Perlu Tahu, Ini yang Dimaksud dengan 4 Stadium Kanker

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Februari 2023

“Stadium kanker merupakan hasil pemeriksaan yang digunakan untuk memastikan kondisi sel abnormal pada tubuh. Dengan mengetahui stadium kanker, maka pengidapnya bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan kondisinya.”

Perlu Tahu, Ini yang Dimaksud dengan 4 Stadium KankerPerlu Tahu, Ini yang Dimaksud dengan 4 Stadium Kanker

Halodoc, Jakarta – Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada pengidapnya. Penyakit ini memiliki beberapa tahapan yang menunjukkan tingkat keparahan penyakit. Tahapan ini dikenal juga sebagai stadium kanker.

Dengan mengetahui stadium kanker yang kamu alami, maka perawatan dan pengobatan dapat dilakukan dengan tepat. Hal ini membuat perkembangan dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dapat dicegah.

Sebaiknya ketahui penjelasan mengenai kondisi pada masing-masing tahapan penyakit kanker. Lakukan pengobatan dan perawatan secara tepat agar kualitas hidupmu menjadi lebih baik.

Penjelasan Mengenai Stadium Kanker

Kanker adalah penyakit akibat munculnya sel abnormal yang tidak terkendali pada salah satu bagian tubuh atau jaringan. Meskipun berbahaya, jika dideteksi sejak dini, pengidapnya bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan dengan tepat. Tujuannya untuk memperlambat perkembangan, hingga mengatasi pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi kanker bisa dilakukan sehingga kamu akan mengetahui stadium kanker yang terjadi. Stadium kanker merupakan hasil pemeriksaan yang akan digunakan untuk memastikan jenis perawatan dan pengobatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.

Ada empat stadium dalam penyakit kanker. Berikut penjelasan mengenai masing-masing stadium kanker, seperti:

1. Stadium pertama

Pada tahap ini biasanya sel kanker masih terlokalisasi di area yang kecil. Sel kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan yang lain.

2. Stadium kedua

Saat memasuki stadium kedua, sel kanker biasanya sudah berukuran lebih besar dibandingkan stadium pertama. Pada tahap ini, sel kanker juga belum menyebar. Namun, membutuhkan perawatan dan pengobatan yang lebih intens dibandingkan stadium pertama karena berisiko mengalami penyebaran.

3. Stadium ketiga

Sel kanker telah berkembang dan bertumbuh menjadi lebih besar. Pada tahap ini, sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan yang paling dekat dengan munculnya sel kanker.

4. Stadium empat

Ini adalah tahap yang paling berbahaya untuk penyakit kanker. Biasanya, sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan jaringan lainnya dalam tubuh. Bahkan, sel kanker juga bisa menyebar pada organ lain yang ada di dalam tubuh.

Lakukan Pemeriksaan untuk Mendeteksi Sejak Dini

Kenalilah gejala awal penyakit kanker agar kamu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah perkembangannya, seperti:

  • Kelelahan tanpa alasan yang jelas.
  • Munculnya benjolan atau perubahan kulit.
  • Mengalami penurunan berat badan drastis.
  • Batuk kronis hingga kesulitan bernapas.
  • Kesulitan menelan.
  • Tubuh yang merasa tidak nyaman terus menerus.
  • Sering demam dan berkeringat pada malam hari.

Itulah beberapa keluhan kesehatan yang perlu kamu waspadai sebagai gejala awal dari kanker. Segera buat janji medis menggunakan Halodoc di rumah sakit pilihan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Pemeriksaan fisik

Dokter akan memastikan benjolan atau perubahan kulit yang terjadi. Selama pemeriksaan fisik, dokter juga akan memastikan adanya pembengkakan atau pembesaran organ yang mengalami pertumbuhan sel abnormal, sebagai salah satu indikasi perkembangan kanker.

2. Pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan ini meliputi tes urine dan darah yang bisa membantu mendeteksi kelainan akibat kanker. Misalnya seperti pada pengidap leukimia, tes darah digunakan untuk menghitung jumlah sel darah putih yang abnormal.

3. Tes pencitraan

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kondisi organ dalam yang menjadi penyebab keluhan kesehatan. Tes pencitraan bisa dilakukan dengan computerized tomography scan (CT Scan), pemindaian tulang, magnetic resonance imaging (MRI), positron emission tomography (PET), ultrasonografi, dan pemindaian menggunakan sinar-x.

4. Biopsi

Biopsi merupakan tindakan untuk mengambil sampel jaringan yang akan mengalami pemeriksaan lanjutan pada laboratorium. 

Mendeteksi kanker sedini mungkin menjadi hal yang perlu dilakukan agar pengobatan dan perawatan lebih mudah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan olahraga teratur. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Cancer.
NHS. Diakses pada 2023. Cancer.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan