Resep Salad Buah Kekinian dan Cara Membuatnya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Desember 2021
Resep Salad Buah Kekinian dan Cara MembuatnyaResep Salad Buah Kekinian dan Cara Membuatnya

Buah-buahan baik dikonsumsi setiap hari karena bisa memberikan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, buah-buahan juga bisa diolah menjadi hidangan penutup yang enak, seperti salad buah.”

Halodoc, Jakarta – Buah-buahan sudah dikenal banyak orang sebagai makanan sehat yang bisa memberikan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Nah, salah satu keuntungan tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah kamu bisa menemukan beraneka macam buah-buahan dengan rasanya yang enak dan menyegarkan. Namun, bila kamu bosan mengonsumsi buah secara langsung, kamu bisa coba mengolahnya menjadi hidangan penutup yang menggugah selera. Salah satu hidangan penutup sederhana yang terbuat dari buah yang bisa kamu coba adalah salad buah. Yuk, simak resep salad buah kekinian di sini.

Resep Salad Buah dan Cara Membuatnya

Ketika membuat resep salad buah ini, kamu bisa menggunakan buah-buahan yang kamu suka dan menambahkan dressing sesuai selera. Namun, untuk membuat salad buah yang sehat, kamu dianjurkan mengurangi atau tidak menggunakan tambahan sirup pemanis sama sekali. 

Bahan-bahan:

  • 2 buah kiwi.
  • 1 buah mangga
  • 150 gram nanas.
  • 100 gram anggur.
  • 400 gram campuran beri, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry.
  • 1 buah jeruk yang besar.
  • 2 sendok teh madu (opsional).

Cara membuatnya:

  1. Pertama, siapkan buah-buahan dan pisau bergerigi kecil. Kemudian, potong bagian atas dan bagian bawah kiwi, letakkan di salah satu permukaan datarnya dan potong kulitnya, usahakan agar pisau sedekat mungkin dengan kulit. Setelah kulitnya dikupas, potong menjadi dua, mengikuti inti melalui tengah, lalu potong masing-masing menjadi irisan. Masukkan ke dalam mangkuk dan potong kiwi satunya lagi dengan cara yang sama.
  2. Selanjutnya, potong buah mangga. Potonglah kulitnya dengan seksama, lalu potong menjadi dua bagian terlebih dahulu, lalu potong menjadi irisan-irisan tipis panjang. Masukkan mangga ke dalam mangkuk yang sudah berisi kiwi.
  3. Selanjutnya, potong buah nanas. Pertama-tama, potong bagian mahkota dan ekor nanas. Lalu, Letakkan nanas dalam posisi berdiri, kemudian kupas kulit nanas dari atas ke bawah setipis mungkin. Setelah kulitnya dikupas, akan terlihat bintik-bintik mata nanas. Nah, keluarkan mata nanas dengan membuat potongan berbentuk V. Kemudian, rebahkan nanas dan potong menjadi bulatan sekitar 2 sentimeter. Potong bagian inti yang keras untuk membuat nanas berbentuk seperti cincin. Setelah itu, potong-potong lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Masukkan ke dalam mangkuk.
  4. Potong buah beri menjadi dua dan tambahkan ke dalam mangkuk bersama dengan buah beri. Kamu mungkin ingin membagi dua stroberi bila ukurannya besar. Kemudian kupas kulit jeruk, lalu pisahkan buah berdasarkan belahannya, hilangkan selaputnya, lalu peras buah jeruk dan masukkan buahnya ke dalam mangkuk. Tambahkan dua sendok teh madu bila kamu suka. Campur semuanya dan biarkan di lemari es agar menyerap selama 30 menit. Salad buah yang segar pun siap disantap.

Jadi, jangan bosan untuk mengonsumsi buah ya agar tubuh tetap sehat dan kuat. Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja. Segera periksakan diri ke dokter atau kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2021. Fruit Salad.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan