Benarkah Lidah Buaya Mampu Atasi Penuaan Dini?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2022

“Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya mengatasi penuaan dini. Berkat kandungan sterol, tanaman eksotis tersebut mampu mengurangi kerutan.”

Benarkah Lidah Buaya Mampu Atasi Penuaan Dini?Benarkah Lidah Buaya Mampu Atasi Penuaan Dini?

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Karena memiliki kandungan yang menyembuhkan dan melembabkan, sekarang ini tamanan tropis tersebut juga sudah banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Selain itu, banyak orang juga menggunakan lidah buaya untuk membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan dan garis halus. Namun, benarkah lidah buaya ampuh atasi penuaan dini? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Penuaan Dini

Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya bisa mengurangi munculnya kerutan atau keriput. Pada sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Dermatology, para ilmuwan mengukur kerutan dan elastisitas kulit dari 30 wanita sehat yang berusia di atas 45 tahun. 

Selanjutnya, mereka secara acak memberikan suplemen gel lidah buaya kepada setiap peserta. Sebagian wanita menerima dosis rendah (1.200 miligram per hari), dan sebagian lagi menerima dosis tinggi (3.600 miligram per hari). Para wanita tersebut mengonsumsi suplemen gel lidah buaya selama 90 hari. Di akhir penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa kerutan, elastisitas, dan produksi kolagen meningkat pada kedua kelompok.

Sebuah studi tahun 2015 juga melaporkan hasil yang serupa. Dari penelitian yang melibatkan 54 wanita berusia 20-50 tahun, ditemukan hasil bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen lidah buaya, kerutan di wajah mereka membaik secara signifikan.

Menurut para peneliti, manfaat lidah buaya tersebut berkat molekul yang disebut sterol. Molekul ini meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat yang membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Hasilnya, kerutan akan semakin memudar, kulit bertambah kencang dan elastisitas meningkat.

Namun, hal itu bukan berarti bahwa lidah buaya mampu menghilangkan kerutan sepenuhnya. Melainkan mengurangi tampilan kerutan dengan memperbaiki tekstur kulit.

Perlu dicatat juga bahwa beberapa studi di atas berfokus pada lidah buaya yang dikonsumsi secara oral sebagai suplemen. Sementara manfaat lidah buaya dalam bentuk gel pada kulit masih perlu penelitian lebih lanjut.

Selain meningkatkan produksi kolagen, lidah buaya juga mengandung 18 asam amino, seperti vitamin B1, B3, B6, dan C yang membantu melawan radikal bebas penyebab keriput.

Cara Menggunakannya

Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada lidah buaya sebagai suplemen, bukti anekdotal menunjukkan bahwa gel lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi penuaan dini. Hal itu mungkin karena efek pelembab dari gel bisa mengatasi kekeringan, sehingga membuat kerutan menjadi lebih halus.

Kamu bisa membeli produk gel lidah buaya di sebagian besar toko kecantikan atau online. Cara menggunakannya bisa mengikuti sesuai petunjuk pada kemasan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gel lidah buaya langsung dari tanamannya.

Berikut cara menggunakan gel lidah buaya dari tanaman untuk mengatasi penuaan dini:

  • Bersihkan wajah dengan sabun khusus pembersih wajah dan air mengalir, lalu keringkan.
  • Dengan jari yang bersih, oleskan lapisan tipis gel pada wajah.
  • Biarkan di kulit selama 5-10 menit. Jangan sampai terlalu lama, karena malah bisa menyebabkan kekeringan di wajah.
  • Kemudian, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.
  • Gunakan moisturizer seperti biasa.

Itulah penjelasan mengenai manfaat lidah buaya untuk membantu mengatasi penuaan dini. Bila kamu punya masalah kulit yang mengganggu, coba periksakan dirimu ke dokter. Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Can Aloe Vera Help Get Rid of Wrinkles?.
Times of India. Diakses pada 2022. Here’s how aloe vera helps in reducing wrinkles naturally

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan