Sebelum Gunakan Obat Tetes Telinga, Perhatikan 5 Hal Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Januari 2023

“Sebelum menggunakan obat tetes telinga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis gangguan telinga, kandungan obat tetes, penerapannya, serta posisi kepala saat obat akan diteteskan.”

Sebelum Gunakan Obat Tetes Telinga, Perhatikan 5 Hal IniSebelum Gunakan Obat Tetes Telinga, Perhatikan 5 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Obat tetes telinga adalah jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi telinga atau untuk membantu menghilangkan kotoran telinga. Obat tetes telinga dapat dibeli tanpa resep atau diresepkan oleh dokter dan biasanya digunakan untuk pengobatan jangka pendek.

Apa pun jenis obat tetes telinga yang digunakan, penting untuk memberikannya dengan benar. Menggunakan obat tetes telinga dengan benar memungkinkan obat masuk ke saluran telinga dan mengobati masalah telinga.

Informasi selengkapnya mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat tetes telinga bisa kamu baca selengkapnya di sini! 

Langkah Penggunaan Obat Tetes Telinga

Menggunakan obat tetes telinga bisa jadi sesuatu yang menyulitkan jika kamu menggunakannya sendiri. Jika kamu kesulitan memasukkan obat tetes ke telinga sendiri, mintalah anggota keluarga atau teman untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk membantu:

1. Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan sebelum mengaplikasikan obat tetes telinga sangat diperlukan. Cuci tangan dengan sabun dan air. Jika air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan sebagai gantinya. Baru kemudian, siapkan obat tetes telinga, tisu, atau kain untuk menyeka tetesan.

2. Hangatkan Obat Tetes Telinga

Hangatkan obat tetes telinga dengan memegang botol di tangan selama 1-2 menit. Ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin disebabkan oleh tetesan dingin ke dalam telinga.

3. Cara Melepas Tutup dari Botol

Tempatkan tutup botol pada permukaan yang bersih dan kering. Untuk botol dengan penetes, periksa apakah penetes bersih dan tidak retak atau terkelupas.

4. Posisi Kepala saat Meneteskan Obat

Posisi kepala sebelum menggunakan obat tetes telinga akan menentukan seberapa maksimal obat tetes masuk ke dalam telinga dan mencapai area yang bermasalah. Untuk itu, posisikan kepala sehingga telinga menghadap ke atas.

Jika kamu terpaksa memberikan obat tetes untuk diri sendiri, mungkin paling mudah untuk duduk atau berdiri tegak dan memiringkan kepala ke samping. Jika kamu memberikan obat tetes kepada orang lain, akan lebih mudah jika orang tersebut memiringkan kepala atau berbaring miring.

5. Menarik Telinga

Untuk orang dewasa, tarik telinga bagian atas ke atas dan ke belakang dengan lembut. Untuk anak-anak, tarik telinga bagian bawah ke bawah dan ke belakang dengan lembut.

Pastikan kamu memasukkan jumlah tetes obat telinga dengan benar, sesuai dengan instruksi dari dokter. Tarik perlahan daun telinga ke atas dan ke bawah untuk membiarkan tetesan mengalir ke telinga. Biarkan kepala dimiringkan selama sekitar dua hingga lima menit agar tetesan dapat menyebar ke telinga.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, obat tetes telinga pada umumnya baik digunakan untuk masalah pada kotoran telinga, sakit telinga, tinnitus atau telinga perenang.  Penggunaan obat tetes telinga aman selama gendang telinga utuh.

Ketika ada perforasi di gendang telinga, tetesan bisa masuk ke telinga tengah. Dalam hal ini, tetes dengan alkohol atau hidrogen peroksida bisa menyakitkan. Beberapa jenis obat tetes antibiotik yang diresepkan, seperti gentamisin, neomisin, atau kortisporin, dapat merusak telinga.

Ada baiknya, sebelum memilih dan menggunakan obat tetes telinga kamu berkonsultasi dulu dengan dokter. Informasi mengenai obat tetes telinga yang sesuai dengan kebutuhanmu bisa kamu tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc

Kandungan Obat Tetes Telinga 

Kotoran telinga tidak selalu merupakan hal yang buruk, sebenarnya itu melindungi saluran telinga. Namun, bagi sebagian orang, ini bisa menjadi gangguan dan kotoran berlebih dapat menyebabkan gangguan pendengaran, ketidaknyamanan, dan jarang infeksi. 

Untuk menghilangkan penumpukan kotoran telinga, kamu dapat menggunakan produk tetes telinga berbasis hidrogen peroksida. Jika kamu mengalami nyeri telinga karena infeksi telinga, cedera telinga, atau alat bantu dengar yang tidak pas, kamu disarankan untuk menggunakan obat tetes telinga perenang yang mengandung alkohol gosok atau antibiotik untuk membantu mengeringkan liang telinga.

Itulah informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat tetes telinga. Informasi selengkapnya mengenai penggunaan obat tetes telinga yang baik, bisa kamu dapatkan dengan cara download aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Use Ear Drops.
Banner Health. Diakses pada 2022. Got an Ear Full? When and How to Properly Use Ear Drops.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan