• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Teh Chamomile Baik untuk Pengidap Asam Lambung

Rutin Minum Teh Chamomile Baik untuk Pengidap Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi dengan munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat dialami oleh orang dewasa atau anak-anak. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala asam lambung. Salah satunya cara alami yang dipercaya dengan rutin minum teh chamomile.

Teh chamomile memiliki aroma yang harum. Teh herbal ini dikenal mampu membantu menenangkan stres. Selain itu, teh chamomile sering diminum untuk menenangkan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Hanya saja, terlepas dari reputasi chamomile untuk mengatasi masalah perut, sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa chamomile dapat meredakan asam lambung. 

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Penyakit Asam Lambung

Sebuah penelitian in-vitro dan hewan di laboratorium menunjukkan bahwa chamomile memiliki kemampuan antiinflamasi dan antimikroba. Penyakit asam lambung menyebabkan asam lambung bergerak mundur ke kerongkongan. Kondisi ini sering menyebabkan peradangan yang menyakitkan di tenggorokan. Ada kemungkinan efek antiinflamasi chamomile membantu penyakit asam lambung. 

Ramuan herbal yang mengandung ekstrak chamomile juga mampu menurunkan keasaman lambung serta antasida komersial. Teh chamomile juga dianggap lebih efektif daripada antasida dalam mencegah hiperasiditas sekunder. Namun, chamomile bukanlah satu-satunya ramuan yang diperlukan. 

Stres adalah pemicu asam lambung yang umum terjadi. Stres terus-menerus dianggap sebagai faktor utama yang memperburuk gejala penyakit asam lambung. Secara teori, minum teh chamomile membantu mengurangi stres. Jadi, secara tidak langsung ini juga dapat membantu mengurangi atau mencegah episode penyakit asam lambung yang berkaitan dengan stres. 

Baca Juga: Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

Manfaat Lain dari Rutin Minum Teh Chamomile

Teh chamomile sudah lama dikenal sebagai antiradang. Meminum secangkir teh chamomile kemungkinan memberikan manfaat yang sama seperti mengonsumsi NSAID yang dijual bebas, seperti aspirin. 

Ramuan teh chamomile juga mampu meredakan gejala kecemasan dan depresi. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak chamomile dosis harian mengalami penurunan gejala kecemasan hingga 50 persen. Selain itu, suplemen chamomile harian juga dapat meredakan gejala depresi. 

Chamomile juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, diare, dan kolik. Di sisi lain, chamomile memiliki sifat antikanker. Apigenin adalah salah satu komponen aktif utama ramuan chamomile. Ia juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi suplai darah ke tumor kanker. 

Teh chamomile biasanya juga digunakan untuk meredakan sariawan yang disebabkan oleh kemoterapi atau radiasi. Teh ini juga memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah bagi pengidap diabetes. 

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita

Gaya Hidup untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Salah satu cara paling efektif untuk mengobati penyakit asam lambung yaitu menghindari makanan dan minuman yang memicu gejalanya. Inilah gaya hidup yang perlu kamu terapkan untuk mengendalikan asam lambung:

  • Makan makanan dalam porsi kecil lebih sering sepanjang hari.
  • Berhenti merokok.
  • Tinggikan bantal tidur agar kepala dan dada lebih tinggi dari perut.
  • Makan setidaknya 2 sampai 3 jam sebelum tidur.
  • Cobalah tidur di kursi santai untuk tidur siang.
  • Hindari mengenakan pakaian ketat atau ikat pinggang ketat.
  • Jika kamu memiliki berat badan berlebih atau obesitas, lakukan langkah-langkah untuk menurunkan berat badan dengan olahraga dan perubahan pola makan. 

Selain mengusahakan dengan cara alami dan perubahan gaya hidup, tanyakan juga pada dokter melalui aplikasi Halodoc apakah ada obat yang dapat memicu gejala penyakit asam lambung. Tanyakan pula tentang resep obat yang dapat meredakan penyakit asam lambung. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Chamomile Tea to Treat Acid Reflux?

WebMD. Diakses pada 2020. What Is Acid Reflux Disease?

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Herbal remedies for heartburn