. Nah, berikut cara mengatasi stres untuk ibu baru yang bisa kamu coba.

  1. Dapatkan Cukup Tidur

Ibu baru sangat direkomendasikan untuk beristirahat sebanyak yang ibu bisa, di mana pun dan kapan pun ibu bisa. Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, cobalah tidurlah saat bayi tertidur.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan tepat waktu  akan memberikan tubuh lebih banyak energi. Cobalah untuk menghindari minuman berkafein. Sebaliknya, konsumsi makanan bernutrisi dan minum banyak air putih.

  1. Berolahraga

Mungkin ibu tidak punya cukup waktu untuk melakukan olahraga yang lama. Namun, ibu tetap bisa memodifikasi olahraga dalam kegiatan lain. Misalnya mengajak bayi jalan-jalan dengan stroller. Berjalan kaki di pagi dan sore hari pun cukup sebagai aktivitas fisik yang meredakan stres.

  1. Terima Bantuan

Jika suami, orangtua, atau kerabat dekat lainnya menawarkan bantuan untuk bergantian mengurus anak, tidak ada salahnya untuk menerimanya. Hal tersebut bisa mengatasi stres sejenak, lo.

  1. Curahkan Perasaan

Curhat atau bercerita tentang masalah yang dihadapi sehari-hari dengan suami, orangtua, atau sahabat dipercaya dapat meredam rasa stres. Masalah bisa berkurang dan ibu pun bisa jadi lebih tenang dan bahagia.

  1. Banyaklah Tertawa

Cara mengatasi stres selanjutnya yaitu dengan tertawa. Cobalah dengan menonton film atau tontonan komedi. Selain bisa meredakan stres, tertawa juga bisa jiwa awet muda, lo.

  1. Merawat Kebersihan Diri

Mandi, berpakaian, dan keluar setiap hari merupakan kegiatan yang sederhana. Namun,  rutinitas ini bisa terlewatkan saat bayi baru lahir. Perlu dipahami, kebersihan diri sangat penting untuk kesehatan. Jadi ibu baru jangan sampai melewatkan waktu untuk mandi dan mengganti pakaian setiap hari.

  1. Jadikan Tidur Sebagai Prioritas

Tidur empat jam berturut-turut merupakan kunci kesejahteraan hidup. Setidaknya durasi tersebut cukup sebagai ibu baru. Hanya saja mendapatkan tidur yang cukup bisa jadi sulit bagi ibu menyusui. Namun, jika bisa bekerja sama dengan suami, ibu bisa tidur nyenyak sejenak.

Ketahui Tanda-tanda Stres saat Jadi Ibu Baru

Perlu dipahami, tidak ada yang salah jika ibu merasa kewalahan dan lelah. Setiap ibu baru pasti akan merasakannya. Jika ibu merasa kewalahan oleh stres mengasuh anak, terlebih tidak dapat menemukan rasa gembira dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya segera cari bantuan profesional.

Depresi pasca persalinan atau baby blues merupakan hal yang umum terjadi. Menurut penelitian, sebanyak 19 persen ibu baru mengalami depresi setelah melahirkan. Depresi pasca persalinan dapat muncul hingga satu tahun setelah bayi lahir. Jadi sebaiknya hindari menutup kemungkinan dari berbagai masalah kesehatan mental.

Meskipun ibu mendapatkan peran baru yang penting dalam hidup, tetap jangan lupakan siapa diri ibu sebelum memiliki bayi. Sering-seringlah bergantian mengurus Si Kecil dengan pasangan, orangtua, saudara kandung, atau kerabat terpercaya. Dijamin hal ini akan meringankan beban yang dimiliki ibu saat menjadi ibu baru. 

Itulah yang perlu ibu ketahui mengenai cara mengatasi stres sebagai ibu baru. Jika ibu membutuhkan bantuan profesional terkait stres pasca persalinan, segera tanya psikolog di aplikasi Halodoc. Tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2022. 8 Things to Do When You’re Overwhelmed as a New Mom
Baby Center. Diakses pada 2022. New-mum stress and how to cope with it
Healthy Children. Diakses pada 2022. How to Cope With Challenges of Being a New Parent