• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Puasa dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

Puasa dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat berpuasa, semua muslim wajib untuk tidak makan dan minum selama seharian. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya asupan cairan ke dalam tubuh sehingga menimbulkan dehidrasi. Padahal, kamu mungkin masih harus melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Pada tubuh yang kekurangan cairan, konsentrasi dapat menurun.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk cegah dehidrasi agar semua aktivitas yang dilakukan tidak terganggu. Karena sangat penting untuk menjaga ibadah tetap berjalan tanpa mengganggu pekerjaan yang wajib dilakukan. Berikut beberapa cara untuk cegah dehidrasi saat puasa yang ampuh dilakukan!

Baca juga: Biar Enggak Batal, Ini 4 Cara Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Semua orang tahu apabila tubuh manusia terdiri dari 70 persen cairan, yang artinya jika kekurangan akan terjadi gangguan. Maka dari itu, penting untuk menjaga asupan cairan pada tubuh agar dehidrasi dapat dihindari. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan merasakan pusing, sakit kepala, dan tubuh yang lebih mudah untuk lelah.

Maka dari itu, penting untuk mengatur kebutuhan cairan pada tubuh saat berpuasa. Jangan sampai kamu mengalami produksi air kencing yang menurun dan warnanya gelap. Jika hal tersebut terjadi, dehidrasi sudah terjadi sangat parah. Penting untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Berikut beberapa caranya:

  1. Konsumsi Air Sesuai Kebutuhan Tubuh

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa adalah dengan mengonsumsi air seperti saat normal dengan pengaturan waktu yang tepat. Kamu tetap harus mengonsumsi 8 gelas air per harinya atau setara 2,5 liter. Cara yang dapat dilakukan adalah aturan 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, serta 2 gelas sebelum tidur. 

Selain itu, mengonsumsi air hangat akan lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dengan air dingin. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi sup saat berbuka sebagai sumber cairan terbaik. Sebagai pelengkap, buah dan sayuran juga dapat dikonsumsi agar cairan tubuh terjaga. Dengan begitu, dehidrasi dapat dihindari dari menyebabkan gangguan.

Baca juga: Rentan Terjadi Saat Puasa, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

  1. Hindari Konsumsi Rempah-Rempah dan Garam

Cara menghindari dehidrasi saat puasa lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari atau mengurangi konsumsi rempah-rempah dan garam saat sahur dan berbuka. Kedua bumbu makanan tersebut dapat membuat kebutuhan tubuh terhadap air meningkat. Maka dari itu, seseorang yang banyak mengonsumsi garam dan rempah-rempah lebih mudah untuk haus.

  1. Hindari Minuman Berkafein

Seseorang yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh, dapat membuat orang lebih mudah untuk buang air kecil. Hal tersebut karena kandungan kafein memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin dan membuang garam serta air di dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi karena banyak air yang keluar dari tubuh. Dengan begitu, lebih baik agar mengonsumsi air putih dibandingkan kopi atau teh.

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa agar semua aktivitas yang dilakukan tidak terganggu. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan ibadah yang dilakukan tidak terganggu, begitu pula dengan aktivitas sehari-hari. Kamu juga dapat melakukan kebiasaan baik tersebut bahkan setelah bulan puasa agar tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: Dehidrasi Saat Puasa, Berbahayakah?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara mencegah terjadinya dehidrasi saat berpuasa. Dengan bertanya pada ahli medis profesional, kamu tidak perlu ragu akan jawabannya. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari.

Referensi:
Hamad. Diakses pada 2020. Fasting and the risk of dehydration during Ramadan.
The Star. Diakses pada 2020. 5 ways to avoid dehydration during Ramadan.