Sakit Lutut Tiba-tiba, Waspada Terjangkit Asam Urat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2023

“Sakit lutut adalah gangguan yang menjadi pertanda asam urat. Selain nyeri, pengidap juga akan mengalami pembengkakan, kemerahan, dan sensasi terbakar pada sendi yang terkena.”

Sakit Lutut Tiba-tiba, Waspada Terjangkit Asam UratSakit Lutut Tiba-tiba, Waspada Terjangkit Asam Urat

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat


Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat atau yang bisa disebut dengan gout termasuk ke dalam jenis radang sendi. Gangguan ini dipicu oleh penumpukan kristal asam urat di area sendi dalam tubuh.

Normalnya, kelebihan asam urat yang masuk akan dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Namun, pengidap gangguan ini mengalami masalah dalam membuang kelebihan asam urat.

Dalam jumlah yang berlebihan, asam urat akan membentuk kristal dan menumpuk di dalam sendi. Ini bisa memicu peradangan yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena.

Sakit Lutut Jadi Salah Satu Gejala Asam Urat

Kelebihan asam urat dalam tubuh adalah kondisi yang disebut dengan hiperurisemia. Ketika kristal tersebut mengenai sendi di area lutut, maka pengidap akan mengalami gejala berupa sakit, bengkak, dan panas.

Tak hanya itu, penumpukan asam urat juga bisa menurunkan mobilitas gerak lutut, sehingga sulit untuk berjalan. Selain rasa nyeri yang muncul tiba-tiba dan intens, gejala penyakit asam urat ditandai dengan:

  • Rasa sakit yang hebat.
  • Kemerahan.
  • Kekakuan.
  • Pembengkakan.
  • Kehangatan atau sensasi rasa terbakar di area sendi.

Kondisi di atas merupakan episode yang disebut dengan serangan asam urat. Masalah tersebut terasa sangat menyakitkan dan dapat terjadi secara tiba-tiba, umumnya pada malam hari.

Kondisi yang Menjadi Pemicu Asam Urat

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya asam urat. Beberapa di antaranya:

  • Diet. Makanan seperti daging merah dan kerang, serta minum minuman dengan tambahan fruktosa seperti bir dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
  • Berat badan berlebihan. Kelebihan bobot tubuh dapat memicu peningkatan produksi asam urat. Ini juga membuat ginjal lebih sulit dalam membuang kelebihannya dari dalam tubuh.
  • Kondisi medis. Penyakit dan kondisi tertentu yang meningkatkan risiko asam urat, yakni tekanan darah tinggi dan gangguan kronis seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolik, dan penyakit jantung serta ginjal.
  • Obat-obatan. Penggunaan aspirin dosis rendah dan beberapa obat hipertensi, seperti diuretik thiazide, inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE) dan beta blocker berisiko meningkatkan kadar asam urat.
  • Riwayat keluarga. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama meningkatkan risiko asam urat.
  • Usia dan jenis kelamin. Asam urat lebih sering terjadi pada pria berusia 30 hingga 50 tahun ketimbang wanita.  Pada wanita,  gejala biasanya muncul setelah menopause.
  • Operasi atau kecelakaan. Menjalani prosedur bedah atau mengalami trauma pada persendian dapat memicu serangan asam urat. Faktor lainnya, yakni menerima vaksinasi tertentu.

Jika tiba-tiba mengalami nyeri hebat pada lutut, disarankan untuk segera memeriksakan diri. Penyakit asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan  perburukan gejala, bahkan kerusakan sendi.

Salah satu langkah penanganannya dilakukan dengan kortikosteroid. Ini adalah obat yang berfungsi sebagai pengontrol peradangan dan nyeri asam urat. Obat tersedia dalam bentuk pil atau disuntikkan langsung ke area persendian.

Setelah sembuh dari gejala, pengidap bisa menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Contohnya jeroan, daging merah, makanan laut, bayam durian, dan minuman beralkohol serta bersoda. Tujuannya untuk mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat.  

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Urat

1. Infeld Gel 15 g

Infeld merupakan obat oles yang memiliki kandungan Piroxicam 0.5 yang dapat mengatasi rheumatoid arthritis, hingga gout akut. Pemakaian dari obat ini pun cukup mudah karena hanya perlu dioleskan ke bagian tubuh yang sakit.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa obat ini merupakan jenis obat golongan keras yang memerlukan resep dari dokter.

Rentang harga: Rp46.000 – Rp66.700 per tube.

Dapatkan Infeld Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Isoric 100 mg 10 Tablet

Selanjutnya adalah Isoric yang merupakan obat nyeri sendi berbentuk tablet dengan kandungan Allopurinol 100 mg di tiap tabletnya. Obat ini berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Obat ini merupakan Obat Wajib Apotek yang meskipun tidak memerlukan resep dokter, pembeliannya tetap dibatasi.

Rentang harga: Rp22.800 – Rp36.700 per strip.

Dapatkan Isoric 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Benoxuric 100 mg 10 Tablet

Benoxuric merupakan obat dengan kandungan Allopurinol 100 mg yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan sesuai dosis yang berlaku.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dari dokter. 

Rentang harga: Rp25.100 – Rp28.500 per strip.

Dapatkan Benoxuric 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Madu Jamkorat 280 g

Madu Jamkorat merupakan madu yang diformulasikan khusus untuk mengatasi asam urat dengan cara mengurangi lemak dan asam urat dalam sel-sel darah. Madu herbal ini dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari 1 sendok makan.

Sebaiknya kamu mengonsumsi madu ini sesudah makan.

Rentang harga: Rp170.000 – Rp217.000 per botol.

Dapatkan Madu Jamkorat 280 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Kolton 100 mg 10 Tablet

Terakhir adalah Kolton yang merupakan tablet penurun asam urat yang bekerja dengan cara menghambat enzim xantin oksidase sehingga penggumpalan asam urat pun dapat diperlambat. 

Perlu diingat bahwa obat ini merupakan obat golongan keras yang memerlukan resep dokter untuk mengonsumsinya.

Rentang harga: Rp20.600 per strip.

Dapatkan Kolton 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Apabila nyeri lutut tidak kunjung sembuh, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan melayanimu dengan ramah dan memberikan penanganan sesuai dengan kondisimu.

Cara lainnya, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang kesehatan yang dibutuhkan tubuh dan dapatkan melalui Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Gout.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout.
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan