Romantis Berlebihan, Benarkah Tanda Manipulatif dalam Hubungan?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Januari 2023

“Romantis berlebihan bisa menjadi tanda dari sikap manipulatif yang memicu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Biasanya, sikap ini akan ditandai dengan memberikan perlakuan romantis pada pasangan kapan saja.”

Romantis Berlebihan, Benarkah Tanda Manipulatif dalam Hubungan?Romantis Berlebihan, Benarkah Tanda Manipulatif dalam Hubungan?

Halodoc, Jakarta – Selebriti tanah air, Ferry Irawan dilaporkan oleh istrinya, Venna Melinda karena dugaan melakukan KDRT. Tentunya laporan ini membuat masyarakat terkejut karena keduanya kerap bersikap romantis dan sikap saling memuji ketika berada di tengah masyarakat atau tampil di televisi.

Sikap romantis tentunya menjadi perilaku yang menyenangkan di dalam suatu hubungan. Namun, jika sikap tersebut menjadi tanda manipulatif dari pasangan tentunya kamu perlu waspada terhadap hubungan yang tidak sehat. Simak ulasan mengenai kaitan antara sikap romantis berlebihan sebagai tanda manipulatif dalam hubungan berikut ini!

Waspada Romantis Berlebihan Sebagai Tanda Manipulatif

Mendapatkan perlakuan yang romantis menjadi hal yang menyenangkan di dalam setiap hubungan percintaan. Selain merasa dihargai, sikap romantis yang diberikan juga kerap membuat pasangan merasa aman dan nyaman.

Namun, jangan terlalu terbuai dengan sikap romantis yang pasangan berikan. Sikap romantis yang sehat membuat kamu dan pasangan memiliki rasa percaya, menghargai satu sama lain, memiliki komunikasi yang baik, hingga perasaan bahagia saat bersama dengan pasangan.

Jika kamu tidak merasakan hal-hal tersebut, bisa jadi sikap romantis yang dilakukan oleh pasangan hanya sebuah tindakan manipulatif. Dalam sebuah hubungan, tindakan manipulatif adalah tindakan yang dilakukan untuk mengendalikan pasangan. Biasanya, pasangan yang toxic akan melibatkan emosi untuk mengubah perilaku pasangan. 

Love bombing menjadi salah satu tindakan manipulasi yang kerap diterima seseorang saat berada di dalam toxic relationship. Biasanya pelaku love bombing akan menghujani pasangan dengan kata-kata cinta, sikap romantis, hingga pemberian berbagai barang untuk mengendalikan pasangan.

Selain itu, ada beberapa perilaku love bombing yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Kerap memperlakukan pasangan dengan tindakan romantis di depan orang banyak.
  • Selalu mengatakan hal-hal yang ingin didengar oleh pasangan.
  • Sering mengungkapkan bahwa pasangan adalah belahan jiwa.
  • Selalu mendorong untuk berkomitmen serius sejak awal hubungan.
  • Tidak menghargai batasan yang dibuat.
  • Merasa paling mengerti yang terbaik untuk pasangan.
  • Posesif yang berlebihan.

Biasanya, seseorang yang mengalami love bombing tidak akan menyadari bahwa dirinya berada dalam tindakan manipulatif pasangannya. Pelaku manipulatif juga akan membuat pasangan merasa buruk terhadap dirinya sendiri, sehingga memiliki ketergantungan dengan pasangannya.

Sebaiknya waspada terhadap pasangan yang kerap melakukan tindakan manipulatif dalam hubungan. Selain menyebabkan kekerasan secara emosional dan verbal, tindakan ini juga bisa meningkatkan risiko kekerasan secara fisik dalam hubungan.

Tanda Kamu Berada dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Selain mengalami berbagai sikap manipulatif dalam hubungan, ada beberapa tanda saat kamu berada di dalam hubungan yang tidak sehat, yaitu:

  • Kurang mendapatkan dukungan dari pasangan mengenai berbagai hal atau keputusan yang akan kamu jalani.
  • Kamu tidak menjalani komunikasi yang baik dengan pasangan. Pertengkaran lebih sering terjadi dibandingkan komunikasi yang baik.
  • Kamu mengalami perasaan tertekan, cemas, hingga stres saat bertemu dengan pasangan.
  • Kamu dan pasangan tidak terbuka satu sama lain.
  • Jarang menghabiskan waktu bersama dan tidak memiliki kualitas pertemuan yang baik.
  • Kamu tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan diri atau melakukan hobi yang biasa kamu lakukan.

Kunjungi psikolog atau psikiater menggunakan Halodoc, ketika hubungan yang kamu jalani bersama pasangan sudah menyebabkan gangguan kesehatan mental dan fisik pada tubuhmu. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Sebaiknya jangan abai terhadap berbagai tanda toxic relationship dalam setiap hubungan. segera minta pertolongan pada kerabat atau keluarga agar kamu bisa terlepas dari hubungan tersebut.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2023. Is Your Relationship Toxic? What to Look For.
MBG Relationship. Diakses pada 2023. 8 Signs Of Emotional Manipulation + What To Do About It.
MBG Relationship. Diakses pada 2023. What Is Love Bombing? 12 Signs In A New Relationship.
Walden University. Diakses pada 2023. 10 Signs of a Healthy Relationship.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan