• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Terkena Kolesterol Tinggi

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Terkena Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Terkena Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi dikenal sebagai faktor yang berperan besar dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Itulah penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Obat-obatan juga dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol. Namun, menerapkan gaya hidup sehat baik karena membantu kamu mengurangi kadar kolesterol tinggi secara alami, serta meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. Jika kamu sudah minum obat, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga meningkatkan efek penurun kolesterol.

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

Berikut pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol tinggi:

1.Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Ada beberapa perubahan dalam pola makan untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung:

  • Kurangi Asupan Lemak Jenuh

Lemak jenuh yang biasanya bisa ditemukan dalam daging merah dan produk susu full fat, dapat meningkatkan total kolesterol dalam tubuh kamu. Karena itu, kurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh agar kadar kolesterol “jahat” atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh dapat berkurang.

Baca juga: Ini 3 Jenis Kolesterol yang Mesti Diwaspadai

  • Kurangi Lemak Trans

Selain lemak jenuh, asupan lemak trans juga perlu dikurangi, karena meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Kandungan lemak trans kadang-kadang tercantung pada label makanan sebagai “minyak nabati terhidrogenasi parsial”, yang sering ditemukan dalam margarin, kue-kue dan biskuit yang dijual di toko-toko.

  • Makan Makanan yang Kaya Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kadar LDL, malah mereka dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, yaitu ikan salmon, mackerel, herring, dan kenari.

  • Tingkatkan Asupan Serat Larut

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah kamu. Kamu bisa menemukan nutrisi ini dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel dan pir.

  • Tambahkan Protein Whey

Penelitian menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen dapat menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total, serta tekanan darah.

2.Berolahraga Secara Rutin dan Tingkatkan Aktivitas Fisik

Olahraga memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk memperbaiki kadar kolesterol. Sedangkan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol “baik”. 

Maka dari itu, rutin berolahraga setidaknya 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu atau lakukan senam aerobik selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Menambah aktivitas fisik, bahkan dalam interval pendek beberapa kali sehari, juga dapat membantu menurunkan berat badan. Cobalah melakukan aktivitas berikut:

  • Jalan cepat setiap hari pada jam makan siang.
  • Ke kantor dengan mengendarai sepeda.
  • Lakukan olahraga favorit.

Agar kamu tetap termotivasi, kamu bisa mencari teman olahraga atau bergabung dengan komunitas olahraga.

3.Berhenti Merokok

Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan baik untuk kesehatan jantung. Manfaat tersebut bisa kamu rasakan dengan cepat:

  • Dalam 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung kamu akan pulih dari lonjakan yang disebabkan oleh rokok.
  • Dalam tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru kamu akan mulai membaik.
  • Dalam setahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung kamu menurun setengah dari risiko perokok.

4.Menurunkan Berat Badan

Pertambahan berat badan hanya beberapa kilogram saja dapat berkontribusi pada kolesterol tinggi. Jadi, buatlah perubahan kecil secara bertahap untuk menurunkan berat badan, seperti mengurangi minuman manis dan mencari cara untuk lebih banyak bergerak dalam rutinitas sehari-hari. 

5.Batasi Konsumsi Alkohol

Bila kamu minum alkohol, cobalah untuk mulai membatasinya dalam jumlah sedang. Pasalnya, terlalu banyak alkohol menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

Kamu juga bisa bertanya lebih lanjut mengenai cara-cara untuk mencegah kolesterol tinggi pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, yuk download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu sehari-hari.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Top 5 lifestyle changes to improve your cholesterol.