• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Ragam Menu Sarapan Sehat untuk Diet

Kenali Ragam Menu Sarapan Sehat untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Diet bukan berarti kamu diharuskan untuk melewatkan beberapa waktu makan, lho. Justru, bagi orang yang sedang dalam program penurunan berat badan, sarapan sehat untuk diet adalah sebuah keharusan. Sarapan juga bisa mencegah kamu makan terlalu banyak di siang hari, sehingga berat badan bisa tetap stabil.

Asalkan kamu memperhatikan nutrisi yang ada dalam menu sarapan sehat kamu. Pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi, agar tubuh bisa berenergi dan merasa kenyang lebih lama. Sebab, kalau kamu salah memilih menu sarapan, yang terjadi bisa-bisa justru kebalikannya. Kamu akan mengantuk, lemas, dan tidak mood menjalani hari.

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

Yuk, Sarapan Sehat!

Sebenarnya, ada cukup banyak pilihan menu sarapan sehat untuk diet yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antaranya:

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi, seperti selenium dan riboflavin. Kandungan tersebut menjadikannya salah satu menu terbaik sarapan sehat untuk diet. Mengonsumsi telur sebagai menu sarapan akan membuat kamu kenyang lebih lama, ketimbang mengonsumsi roti atau nasi.

2. Yoghurt

Tambahkan yoghurt dalam menu sarapan sehat untuk diet kamu, karena kandungan proteinnya cukup tinggi. Dalam sebuah penelitian terhadap 20 wanita yang mengonsumsi yoghurt untuk sarapan, rasa lapar mereka berkurang dan keinginan mengonsumsi camilan manis seperti cokelat turun drastis. Selain itu, mengonsumsi yoghurt dalam sepekan juga membantu kamu untuk punya risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Sebagai variasi, kamu juga bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan atau chia seeds.

Baca juga: Kebiasaan Melewatkan Sarapan Bisa Sebabkan Obesitas

3. Smoothies

Smoothies bisa dibilang merupakan cara cepat untuk mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi sekaligus. Hal ini karena smoothies terbuat dari berbagai buah, sayur, susu, yoghurt, dan lain-lain. Tidak ada patokan untuk membuatnya, kamu bisa mengatur sendiri apa saja yang ingin kamu masukkan di dalamnya. Namun, pastikan untuk menambahkan buah dan sayur yang rendah kalori, ya. Hindari jenis buah atau bahan lain yang memiliki kadar gula yang tinggi.

4. Kiwi

Buah kiwi juga masuk dalam rekomendasi menu sarapan sehat untuk diet. Hal ini karena kandungan dalam kiwi yang tinggi vitamin C, vitamin K, dan potasium. Artinya, sudah memenuhi kebutuhan serat sebanyak 21 persen dari seluruh kebutuhan harian seseorang. Mengonsumsi kiwi yang tinggi serat saat sarapan juga dapat mengurangi keinginan kamu untuk makan camilan, lho.

5. Berries

Tak hanya tinggi antioksidan, buah berries seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry juga mengandung nutrisi melimpah. Gantilah konsumsi camilan mengandung gula dengan buah berries, termasuk saat sarapan.

Baca juga: Awali Pagimu dengan Menu Sarapan Sehat dan Berenergi

6. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Itulah sebabnya buah ini bisa menjadi alternatif asupan gula dalam menu sarapan sehat untuk diet kamu. Dalam satu buahnya, pisang mengandung 100 kalori, tetapi mengandung 3 gram serat, yang mana mewakili 12 persen dari kebutuhan sehat harian kamu. Dalam diet, mengonsumsi serat dapat membantu proses pencernaan lebih lambat, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

7. Chia Seeds

Meski ukurannya kecil mungil, chia seeds bisa jadi tambahan serat yang sangat baik untuk menu sarapan sehat kamu, lho. Apalagi, biji ini kaya protein, sehingga membantu proses cerna lebih pelan dan mengurangi produksi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. Sebagai variasi menu sarapan, kamu bisa menambahkan chia seeds dalam smoothies atau overnight oats. Chia seeds juga merupakan superfood yang menjadi favorit banyak orang karena tinggi omega-3 dan tidak mengubah rasa makanan lain.

Nah, itulah 7 ragam jenis makanan tinggi nutrisi untuk menu sarapan sehat kamu yang sedang diet. Makanan-makanan tersebut tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mendukung misi kamu untuk mengurangi berat badan. Namun, perlu diingat juga bahwa tak hanya berhenti di sarapan saja. Pastikan semua makanan yang masuk ke tubuh kamu adalah menu-menu yang bernutrisi.

Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menentukan menu sehat untuk diet, kamu bisa bicarakan dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc, yang bisa kamu hubungi kapan dan di mana saja lewat chat. Jadi, jangan lupa download aplikasinya di ponselmu, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 14 Healthy Breakfast Foods That Help You Lose Weight.
The Healthy. Diakses pada 2020. 12 Healthy Breakfast Ideas for Any Weight Loss Plan.