Rahasia Anti-Aging dan Sehat dengan Suplemen

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2023

“Manfaat anti-aging bisa kamu dapatkan dengan konsumsi suplemen. Beberapa di antaranya adalah suplemen vitamin C dan kolagen.”

Rahasia Anti-Aging dan Sehat dengan SuplemenRahasia Anti-Aging dan Sehat dengan Suplemen

Halodoc, Jakarta – Anti-aging adalah perawatan untuk menunda atau menghentikan proses penuaan kulit. Ada banyak perawatan yang membantu memerangi penuaan, termasuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan tertentu yang menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. 

Lantas, apa saja suplemen yang bisa kamu gunakan sebagai perawatan anti-aging? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Usia yang Tepat Menggunakan Produk Kecantikan Anti-aging

Pentingnya Perawatan Anti-Aging agar Kulit Sehat

Melakukan perawatan anti-aging bagaikan sebuah investasi jangka panjang. Itulah sebabnya, kamu perlu memulainya sesegera mungkin, bahkan setelah memasuki usia 20 atau 30an.

Perawatan anti-aging sangat penting bagi orang yang cenderung memiliki kerutan dan garis halus, serta mereka yang memiliki kulit kendur. Meski setiap perawatan bekerja dengan cara yang berbeda, sebagian besarnya bertujuan untuk memulihkan suplai kolagen alami kulit. 

Kolagen adalah protein yang biasa ada dalam jaringan ikat, yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit. Namun, karena proses penuaan alami, persediaan kolagen tubuh cenderung berkurang seiring berjalannya waktu.

Perawatan anti-aging pun ada banyak bentuknya. Bisa dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, menjalani prosedur perawatan di salon kecantikan, atau semudah mengadopsi pola makan sehat dan minum suplemen. 

Baca juga: Benarkah Lidah Buaya Mampu Atasi Penuaan Dini?

Pilih Suplemen yang Tepat untuk Kulit

Menyoal investasi terbaik untuk anti-aging, salah satunya adalah konsumsi suplemen. Sebab, merawat kulit tak hanya bisa kamu lakukan dari luar, melainkan juga dari dalam. Seperti melalui pola makan sehat dan konsumsi suplemen untuk kulit. 

Berikut ini beberapa kandungan dalam suplemen untuk merawat kulit dan memberi efek anti-aging:

  1. Kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan melambat sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat, seperti garis halus dan keriput. Oleh karena itu, memenuhi asupan kolagen dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk kerutan dan kulit kering.

Sebuah studi tentang kolegan pada 2019 di jurnal Nutrients melakukan pengamatan selama 12 minggu pada 72 wanita. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5 gram kolagen per hari secara signifikan meningkatkan hidrasi, kekasaran, dan elastisitas kulit.

  1. Vitamin E

Vitamin E memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan pengaturan peradangan. Suplemen vitamin E juga bisa memberi manfaat anti-aging pada kulit.

Ini juga dapat mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit.

  1. Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Ini juga memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan, pengaturan peradangan, termasuk juga memberi efek anti-aging bagi kulit. 

Inilah sebabnya kamu harus menjaga asupan vitamin ini secara optimal untuk mendukung kesehatan dan melindungi dari kondisi yang berkaitan dengan usia.

Penelitian pada 2021 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients mengungkapkan pentingnya asupan vitamin C untuk kesehatan kulit. Suplemen vitamin ini dapat meningkatkan hidrasi kulit, merangsang produksi kolagen, dan melindungi dari perkembangan kerutan dan penuaan dini akibat paparan sinar matahari.

Konsumsi suplemen vitamin C penting bagi orang dewasa, terutama yang lebih tua, karena lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin ini. Apalagi jika asupan vitamin C tidak bisa terpenuhi dari pola makan sehari-hari. 

Untuk mendapat manfaat anti-aging yang optimal, kamu juga bisa coba suplemen vitamin C yang memiliki kandungan bernama Pureway C, seperti Prove-C dari Kalbe Aesterion. Ini adalah bentuk vitamin C generasi baru yang mengandung metabolit lipid alami dan bioflavonoid. 

Baca juga: 6 Kandungan Skincare yang Harus Ada Agar Awet Muda

Dibandingkan dengan beberapa bentuk vitamin C lainnya, Pureway C memiliki bioavailabilitas yang lebih tinggi. Artinya tubuh menyerapnya lebih cepat dan mempertahankannya dengan lebih baik. 

Studi pada 2007 di jurnal Medical Science Monitor telah menunjukkan bahwa Pureway C diserap pada tingkat 233 persen lebih tinggi, jika dibandingkan dengan bentuk vitamin C lainnya. Pureway C juga lebih unggul dalam fungsi metabolisme di mana vitamin C diketahui memainkan peran penting. 

Secara khusus, Pureway C juga dapat merangsang pertumbuhan neurit, meningkatkan adhesi fibroplast selama penyembuhan luka dan membantu melindungi sistem kekebalan tubuh dari peradangan.

Growth Factor untuk Meningkatkan Regenerasi Sel sebagai Anti-Aging

Perawatan anti-aging bisa dilakukan dengan memanfaatkan growth factor, untuk meregenerasi sel. Growth factor ada banyak jenisnya, salah satunya fibroblast growth factor (FGF) yang telah banyak diteliti perannya dalam perbaikan dan remodeling dermis selama proses anti-aging kulit.

Seperti dibahas dalam studi pada 2019 di jurnal Skin Pharmacology and Physiology. Disebutkan bahwa FGF adalah adalah protein pengatur yang memediasi jalur persinyalan penting dan bekerja pada proses regenerasi dan perbaikan sel.

Jadi, FGF memiliki peran yang relevan dalam terapi anti-aging, karena terkait dengan aktivasi sintesis kolagen dan elastin. Hal ini bertanggung jawab atas ketahanan dan elastisitas kulit, yang berkurang seiring dengan penuaan kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencoba terapi secretome dari Kalbe Aesterion, yang menggunakan protein terlarut yang mengandung growth factor yang complex dan variatif, sehingga mampu bekerja pada semua lapisan kulit.

Beberapa kandungan growth factor dalam secretome adalah:

  • Stromal derived factor 1 (SDF1). Berfungsi untuk meningkatkan migrasi dan proliferasi epidermal stem cell untuk mempercepat regenerasi sel kulit.
  • Vascular endothelial growth factor(VEGF). Merangsang pembentukan pembuluh darah baru, dan perbaikan jaringan yang rusak.
  • Fibroblast growth factor(FGF). Membantu proliferasi dan akumulasi kolagen untuk merangsang pembelahan dan perbaikan sel yang rusak.
  • Pro Collagen 1. Sebagai prekursor kolagen untuk stimulasi migrasi pembentukan sel kulit baru. Protein yang berperan untuk struktur, elastisitas dan kekencangan kulit.
  • Keratinocyte growth factor (KGF). Proliferasi, diferensiasi, migrasi sel epitel untuk memperbaiki sel kulit yang luka, mengurangi kerusakan oksidatif, stimulasi folikel rambut.

Terapi secretome dari Kalbe Aesterion bersumber dari stem cell tali pusat, sehingga memiliki protein unik yang lebih variatif dibandingkan dengan sumber lainnya.

Ini tidak mengandung phenol red, zat iritan berbahaya jika disuntik atau diinhalasi, serta tidak mengandung antibiotik, yang dapat memicu syok anafilaktik, pasien alergi antibiotik, dan superinfeksi.

Itulah pembahasan mengenai rahasia anti-aging dengan suplemen dan terapi growth factor dengan secretome. Jika kamu ingin mendapatkannya, bisa mengunjungi klinik-klinik kecantikan yang sudah bekerja sama dengan Kalbe Aesterion, seperti Erha Clinic, MS Glow, dan lain-lain.

Jika kamu ingin membeli suplemen anti-aging dari Kalbe Aesterion, ada diskon 20k untuk mendapatkan suplemen Noros, Prove-C dan Truxanthin jika membelinya lewat toko kesehatan di Halodoc. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Nutrients. Diakses pada 2022. A Collagen Supplement Improves Skin Hydration, Elasticity, Roughness, and Density: Results of a Randomized, Placebo-Controlled, Blind Study.
Skin Pharmacology and Physiology. Diakses pada 2022. Fibroblast Growth Factors: A Controlling Mechanism of Skin Aging.
Medical Science Monitor. Diakses pada 2022. Absorption Rates And Free Radical Scavenging Values Of Vitamin C-Lipid Metabolites In Human Lymphoblastic Cells.
Healthline. Diakses pada 2022. The 14 Best Anti-Aging Vitamins and Supplements.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Which Anti-Aging Products Work Best, And When Should You Start Using Them?
News-Medical Life Sciences. Diakses pada 2022. What is the Secretome?
Top Doctors UK. Diakses pada 2022. Anti-Aging Treatments.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan