• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Posisi Tidur yang Tepat untuk Pengidap Vertigo

Posisi Tidur yang Tepat untuk Pengidap Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Posisi Tidur yang Tepat untuk Pengidap Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo lebih berisiko terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi, bukan berarti usia lebih muda terbilang aman dari masalah kesehatan ini. Vertigo ditandai dengan rasa sakit kepala yang seperti berputar, membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan rentan terjatuh. Bagi pengidap vertigo, tidur menjadi tantangan tersendiri, karena sering kali, gejala justru terjadi ketika tidur. 

Vertigo sendiri sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu kondisi masalah kesehatan. Biasanya, vertigo terjadi ketika kamu mengalami gangguan pada telinga bagian dalam. Kondisi lain yang ditandai dengan vertigo, seperti penyakit meniere, infeksi karena virus, hingga tumor otak dan stroke. Selain sakit kepala yang seperti berputar, vertigo juga diikuti dengan gejala, misalnya mual, muntah, mudah berkeringat, dan tinnitus. 

Posisi Tidur Pengidap Vertigo

Vertigo sering kali membuat pengidapnya mengalami kesulitan tidur. Sayangnya, kurang tidur akan membuat gejala vertigo semakin memburuk. Sementara itu, posisi tidur yang kurang tepat justru akan memicu terjadinya gejala vertigo, dan ini juga berlaku bagi orang-orang yang belum pernah mengalaminya sekalipun. 

Baca juga: Ketahui Bahaya yang Disebabkan Oleh Vertigo

Kamu mungkin mendapati bahwa berbaring dalam posisi miring akan membuat gejala vertigo memburuk. Jadi, berbaring pada posisi tersebut mungkin tidak disarankan. Kamu bisa mencoba berbaring dengan posisi telentang atau telungkup dan merasakan apakah ada dampak dari posisi tersebut terhadap gejala vertigo. Sebenarnya, tidak ada posisi yang terbaik, kamu hanya bisa mencoba berbagai posisi berbaring dan mengetahui dampaknya.

Hal penting yang tidak boleh kamu lupakan adalah posisi kepala. Posisi kepala haruslah strategis, harus berada pada sudut yang mencegah terjadinya tekanan dari penumpukan cairan atau pengendapan kotoran pada telinga bagian dalam. Jika kamu tidur hanya dengan menggunakan satu bantal, cobalah gunakan dua bantal untuk penyangga kepala yang lebih baik. Atau bisa juga menggunakan bantal bepergian untuk menyangga kepala. 

Baca juga: Vertigo Bukan Penyakit tetapi Gejala dari Gangguan Kesehatan

Tips Tidur Lebih Nyaman untuk Pengidap Vertigo

Nah, agar tidur malam lebih nyaman meski memiliki riwayat vertigo, kamu bisa menjalani beberapa tips sebelum tidur berikut ini.

  • Hindari mengonsumsi makanan pedas dan panas, karena bisa mengganggu proses metabolisme sehingga kamu akan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Beberapa jam sebelum tidur, kamu bisa memilih makanan yang cukup ringan. 
  • Hindari melihat layar dengan pencahayaan terlalu terang sementara lampu diredupkan. Cahaya dari layar televisi maupun telepon genggam akan menunda terbentuknya melatonin, yaitu hormon yang membantu agar kamu tertidur. Alih-alih melihat layar ponsel, cobalah untuk membaca buku. 
  • Hindari konsumsi kafein. Selain membuat kamu sulit tidur, kafein juga membuat kamu merasa mulas. Pun, sifat diuretik dari kafein akan membuat kamu selalu ingin buang air kecil pada tengah malam. 
  • Berlatih pernapasan dan meditasi. Kedua latihan ini bisa membuat kamu lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak. Kamu bisa melakukan latihan pernapasan pola 6-7-8 yang katanya bisa membuat kamu tertidur hanya dalam waktu 1 menit. Caranya, tarik napas melalui hidung selama 4 hitungan. Tahan napas selama 7 hitungan, dan buang napas sepenuhnya dengan suara mendesing selama 8 hitungan.

Baca juga: Tiba-Tiba Vertigo, Ini Cara Cepat Mengatasinya

Teknik pernapasan dalam ini membantu mengoksidasi darah dan menghasilkan efek relaksasi yang bisa membuat kamu tidur lebih cepat. Tidak hanya itu, meditasi juga bermanfaat untuk relaksasi pikiran apabila kamu baru saja menjalani hari-hari yang berat. Latihan ini akan mengurangi stres dan kecemasan berlebihan jika dilakukan secara rutin.

Namun, jika vertigo yang kamu alami tidak kunjung membaik hingga membuat kamu sulit tidur, tanyakan langsung bagaimana penanganan yang tepat pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu pun bisa buat janji melalui aplikasi Halodoc jika ingin berobat di rumah sakit terdekat sehingga tak perlu lagi mengantre. 



Referensi:
Sleep Advisor. Diakses pada 2020. How To Deal With Vertigo At Night While Sleeping.
Neuroworks Chiropractic Clinic. Diakses pada 2020. Sleeping Positions that can Combat Vertigo.