Rajin Oleskan Body Oil, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Oktober 2022

“Tidak seperti body lotion, body oil biasanya terbuat dari kandungan herbal yang lebih banyak sehingga menyimpan manfaat untuk tubuh. Karena khasiatnya ini, banyak orang rutin menggunakannya. ”

Rajin Oleskan Body Oil, Ini Manfaatnya bagi KesehatanRajin Oleskan Body Oil, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Setiap orang menginginkan kulit yang sehat dan cantik. Banyak produk yang sering dipakai untuk membuat kulit sehat dan cantik. Salah satu produk yang banyak dipakai adalah body oil.

Minyak tubuh memiliki bahan dasar minyak namun produk ini tidak membuat kulit menjadi lengket. Produk ini dirancang mudah meresap ke dalam kulit dan memiliki tekstur ringan. Tidak seperti body lotion, jenis minyak ini biasanya terbuat dari kandungan herbal dan lebih banyak minyak sehingga menyimpan manfaat untuk tubuh.

Manfaat Body Oil bagi Kesehatan 

Karena bahan utamanya minyak, ia dapat menciptakan penghalang fisik pada permukaan kulit untuk mencegah kehilangan air transepidermal. Inilah sebabnya mengapa minyak biasanya muncul sebagai bahan untuk pelembap. Minyak juga dapat berfungsi sebagai emolien, yang berarti pelembut atau penenang.

Selain itu, berikut beberapa manfaat body oil untuk tubuh.

1. Melembapkan Kulit Lebih Lama

Kelembapan kulit akan bertahan lebih lama dengan minyak ini. Hal ini karena sifat minyak yang dapat menunda penguapan udara. Body oil pun hanya menggunakan kandungan minyak alami, sehingga kulit akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Minyak tubuh menyerap ke dalam kulit lebih cepat dan mempertahankan kelembapan lebih lama daripada lotion, yang cepat kering dan menguap. Dengan rutin mengoleskan nya, kulit akan terasa lentur, elastis, dan lembut.

2. Menghilangkan Bekas Luka

Selain dapat melembapkan kulit lebih lama, menggunakan minyak tubuh secara teratur akan membantu menghindari stretch mark, selulit, dan bekas luka. Pilih minyak tubuh yang terbuat dari mawar atau rosehip yang mengandung asam lemak vital konsentrasi tinggi yang mendorong pembaruan jaringan yang sehat. Kamu juga dapat memanfaatkan komponen geranium, yang dapat menjaga kekenyalan kulit.

3. Memiliki Aroma yang Menenangkan

Pilih minyak dengan aroma yang menenangkan, seperti lavender, bergamot, chamomile, atau kenanga, untuk memberikan efek menenangkan. Gunakan minyak di malam hari dan pijat bagian tubuh yang lelah sambil membakar lilin beraroma untuk meningkatkan efek menenangkan. 

Kamu juga dapat melakukan perawatan spa di rumah menggunakan body oil. Aroma minyak ini dapat menenangkan pikiran dan tubuh sehingga akan meningkatkan produktivitas.

4. Mengurangi Nyeri dan Stres

Kulit adalah jaringan terakhir yang menyerap nutrisi karena darah harus terlebih dahulu melewati organ penting seperti otak dan jantung. Radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit juga dihasilkan oleh stres di dalam tubuh. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakannya untuk memijat tubuh. 

Karena body oil dapat mencegah terjadinya gesekan abrasif pada kulit, maka ini membuat aktivitas pijat menjadi lebih nyaman. Kamu akan merasa lebih nyaman karena panas yang dihasilkan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

5. Menyehatkan Rambut

Minyak tubuh juga sering digunakan untuk memulihkan dan memperbaiki rambut yang rusak karena kandungan alaminya. Hanya beberapa tetes minyak tubuh ke rambut, ini akan menutrisi dan melindunginya dari polusi dan debu. Selain itu, kamu dapat menggunakan minyak tubuh untuk melembutkan rambut kering agar tidak rontok.

Itulah pembahasan mengenai manfaat body oil untuk kesehatan. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Beauty Answered. Diakses pada 2022. What is Body Oil?
Healthline. Diakses pada 2022. Body Oil vs Body Lotion.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan