Sakit Pinggang saat Berhubungan Intim, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Desember 2020
Sakit Pinggang saat Berhubungan Intim, Ini Cara MengatasinyaSakit Pinggang saat Berhubungan Intim, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Berhubungan intim dengan pasangan menjadi salah satu langkah ampuh untuk meredakan stres. Namun kendalanya, banyak orang yang mengalami sakit pinggang saat melakukannya. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab nyeri pinggang tersebut? Agar berhubungan intim menjadi lebih berkualitas, berikut ini sejumlah langkah mengatasi sakit pinggang saat berhubungan intim.

Baca juga: Benarkah Kurang Berolahraga Bisa Sebabkan Sakit Pinggang?

Lakukan Ini untuk Mengatasi Sakit Pinggang saat Berhubungan Intim

Jika sakit pinggang tidak dibarengi dengan sejumlah keluhan, seperti gatal, cairan tidak normal, serta sakit pada alat kelamin, hal tersebut tidak menandakan kondisi yang berbahaya. Namun jika sakit pinggang dibarengi dengan sejumlah keluhan tersebut, kamu disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk melakukan beberapa pemeriksaan guna mendapatkan langkah perawatan yang tepat.

Jika kasus sakit pinggang berada dalam intensitas yang ringan. Kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini guna mengatasi sakit pinggang saat berhubungan intim:

  • Menggunakan Pelumas

Langkah pertama untuk mengatasi sakit pinggang saat berhubungan intim adalah dengan menggunakan pelumas yang larut dalam air. Jangan menggunakan baby oil, minyak esensial dengan kondom, atau petroleum jelly. Menggunakan pelumas akan meningkatkan kenikmatan dan mencegah rasa sakit pada pinggang atau vagina.

  • Buat Suasana Menjadi Lebih Nyaman

Perhatikan suhu ruangan saat ingin berhubungan intim. Ciptakan suasana senyaman mungkin. Jika perlu, kamu bisa menggunakan lilin-lilin aroma terapi dengan wangi yang lembut. 

  • Mengubah Posisi saat Bercinta

Mengatasi sakit pinggang saat berhubungan intim selanjutnya dapat dilakukan dengan memperhatikan posisi saat bercinta. Lakukan posisi yang tidak membuat pinggang banyak bergerak. Selagi sakit pinggang, kamu bisa meminta pasangan agar lebih dominan.

  • Lakukan Ini Sebelum Bercinta

Untuk meredakan sakit pinggang yang dialami, sebaiknya kamu mengosongkan kandung kemih terlebih dulu sebelum berhubungan intim, mandi air hangat, atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran.

Jika sejumlah cara tersebut tidak dapat mengatasi sakit pinggang saat berhubungan intim, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Pertanda Apa?

Apa yang Menjadi Penyebab Sakit Pinggang saat Bercinta?

Sakit pinggang saat berhubungan intim menjadi salah satu masalah saat bercinta yang sering dialami. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari stres, cemas, atau rasa takut untuk berhubungan seks. Selain itu, keluhan sakit pinggang saat berhubungan intim terjadi karena beberapa hal berikut ini:

  • Penyakit tertentu. Nyeri pinggang bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, seperti gonore, herpes genital, klamidia, trikomoniasis, atau infeksi jamur. 
  • Masalah pada kelamin. Sakit pinggang pada wanita disebabkan oleh otot dinding vagina yang mengejang saat penetrasi. Sedangkan pada pria, sakit pinggang disebabkan oleh kulit katup yang mengerut mundur saat ereksi.

Baca juga: Apakah Perlu Minum Obat saat Mengalami Sakit Pinggang?

Itulah sejumlah penjelasan mengenai sakit pinggang saat berhubungan intim. Jangan sampai masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut, ya. Pasalnya, hubungan seks yang tidak sesuai akan menurunkan kualitas hidup seseorang.

Referensi:
ACOG. Diakses pada 2020. When Sex Is Painful.
WebMD. Diakses pada 2020. Don’t Let Low Back Pain Ruin Sex. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan