• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Lingkar Perut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Lingkar Perut

Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Lingkar Perut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 16 Maret 2021
Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Lingkar Perut

Halodoc, Jakarta – Aktif secara fisik dapat berdampak besar pada lemak perut. Olahraga membantu membakar kalori berlebih, termasuk lemak perut, sehingga bisa mengecilkan lingkar perut. Selain itu, olahraga juga bisa membantu membakar lemak perut karena menurunkan kadar insulin yang bersirkulasi, yang mengurangi kecenderungan tubuh untuk menahan lemak. Lantas, apa sajakah pilihan olahraga untuk mengecilkan lingkar perut?

Baca juga: Super Sibuk? Ini 7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

1. Lari

Berlari dapat membakar kalori yang pada akhirnya berdampak pada mengecilkan perut. Berapa banyak yang akan kamu bakar, itu tergantung pada berat badan dan kecepatan lari. Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, dalam 60 menit, orang dengan berat 70 kilogram membakar 670 kalori dengan berlari dengan kecepatan 5,2 mil per jam dan 1.078 kalori berlari dengan kecepatan 8,6 mil per jam.

2. Tinju dan Kickboxing

Tinju dan kickboxing tidak hanya membuat kamu terlihat gagah, tetapi juga membakar banyak kalori. Mengikuti kelas kickboxing, sparring dapat membantu membakar kalori sebanyak 720 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kilogram. 

3. Bersepeda

Mengayuh santai di sekitar lingkungan tidak akan banyak membantu mengecilkan lingkar pinggang. Meski demikian, bersepeda dengan kecepatan tinggi di medan yang bervariasi akan membantu menurunkan berat badan. 

Menurut Harvard Medical School, orang dengan berat 70 kilogram dapat membakar 632 kalori bila bersepeda gunung selama satu jam dan 744 kalori bila bersepeda dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam. Semakin cepat kamu mengayuh sepeda dan melewati perbukitan, maka semakin berdampak pada mengecilnya lingkar perut.

Baca juga: Sakit Pinggang setelah Olahraga, Ini Cara Mengatasinya

4. Bola Basket

Aksi nonstop dari permainan bola basket bisa membantu kamu mengeluarkan keringat dan menurunkan berat badan. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh University of Rochester Medical Center, orang dengan berat 70 kilogram dapat membakar sekitar 576 kalori dalam satu jam permainan basket.

Menjaga Pola Makan Sehat

Sebenarnya mengecilkan lingkar perut tidak hanya bergantung pada pilihan olahraga, tetapi juga pola makan sehat. Salah satu yang direkomendasikan adalah mengonsumsi lebih banyak protein. Nah, protein sendiri membantu menghilangkan lemak dengan beberapa cara. 

Diet tinggi protein meningkatkan perasaan kenyang dan jumlah kalori yang dibakar selama proses pencernaan. Protein juga membantu mencegah kehilangan otot selama periode penurunan berat badan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan 2-3 kali lebih banyak protein per hari dapat membantu atlet mempertahankan lebih banyak otot sambil menghilangkan lemak. 

Mengukur porsi makan juga dapat membantu kamu membatasi asupan makan secara signifikan. Minum cairan sebelum makan, baik itu sup atau air, dapat membantu mengonsumsi hingga 22 persen lebih sedikit kalori saat makan.

Mengunyah makan pelan-pelan dapat membantu merasa kenyang dibandingkan dengan orang yang makan dengan cepat. Makan perlahan dapat membantu kamu mengurangi asupan kalori tanpa merasa lapar. Usahakan untuk mengambil waktu setidaknya 20 menit untuk setiap kali makan.

Baca juga: 5 Jenis Gerakan untuk Menguatkan Otot Kaki

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24 persen. Tingkat stres yang tinggi meningkatkan kadar kortisol, yang mendorong keinginan untuk makan. Stres mental dan fisik juga dapat mencegah kenaikan berat badan dan pada akhirnya berdampak pada mengecilnya perut.

Begitulah pilihan olahraga untuk mengecilkan lingkar perut dan perubahan gaya hidup yang dapat memengaruhinya. Nah, informasi selengkapnya mengenai hidup sehat lainnya bisa ditanyakan langsung pada dokter melalui Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Live Healthy. Diakses pada 2021. Top 10 Sports to Lose Belly Fat.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Science-Based Ways for Athletes to Lose Weight.