4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   29 April 2021
4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ternyata menahan lapar dan haus selama berjam-jam saat puasa bisa bermanfaat bagi kondisi kesehatan tubuh. Puasa sudah lama terbukti bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan, puasa disebut bisa memberi dampak baik secara psikis

Orang yang menjalankan puasa disebut lebih mampu dalam mengatasi stres dan depresi. itu merupakan dampak dari “belajar mengendalikan diri” selama berpuasa. Selain itu, berpuasa juga bisa memberi manfaat sehat lain untuk tubuh. Simak selengkapnya manfaat puasa untuk kesehatan di sini!

Tidak Asal Puasa, tapi Puasa Sehat yang Bermanfaat

Tadi sudah disinggung kalau puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat manfaat tersebut. Pasalnya, puasa yang tidak dilakukan dengan benar malah bisa membawa dampak buruk.

Baca juga: Puasa saat Masih Menyusui, Ikuti Panduan Ini

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami perubahan dan proses adaptasi. Ini berkaitan dengan pentingnya sahur sebelum puasa. Tubuh membutuhkan waktu sedikitnya delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu, yaitu melalui sahur.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi saat makan sahur. Tubuh manusia membutuhkan asupan berupa karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral, serta gula sebagai sumber energi utama. Jangan lupa, penuhi juga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi cukup air putih saat sahur.

Kalau sahurmu sudah oke begitupun menu sahurnya, selanjutnya kamu bisa mendapatkan manfaat dari berpuasa yaitu:

1. Menyehatkan jantung 

Puasa ternyata sudah dikaitkan dengan kondisi kesehatan organ jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Orang yang berpuasa disebut memiliki jantung yang lebih sehat dibanding yang tidak berpuasa.

Selain itu, puasa juga disebut mampu mengurangi resistensi insulin. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh terkait hal ini.

Baca juga: 6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

2. Menurunkan risiko kanker

Puasa juga disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Itu terjadi karena selama puasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang. Kondisi tersebut dibarengi dengan menurunnya pertumbuhan sel akibat terbatasnya asupan. Namun, ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mengurangi risiko terinfeksi penyakit

Jika diiringi dengan pola makan sehat, puasa bisa membantu menjauhkan berbagai penyakit. Rutin berpuasa dengan benar dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

4. Mendapatkan berat badan ideal

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan. Itu yang kemudian membuat puasa bisa memberi dampak berupa penurunan berat badan. Selain membantu mewujudkan berat badan ideal, penurunan berat badan juga baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Baca juga: Cegah Kelelahan, Ini Cara Olahraga saat Puasa

Namun hati-hati, berat badan bisa kembali naik, bahkan lebih dari sebelumnya jika pola makan tidak dikontrol. Ini bisa terjadi jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan sembarangan saat sahur dan berbuka puasa. Terutama makanan berlemak, manis, goreng-goreng-gorengan yang kerap menjadi menu pembuka sebelum menyantap makanan berat.

Punya masalah kesehatan selama puasa, dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi masalah kesehatanmu. Lewat aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat tanpa harus keluar rumah. Yuk, download sekarang!


Referensi:
Kompas Lifestyle.com. Diakses pada 2021. Hindari Lemas, Ikuti Tips Puasa Sehat Berikut Ini.
Kompas Health. Diakses pada 2021. 13 Tips agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan