Resep Ayam Goreng Kecombrang Simpel untuk Menu Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juli 2023

“Mudah dan bisa jadi lauk makan sekeluarga, resep ayam goreng kecombrang ini layak kamu coba. Bahan-bahannya simpel dan tentunya anti gagal.”

Resep Ayam Goreng Kecombrang Simpel untuk Menu KeluargaResep Ayam Goreng Kecombrang Simpel untuk Menu Keluarga

Halodoc, Jakarta – Resep ayam kecombrang adalah pilihan yang sempurna, jika kamu bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja. Paduan ayam yang gurih, dengan sentuhan aromatik dari bunga kecombrang, bisa jadi menu yang bikin santap keluarga makin lahap. 

Bunga kecombrang atau honje dapat memberikan aroma unik yang segar dan harum. Bunga ini memberikan sentuhan eksotis pada hidangan ayam, membuatnya terasa istimewa dan berbeda dari hidangan ayam lainnya. Yuk cek resepnya!

Resep Ayam Goreng Kecombrang

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 kuntum bunga kecombrang
  • 2 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1500 ml air
  • 1 sdt lada bubuk

Bahan bumbu cemplung:

  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm jahe

Bahan bumbu halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 cm kunyit
  • 4 buah kemiri

Cara Membuat:

1. Langkah 1

Balur ayam dengan bumbu halus, kaldu bubuk, garam dan lada. Setelah itu, masukkan ke dalam panci.

2. Langkah 2

Tambahkan bumbu cemplung, irisan kecombrang, dan air ke dalam panci. Selanjutnya, nyalakan kompor dan ungkep ayam selama ± 20 menit, hingga air menyusut dan bumbunya meresap.

3. Langkah 3

Siapkan minyak goreng di wajan. Setelah itu, goreng ayam yang telah diungkep, hingga matang dan kecoklatan di bagian luarnya. Kemudian angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

Tips Memasak Ayam Goreng Kecombrang yang Lebih Sehat

resep ayam goreng kecombrang

Setelah mencoba resep ayam goreng kecombrang tadi, jika kamu berpikir untuk membuat versi yang lebih sehat, bisa kok. Ayam memang makanan yang punya banyak nutrisi. Namun, proses menggoreng seringkali membuatnya jadi kurang sehat.

Bagi kamu yang memiliki orang tua dengan penyakit kronis seperti jantung atau kolesterol, tentu perlu lebih hati-hati dalam menyiapkan makanan. Nah, jika kamu berencana membuat resep ayam kecombrang dan ingin versi yang lebih sehat, berikut ini tips-tipsnya:

1. Pilih Daging Ayam yang Rendah Lemak

Gunakan bagian ayam yang rendah lemak seperti dada atau paha tanpa kulit. Karena daging ayam tanpa kulit mengurangi kandungan lemak jenuh dan kalori, membuatnya lebih sehat.

2. Gunakan Minyak yang Lebih Sehat

Untuk resep ayam kecombrang, pilih minyak yang lebih sehat. Misalnya minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kelapa untuk menggoreng. 

3. Goreng dengan Teknik yang Tepat

Gunakan teknik penggorengan yang benar untuk menghindari penyerapan minyak berlebih oleh daging ayam. Pastikan minyak sudah panas sebelum memasukkan ayam dan hindari menggoreng dua kali atau terlalu lama.

Jangan menggoreng ayam terlalu banyak sekaligus. Karena ini bisa menyebabkan penurunan suhu minyak dan menyebabkan ayam menyerap lebih banyak minyak.

4. Alternatif Cara Memasak

Coba alternatif cara memasak seperti panggang atau kukus ayam untuk mengurangi penggunaan minyak. Ayam panggang atau kukus juga tetap lezat dan sehat.

5. Tiriskan dengan Benar

Setelah menggoreng ayam, tiriskan dengan benar untuk menghilangkan minyak berlebih sebelum makanan ini kamu sajikan.

Itulah resep ayam goreng kecombrang dan tips membuat hidangan ini lebih sehat. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat menikmati ayam goreng yang lebih sehat dan tetap memuaskan selera.

Kalau butuh inspirasi resep ayam lainnya, kamu bisa cek di sini:

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara mudah melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Ayam Goreng Kecombrang.
Healthline. Diakses pada 2023. What’s the Healthiest Way to Cook Chicken?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan