Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita Berbeda, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus) yang menimbulkan sensasi terbakar di dada (mulas) dan nyeri ulu hati. Penyakit ini muncul saat otot katup kerongkongan bagian bawah (lower esophageal sphincter/LES) tidak berfungsi optimal.

Baca Juga: 5 Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Pita otot normalnya akan rileks dan terbuka saat menelan makanan, kemudian menutup setelahnya. Refluks asam terjadi ketika LES tidak terbuka dan tertutup dengan benar saat menelan makanan. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Terdapat perbedaan faktor risiko dan gejala asam lambung antara pria dan wanita. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Faktor dan Gejala Asam Lambung Pada Wanita

1. Nyeri Dada

Pria dan wanita yang mengalami asam lambung umumnya merasakan sensasi terbakar di dada. Sensasi terbakar ini terjadi akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga menimbulkan perih dan panas di dada. Pada wanita, nyeri biasanya terasa lebih intens dan rasa sakit yang lebih besar.

2. Sulit Menelan

Wanita yang mengalami asam lambung cenderung sulit menelan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan menyebabkan infeksi, sehingga makanan yang masuk menimbulkan rasa sakit di kerongkongan dan terasa mengganjal saat ditelan.

3. Usia Lebih Tua

Wanita berusia lanjut lebih rentan mengidap penyakit asam lambung. Pasalnya usia lanjut menyebabkan otot katup tenggorokan mengendur. Penggunaan obat-obatan juga berperan dalam pengenduran otot katup tenggorokan, sehingga kondisi ini berisiko memicu penyakit asam lambung.

Baca Juga : 7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Penyakit Asam Lambung

4. Obesitas

Pria dan wanita yang mengalami obesitas berisiko tinggi mengidap penyakit asam lambung, meski wanita berisiko lebih tinggi.  Lemak yang menumpuk di perut dapat menekan lambung sehingga menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan.

5. Berisiko Mengalami Hernia Hiatal

Wanita pengidap asam lambung rentan mengalami hernia hiatal, adalah kondisi medis yang menyebabkan bagian perut menonjol melalui diafragma ke dalam rongga dada.

Faktor dan Gejala Asam Lambung Pada Pria

1. Usia Lebih Muda

Pria berusia lebih muda cenderung memiliki otot katup kerongkongan yang lemah. Hal ini menyebabkan pria berusia muda rentan mengalami penyakit asam lambung.

2. Gangguan LES

Pria lebih mudah mengalami gangguan lower esophageal sphincter (LES) akibat otot katup kerongkongan yang melemah.

3. Berisiko Kanker Tenggorokan

Gejala asam lambung pada pria biasanya berdampak serius daripada wanita. Maka itu, pria rentan mengalami radang kerongkongan dan kanker tenggorokan. Terlebih pada pria perokok dan konsumsi alkohol berlebih.

Baca Juga : 10 Tips Tidur yang Baik untuk Cegah Gangguan Asam Lambung

Itulah perbedaan gejala penyakit asam lambung pada pria dan wanita. Jika ada pertanyaan lain seputar penyakit asam lambung, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!