• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ragam Buah-buahan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Ragam Buah-buahan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ingin mendapatkan manfaat dari konsumsi buah-buahan? Kuncinya adalah makan berbagai jenis untuk menjaga tubuh bebas dari racun mendapat manfaat kesehatan dalam hal detoksifikasi.

Diabetes adalah gangguan kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin atau ketika sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Pengidap diabetes kerap bingung ketika dihadapkan pada pilihan  untuk mengonsumsi buah-buahan. Lantas, ragam buah seperti apa yang baik untuk pengidap diabetes? 

Kuncinya adalah Makan secara Moderat

Jangan makan secara berlebihan adalah aturan mengonsumsi buah-buahan bagi pengidap diabetes. Selalulah makan buah-buahan yang segar, memiliki indeks glikemik rendah, tidak dimakan sebagai makanan utama melakukan camilan, walaupun mengonsumsi buah dengan indeks glikemik tinggi harus dimakan hanya dalam jumlah sedang.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Makan Buah?

Makan buah-buahan dengan beberapa kacang-kacangan dan zaitun untuk menyeimbangkan glikemik. Jangan pernah mengonsumsi jus buah karena serat yang tergerus dan akan meningkatkan kadar gula darah. Pengidap diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah yang diolah, selalulah memakan buah mentah untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut ini ragam buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap diabetes:

  1. Anggur

Resveratrol, fitokimia yang ditemukan dalam anggur, memodulasi respons glukosa darah dengan memengaruhi cara tubuh mengeluarkan dan menggunakan insulin. Oleh karena itu, anggur adalah pilihan yang baik mengingat profil gizi yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah ini.

  1. Apel

Pengidap diabetes bebas memakan apel. Bahkan, apel bisa dikonsumsi bersamaan dengan blueberry dan anggur yang disinyalir bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  1. Blueberry

Blueberry mengandung anthocyanin, sejenis flavonoid, yang dikenal dapat menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: Kenali Ragam Menu Sarapan Sehat untuk Diet

  1. Stroberi

Stroberi memiliki indeks glikemik rendah sehingga perlahan-lahan dilepaskan dalam aliran darah sebagai glukosa. Ini juga dapat meningkatkan kekebalan, memiliki kemampuan melawan kanker, dan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu kamu menurunkan berat badan.

  1. Jambu Biji

Buah yang bagus untuk pengidap diabetes dengan indeks glikemik rendah. Jambu biji sangat kaya akan serat makanan yang membantu meringankan sembelit (keluhan diabetes pada umumnya), dan dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe-2.

  1. Semangka

Kandungan kalium yang tinggi membuat semangka sebagai salah satu buah terbaik untuk menjaga fungsi ginjal tetap baik, yang pada akhirnya berperan menjaga kadar asam urat dalam darah. 

Buah semangka dapat mencegah kerusakan ginjal terutama jika kamu mengidap a diabetes. Buah ini juga mengandung likopen yang sangat baik untuk pengidap diabetes.

  1. Ceri

Ceri seperti blueberry yang mengandung anthocyanin dan mampu memompa sel produksi insulin sebesar 50 persen.

  1. Pepaya

Antioksidan alami dalam buah pepaya membuat buah ini menjadi pilihan yang bagus untuk pengidap diabetes. Pengidap diabetes rentan terhadap banyak penyakit, termasuk kerusakan jantung atau saraf yang diakibatkan oleh kadar gula darah tidak teratur. Pola makan yang menyertakan pepaya dapat menghambat kerusakan sel di masa depan untuk rentang hidup yang lebih baik dan lebih lama.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai penyakit diabetes, ataupun isu kesehatan lainnya, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. 

Referensi:

Food.NDTV.com. Diakses pada 2020. Fruits for Diabetics: 10 Diabetic Friendly Fruits for Managing Blood Sugar Levels Better.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Fruits for people with diabetes.