Resep Basreng Daun Jeruk Sehat yang Mudah Dibuat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Juli 2023

“Rasanya yang gurih dan pedas membuat basreng atau bakso goreng menjadi camilan yang digemari banyak orang. Dengan menambahkan daun jeruk, jajanan tersebut khas Sunda tersebut akan terasa lebih segar dan sehat.”

Resep Basreng Daun Jeruk Sehat yang Mudah DibuatResep Basreng Daun Jeruk Sehat yang Mudah Dibuat

Halodoc, Jakarta – Basreng atau bakso goreng merupakan salah satu camilan yang digemari banyak orang. Jajanan khas Jawa Barat ini biasanya bisa kamu campur dengan bumbu kering, seperti cabai bubuk, agar rasanya semakin lezat.

Nah, agar lebih wangi dan menggugah selera, kamu juga bisa menambahkan irisan daun jeruk dan bawang putih. Yuk, intip resep basreng daun jeruk yang mudah kamu buat untuk stok camilan di rumah!

Resep Basreng Daun Jeruk yang Sehat dan Mudah

Berikut cara membuat basreng daun jeruk, camilan yang gurih pedas khas tanah Sunda:

Bahan-bahan

  • 500 gram bakso ikan.
  • 4 siung bawang putih, iris tipis.
  • 1,5 ruas kencur, iris tipis.
  • 5 lembar daun jeruk, iris tipis.
  • Kaldu jamur secukupnya.
  • Cabai merah bubuk secukupnya. 
  • Tepung tapioka secukupnya.
  • Garam secukupnya. 
  • Minyak secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Siapkankan dahulu bakso, kemudian potong-potong sesuai selera. Biasanya bakso kamu potong memanjang dan agak tipis. Setelah itu, masukkan tepung tapioka, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. 
  2. Selanjutnya, panaskan minyak di dalam wajan. Masukkan bakso, goreng hingga matang dan kering. Setelah matang dan kering, angkat dan tiriskan. Sisihkan dahulu. 
  3. Selanjutnya, panaskan minyak kembali. Tumis bawang putih dan kencur dengan api kecil hingga kering, kemudian haluskan. Sisihkan dahulu. 
  4. Setelah itu, goreng daun jeruk hingga kering, lalu sisihkan. 
  5. Siapkan wadah berisi bakso goreng. Campur dengan bubuk cabai, bawang putih, dan kencur yang sudah dihaluskan, kaldu jamur, garam, serta daun jeruk. Aduk hingga merata. 
  6. Bakso goreng daun jeruk pun siap untuk kamu nikmati.

Mudah kan cara membuatnya? Basreng daun jeruk adalah variasi dari basreng biasa. Daun jeruk menambah kesegaran pada makanan sehat tersebut, sehingga kamu tidak cepat bosan mengonsumsinya.

Namun, ingat, Makan Gorengan Berlebihan, Waspada Sakit Tenggorokan. Jadi, batasi konsumsi basreng dalam sehari dan banyak minum air putih.

Tips Menggoreng Basreng Agar Lebih Renyah

Meski cara membuat basreng tampak mudah, tapi menggoreng makanan tersebut sebenarnya perlu trik khusus. Pasalnya, banyak orang mengeluhkan basreng buatannya mudah melempem dan lengket saat goreng. 

Karena itu, perhatikan trik menggoreng basreng berikut ini agar tidak lengket dan hasilnya renyah lebih lama: 

  1. Siapkan dua wajan di mana wajan pertama berisi minyak hangat yang sudah kamu panaskan dengan api kecil, dan wajan satunya lagi berisi minyak panas.
  2. Masukkan basreng ke minyak yang hangat terlebih dahulu sampai mereka mengapung. Saat sudah mengapung, tandanya makanan tersebut sudah matang. Meski begitu, basreng perlu kamu goreng dua kali agar renyahnya tahan lama. Selain itu, hasilnya bisa kering tapi tidak keras.
  3. Setelah itu, pastikan minyak di wajan satunya lagi benar-benar dalam kondisi panas. Lalu, kamu pun bisa memasukkan basreng yang sudah digoreng tadi ke dalam minyak panas dengan kondisi api sedang. 
  4. Nah, agar basreng tidak lengket saat digoreng, tambahkan tepung terigu secukupnya ke dalam minyak sebelum menggoreng makanan tersebut. Goreng basreng sambil diaduk-aduk agar makanan tersebut matang secara merata dan tidak gosong
  5. Saat basreng daun jeruk sudah berwarna kuning kecokelatan, angkat camilan tersebut dengan saringan agar tidak menyerap minyak berlebih. Dengan begitu, basreng tidak mudah melempem saat disimpan.

Itulah resep basreng daun jeruk yang mudah untuk kamu buat di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebutuhan nutrisi keluarga dengan konsumsi makanan sehat bergizi serta vitamin dan suplemen yang diperlukan. Klik gambar di bawah ini untuk temukan produknya.

Referensi:
IDN Times. Diakses pada 2023. Resep Basreng Pedas Daun Jeruk, Rasanya Nendang dan Teksturnya Kriuk!
Brilio Food. Diakses pada 2023. Trik menggoreng basreng agar tidak lengket dan renyah tahan lama

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan